Iklan
Iklan

Haris Azhar: Bisnis Tambang Luhut di Papua Terkuak dari Hasil Riset 9 Organisasi

- Advertisement -
Terkuaknya bisnis tambang Luhut Binsar Pandjaitan di Papua disebut Haris Azhar berdasarkan hasil riset sembilan organisasi. Haris menegaskan bahwa terkuaknya dugaan bisnis tambang itu bukan berasal dari dirinya.

Haris Azhar, mengakui dirinya bisa saja mengklarifikasi langsung apakah Luhut Binsar Pandjaitan benar-benar ‘bermain’ dalam bisnis tambang di Papua. Namun dalam pemahaman Haris, klarifikasi itu bukan merupakan tanggung jawabnya.

Sebab, informasi yang berisi dugaan bahwa bisnis milik Luhut turut bermain di pertambangan Intan Jaya, Papua, bukan bersumber dari dirinya.

“Karena itu bukan saya yang tulis. Itu yang menulis sembilan organisasi yang membuat riset,” ujar Haris.

Hal itu disampaikan Haris dalam sidang kasus pencemaran nama baik Luhut di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (8/6/2023).

“Tadi saudara saksi (Luhut) menyampaikan, kenapa saya tidak mengakses (mengklarifikasi ke) Pak Luhut? Saya bisa telepon, betul. Saya punya kalau enggak salah dua nomor Bapak,” ujar Haris dalam sidang yang juga dihadiri Luhut.

Dalam acara podcast di akun Youtube miliknya, justru Haris mengundang perwakilan dari sembilan organisasi yang memiliki hasil riset soal dugaan bisnis Luhut di Papua.

“Youtube itu posisinya jelas. Saya adalah pengelola channel Youtube itu. Jadi, saya mengundang Fatia dan Owi, perwakilan dari sembilan organisasi yang membuat riset,” ujar Haris.

Untuk diketahui, sidang kasus dugaan pencemaran nama baik yang dihadiri Luhut pada Kamis ini tidak terbuka untuk umum.

Gerbang PN Jakarta Timur ditutup. Aparat kepolisian berjaga di sisi luar dan sisi dalam gerbang PN Jakarta Timur.

Kasus pencemaran nama baik ini bermula saat Haris dan Fatia berbincang dalam podcast di Youtube berjudul “Ada Lord Luhut di Balik Relasi Ekonomi-OPS Militer Intan Jaya!! Jenderal BIN Juga Ada!! NgeHAMtam”.

Dalam video tersebut, keduanya menyebut Luhut “bermain” dalam bisnis tambang di Intan Jaya, Papua.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA