Iklan
Iklan

Inilah Lulusan S1 yang Berpeluang Lolos Seleksi CPNS dan PPPK 2023

- Advertisement -
Informasi peluang untuk menjadi PNS maupun PPPK bagi lulusan S1 telah dibuka oleh pemerintah melalui penetapan formasi CPNS 2023 dan PPPK 2023, dengan jumlah penerimaan mencapai 572.496.

Bagi lulusan S1 bisa mengikuti seleksi CPNS dan PPPK 2023 akan dilaksanakan pada 17 September 2023. Untuk mengisi instansi pemerintah pusat (pempus) maupun pemerintah daerah (pemda).

Terdapat beberapa jurusan lulusan S1 yang berpeluang lolos dalam pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK 2023 ini.

Seleksi CPNS 2023 terbuka untuk beberapa jurusan lulusan S1.  Terdapat alokasi 20 persen dari kuota formasi CPNS 2023 untuk fresh graduate.

Inilah daftar jurusan lulusan S1 yang paling banyak dibutuhkan.

Jurusan Ilmu Hukum

Lulusan S1 dengan Jurusan Hukum juga menjadi jurusan prioritas untuk CPNS 2023 dan PPPK 2023.

Selain menjadi jurusan prioritas, jurusan hukum juga sebenarnya menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh instansi pemerintahan.

Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan prioritas CPNS dan PPPk 2023 selanjutnya yaitu lulusan S-1 dengan jurusan desain komunikasi visual. Dimana jurusan desain komunikasi visual juga pastinya menekuni dunia digital dan sangat dibutuhkan dalam penerimaan CPNS dan PPPK 2023 ini.

Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu jurusan kuliah potensial yang populer.

Program studi ini merupakan bagian dari ilmu seni yang fokus pada elemen visual untuk menyampaikan pesan.

Desain Komunikasi Visual pun memiliki peminatan yang beragam, diantaranya Animasi, New Media, Creative Advertising, Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, Komunikasi Multimedia, dan lain-lain.

Jurusan DKV termasuk menjanjikan di era digital dan pada rekrutmen CPNS 2023 ini karena lulusannya dinilai mampu mengoperasikan berbagai software untuk menggambar dan desain di perangkat digital, seperti Photoshop, Illustrator, Corel Draw, SketchUp, InDesign, dan lain sebagainya.

Jurusan Sistem Informasi

Jurusan prioritas pertama CPNS dan PPPK 2023 yaitu lulusan S-1 Jurusan Sistem Informasi. Dimana jurusan ini mengarah untuk menekuni dunia talenta digital, dan peluangnya cukup besar pada CASN 2023 ini.

Pada jurusan ini biasanya, mereka akan mempelajari sistem kerja perangkat lunak dan perangkat keras serta data.

Sama seperti Teknik Informatika, jurusan kuliah potensial ini tersedia di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Karena itulah jurusan ini menjadi salah satu jurusan prioritas untuk CPNS 2023.

Jurusan Cyber Security

Jurusan primadona dan prioritas selanjutnya yaitu S-1 jurusan Cyber Security. Jurusan Cyber Security ini dibutuhkan untuk bisa membantu pemerintahan dalam hal menjaga big data dan menjadi forensics analyst.

Karena sederhana saja, di ekosistem digital hari ini, data pun tidak luput dari tindakan kriminal. Untuk melindunginya, lulusan ini menjadi orang yang memiliki jawaban nya.

Jurusan Teknologi Bisnis Digital

Jurusan prioritas CPNS dan PPPk 2023 selanjutnya yaitu lulusan S-1 dengan jurusan bisnis digital.

Jurusan ini memiliki peluang besar, karena dimana jurusan ini juga tentunya menjadi salah satu jurusan yang bergelut di dunia digital saat ini. Apalagi, dengan menjamurnya usaha online di tengah perkembangan seperti ini

Itulah mengapa, jurusan ini juga diprioritaskan pada CPNS 2023, karena hal tersebut dianggap bisa membantu pemerintahan agar tak tertinggal jauh dengan perkembangan global saat ini.

Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan prioritas CPNS dan PPPk 2023 berikutnya yaitu lulusan S-1 dari program studi atau jurusan Teknologi Informasi.

Jurusan Teknologi Informasi ini memiliki peluang yang besar dalam rekrutmen CPNS dan PPPK 2023, karena jurusan ini masuk kedalam talenta digital yang banyak dibutuhkan.

Jurusan Design Grafis

Jurusan prioritas CPNS dan PPPk 2023 adalah jurusan yang lebih mencolok dalam dunia digital dan teknologi. Dan jurusan Design Grafis ini menjadi salah satu jurusan prioritas yang memiliki peluang cukup besar dalam CPNS 2023 dan PPPK 2023.

Jurusan Pendidikan

Selanjutnya, jurusan prioritas dan primadona untuk CPNS 2023 dan PPPK 2023 adalah jurusan Pendidikan sebagai tenaga pendidik. Dimana jurusan Pendidikan ini telah mencakup, jurusan matematika, fisika, Bahasa Indonesia dan masih banyak lagi.

Formasi yang dibutuhkan dari jurusan ini juga tak main-main dan memiliki peluang paling besar dalam rekrutmen CPNS dan PPPK tahun 2023 ini.

Jurusan Keperawatan

Adapun untuk jurusan prioritas dalam recruitment CPNS 2023 dan PPPK 2023 selanjutnya adalah jurusan Keperawatan.

Karna berpayung pada keinginan pemerintah yang memprioritaskan tenaga Kesehatan untuk CPNS dan PPPK 2023 ini.

Dimana jurusan ini menekuni bidang kesehatan, sehingga lulusan S-1 di jurusan Keperawatan memiliki peluang besar saat tes CPNS 2023 dan PPPK 2023.

Jurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan prioritas pada CPNS dan PPPK 2023 ini. Dimana seperti yang kita ketahui, bahwa jurusan ini sama seperti Keperawatan yang bergelut dalam dunia Kesehatan dan menjadi jurusan prioritas untuk CASN 2023.

 Jurusan Kebidanan

Jurusan Kebidanan tentunya juga menjadi jurusan prioritas yang memiliki peluang besar untuk CPNS 2023 dan PPPK 2023. Selain itu, jurusan ini juga memiliki formasi yang cukup besar dalam rekrutmen CPNS 2023 dan PPPK 2023.

Jurusan Teknik Komputer Jaringan

Jurusan Teknik Komputer Jaringan merupakan jurusan yang lebih fokus dalam mendalami jaringan internet. Ini sangat berguna untuk mengembangkan koneksi internet dari berbagai perangkat komputer.

Jurusan Teknik Industri

Bagi lulusan Teknik Industri mempunyai kemampuan untuk manajemen industri, pengoperasian alat-alat ini sangat dibutuhkan oleh instansi pemerintah dan perusahaan swasta.

Pada rekrutmen CPNS 2023 ini, jurusan teknik industri ini juga menjadi salah satu jurusan yang punya peluang besar.

Jurusan Matematika dan Statistika

Bagi lulusan jurusan matematika dan statistika termasuk dalam bagian talenta digital dan dibutuhkan instansi pemerintah dan perusahaan swasta.

Kemampuan lulusan jurusan matematika dan statistika seperti pengumpulan, analisis, dan penyajian data dan layak untuk menjadi data analyst.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA