Iklan
Iklan

Ibadah Komunitas Yahudi di Sinagoge Minahasa Sulut, Begini Suasananya

- Advertisement -
Tempat ibadah Yahudi Sinagoge di Kelurahan Rerewokan, Tondano Barat, Minahasa, Sulawesi Utara ramai diperbincangkan. Suasana saat penganut Yahudi melangsungkan ibadah Sabat.
Ibadah jemaat Yahudi tersebut berlangsung di Sinagoge Shaar Hashamayim, pada Sabtu (5/2/2022). Dalam ibadah sabat saat, tampak sejumlah kaum pria menggunakan talit dan berlangsung dengan aman.
Perempuan dan laki duduk terpisah. Ada sekat atau pembatas yang memisahkan tempat untak laki-laku dan perempuan.

Dalam ibadah tersebut, terlihat salah seorang khazan yang memimpin ibadah Sabat. Tak hanya orang dewasa, beberapa anak-anak pun ikut beribadah di Sinagoga.

Khazan memimpin ibadah Sabat dengan membaca Sidur di atas altar. Kemudian, jemaat yang hadir pun ikut memanjatkan doa amida serta bernyanyi.

Dalam beberapa doa yang dipanjatkan, Rabbi terlihat menggunakan Tallit, kain ibadah yang dipakai orang Yahudi.

Setelah itu, jamaat melakukan shema atau melakukan pengakuan iman. Kemudian terlihat beberapa kaum pria naik di atas podium untuk bersama-sama dengan seorang Khazan membaca torah.

“Ini ibadah sabat, dilaksanakan rutin mingguan,” kata Pemimpin Synagogue Shaar Hashamayim, Rabbi Yaakov Baruch di Sinagoge Tondano.

Ibadah sabat di Sinagoge kali ini diikuti oleh kurang lebih belasan orang, yang terdiri dari laki-laki dewasa, anak-anak serta perempuan.

“Jumlah jemaat Sinagoge Tondano sebanyak dua puluh orang lebih,” katanya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA