Beranda Indeks Top Guru Besar FHUI Kelahiran Padang Prof Erman Rajagukguk Meninggal Dunia

Guru Besar FHUI Kelahiran Padang Prof Erman Rajagukguk Meninggal Dunia

Guru Besar
Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia Prof Erman Rajagukguk dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (23/8). Guru besar kelahiran Padang Sumatera Barat ini mengembuskan napas terakhirnya di RSUD Kota Mataram pukul 22.31 WITA.

Kabar meninggalnya guru besar FHUI ini dikonfirmasi oleh Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni) Andre Rahadian. Namun ia tidak mengetahui pasti penyebab Prof Erman meninggal dunia.

“Iya betul (Prof Erman meninggal dunia). Saya juga belum terinfo (penyebab meninggalnya), terakhir memang sering sakit,” ujar Andre.

Andre mengatakan Prof Erman akan dimakamkan pada sore ini. Dia akan dikuburkan di pemakaman keluarga di Lombok Tengah. “Dimakamkan, Rabu, 24 Agustus, Ba’da Ashar di pemakaman keluarga Pedaleman Kopang,” ujar Andre.

Bicara soal Prof Erman, Andre menuturkan sosoknya tidak hanya dosen yang sangat memahami subjek, tapi juga rujukan banyak pihak untuk hukum investasi dan berperan penting dalam membangun hukum investasi saat ini.

“Secara personal beliau sangat memperhatikan mahasiswa. Saat saya kuliah beliau adalah wadek dan membimbing siswa dalam menentukan program kekhususan. Sempat sering berhubungan setelah menjadi alumni untuk mendapatkan pandangan beliau terkait hukum terkini,” kenang Andre.

Profil Erman Rajagukguk

Prof. Erman Rajagukguk, S.H., LL.M., Ph.D. lahir di Padang, Sumatera Barat, 1 Juni 1946. Ia lulus Sarjana Hukum dari FHUI pada 1975. Usai lulus S1, Erman melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di School of Law University of Washington, Seattle.

Sepulangnya ke Indonesia, Prof Erman kembali menjadi konsultan hukum. Pada 1990—1994, Prof Erman diangkat sebagai Pembantu Dekan Bidang Akademik Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Tiga tahun kemudian, ia dikukuhkan sebagai Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Tahun berikutnya, ia diangkat menjadi Direktur Jendral Hukum & Perundang-Undangan Departemen Kehakiman Republik Indonesia sebelum diangkat sebagai Wakil Sekretaris Kabinet Republik Indonesia hingga April 2005.

BACA JUGA  Kafe Lokal Singapura The Ritual Minta Maaf karena Telah Lecehkan Nasi Padang

Prof. Erman juga dipercayai sebagai Ketua Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Indonesia pada 2000-2004.

Selain pengalamannya sebagai konsultan hukum, Prof. Erman juga memiliki pengalaman mengajar sebagai dosen Fakultas Hukum di berbagai universitas, seperti Universitas Indonesia, Universitas Sumatra Utara, Universitas Islam Indonesia, dan Universitas Surabaya.

Kesetiaan Prof. Erman pada dunia akademis dan pengabdiannya kepada masyarakat mengantarkan Prof Erman memperoleh penghargaan “Honorary Initiation” dari University of Washington Chapter of The Order of The Coif pada 28 November 2011 dan “Lifetime Achievement Award” pada 12 Juni 2013 silam.

Facebook Comments

Artikulli paraprakHati-Hati Irjen Ferdy Sambo Berpeluang Lolos dari Pasal Pembunuhan Berencana
Artikulli tjetërPerbuatan Kotor Brigjen Hendra Kurniawan dalam Kasus Pembunuhan Brigadir J Dibongkar Kapolri