Iklan
Iklan

Inilah 9 Aplikasi Android Berbahaya, Segera Hapus dari HP Anda

- Advertisement -
9 aplikasi Android berbahaya bagi pengguna handphone (HP) ditemukan oleh para ahli keamanan sibes. Akun Facebook Anda akan mudah diretas melalui Aplikasi ini.

Dikutip dari Expres, zLabs Zimperium melaporkan, ada 9 aplikasi Android mengandung virus trojan yang dijuluki FlyTrap. Virus ini termasuk dalam malware berbahaya dan berpura-pura menjadi program biasa, namun memiliki kode jahat yang bersembunyi di dalamnya.

Ternyata Trojan FlyTrap telah menyebar ke lebih dari 10.000 pengguna di sekitar 140 negara sejak Maret 2021. Virus ini bekerja dengan bersembunyi di dalam 9 aplikasi Android yang tampak normal yang diunduh korban ke perangkat HP mereka.

FlyTrap ini akan membajak semua akun Facebook yang ada di smartphone kalau diinstal. Bahkan dapat mengumpulkan informasi pribadi termasuk ID Facebook, lokasi, alamat email, alamat IP, dan cookie apa pun yang terkait dengan akun.

Informasi yang didapat tersebut, maka pelaku kejahatan dapat menguasai akun Facebook dan menyebarkan virus trojan yang sama ke teman dengan cara mengirimkan pesan pribadi yang berisi tautan ke trojan FlyTrap.

Selain itu, peretas juga bisa memanfaatkan akun Facebook itu untuk menyebar disinformasi atau hoaks.

9 aplikasi Android berbahaya ini juga dapat menjebak korban dengan cara menawarkan kode kupon Netflix dan Google AdWords secara gratis. Untuk mendapatkan kode kupon, korban diminta untuk login ke web menggunakan akun Facebook mereka.

Zimperium melaporkan dalam sebuah posting blog bahwa serangan trojan itu canggih dan sulit dikenali.

“Sama seperti manipulasi pengguna lainnya, grafik berkualitas tinggi dan layar login yang tampak resmi adalah taktik umum untuk membuat pengguna mengambil tindakan yang dapat mengungkapkan informasi sensitif,” ujar peneliti Zimperium.

Google pun telah menghapus 9 aplikasi Android jahat ini dari Google Play store, namun masih dapat diunduh dari toko aplikasi pihak ketiga atau mungkin sudah bersembunyi di smartphone kamu. Berikut di bawah ini adalah daftar kesembilan aplikasi yang terinfeksi malware FlyTrap.

9 Aplikasi Android Berbahaya Berisi Malware FlyTrap

  • GG Voucher (com.luxcarad.cardid)
  • Vote European Football (com.gardenguides.plantingfree)
  • GG Coupon Ads (com.free_coupon.gg_free_coupon)
  • GG Voucher Ads (com.m_application.app_moi_6)
  • GG Voucher (com.free.voucher)
  • Chatfuel (com.ynsuper.chatfuel)
  • Net Coupon (com.free_coupon.net_coupon)
  • Net Coupon (com.movie.net_coupon)
  • EURO 2021 Official (com.euro2021)

Untuk langkah antisipasi lanjutan, pemilik smartphone Android harus menjauhi aplikasi yang tidak dikenal dan tak memiliki reputasi baik, terutama jika itu adalah aplikasi perpesanan, antivirus, atau wallpaper, karena kategori ini sangat populer di kalangan hacker dan sering digunakan sebagai sarana untuk tempat menyisipkan malware.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA