Beranda TEKNOLOGI Inilah Aplikasi Penguras Baterai HP Anda

Inilah Aplikasi Penguras Baterai HP Anda

Baterai HP
Banyak orang tidak menyadari, beberapa aplikasi yang terpasang di smartphone secara leluasa menguras baterai HP. Beberapa aplikasi tersebut bahkan sering kita gunakan setiap hari dan setiap kali membuka smartphone.

Aplikasi-aplikasi tersebut membuat baterai HP Anda dari 100% sampai terkuras habis. Beberapa orang mungkin hobi berlama-lama di depan layar smartphone, namun tanpa disadari, baterai yang sebelumnya 100% ternyata sudah terkuras banyak.

Dikutip dari PCMag, belum lama ini perusahaan bernama pCloud merilis hasil analisanya terhadap aplikasi-aplikasi di smartphone yang paling banyak menguras baterai.

Perusahaan pCloud menganalisa 100 aplikasi yang paling populer berdasarkan tiga faktor, yakni penggunaan kamera atau GPS, berapa banyak daya baterai yang digunakan, dan apakah mendukung fitur dark mode.

Berdasarkan analisa itu, pCloud merilis 100 aplikasi paling populer yang paling banyak mengurasi baterai smartphone. Apakah beberapa diantaranya terdapat di smartphone atau HP Anda?

Inilah daftar 20 aplikasi teratas yang paling banyak menguras baterai HP atau smartphone:

Fitbit – 92%

Verizon – 92%

Uber – 87%

Skype – 87%

Facebook – 82%

Airbnb – 82%

BIGO LIVE – 82%

Instagram – 79%

Tinder – 77%

Bumble – 77%

Snapchat – 77%

WhatsApp – 77%

Zoom – 77%

YouTube – 77%

Booking.com – 77%

Amazon – 77%

Telegram – 77%

Grindr – 72%

Likke – 72%

LinkedIn – 72%

Dari sejumlah aplikasi di atas, ternyata aplikasi Fitbit dinilai sebagai aplikasi yang paling banyak menyedot baterai smartphone oleh pCloud.

Begitu pula dengan Verizon, hal ini disebabkan karena dua aplikasi tersebut mengizinkan 14 dari 16 fitur yang tersedia di smartphone untuk berjalan di latar belakang. Termasuk kamera, lokasi (GPS), dan koneksi wifi, hal ini membuat aplikasi tersebut mendapatkan skor tertinggi dalam analisa versi pCloud dengan skor 92,31%.

BACA JUGA  Ajang BIGO Awards Gala 2021, Tempat Bersatunya Para Live-streaming Broadcaster

Sementara itu, beberapa aplikasi yang tidak kalah populer, seperti: Facebook, Instagram, WhatsApp, YouTube, Zoom, Telegram berada di posisi 20 besar.

Semua aplikasi tersebut hanya mengizinkan 11 fitur yang berjalan di latar belakang, tidak seperti Verizon dan Fitbit yang hanya menyisakan 2 fitur.

Dari hasil analisa pCloud, kita dapat menyimpulkan bahwa baterai HP atau smartphone yang kita gunakan cepat habis bukan hanya karena ukurannya yang kecil.

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa aplikasi-aplikasi yang kerap kali digunakan masih berjalan di background, meskipun telah ditutup.

Beberapa aplikasi tersebut masih berjalan dan menggunakan beberapa fitur di HP atau smartphone Anda, seperti: lokasi (GPS), kamera, paket data, dan lain sebagainya.

Pastikan Anda telah menutup aplikasi yang tidak digunakan lagi supaya baterai HP atau smartphone Anda lebih hemat. Bila perlu, aktifkan mode penghemat baterai yang terdapat di masing-masing smartphone.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaMinyak Kelapa Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Artikel berikutnyaBoni Hargens Sebut Refly Harun Profesor Kerdil