Iklan
Iklan

Inilah Manfaat Rempah Untuk Kesehatan Kulit Anda

- Advertisement -
Manfaat rempah ternyata tidak hanya untuk masak-memasak. Namun tanaman beraroma ini ternyata juga sangat bagus untuk Kesehatan kulit Anda.

Kenapa harus pakai produk skincare mahal seandainya manfaat rempah bisa anda peroleh? Saatnya Anda rasakan Manfaat rempah yang ada di rumah untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Meski pun belum tersedia, Anda bisa dengan mudah dapat membeli rempah untuk kulit, karena mudah ditemukan di mana saja segera rasakan manfaat rempah bagi kesehatan kulit Anda.

Manfaat Rempah

Penasaran apa saja manfaat rempah untuk kulit? Berikut daftarnya, beserta manfaat rempah yang akan Anda terima:

1. Kayu Manis

Kayu manis memiliki antioksidan tinggi. Ahli Gizi dan penulis The 02 Diet, Keri Glassman, mengatakan kadar antioksidan dalam kayu manis lebih banyak dari setengah cangkir bluberi.

Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas, penyebab penuaan dini di kulit. Kerutan, kusam, dan flek hitam di wajah tak akan muncul sebelum waktunya jika Anda  raasakan manfaat rempah yang satu ini.

2. Kunyit

Kunyit yang punya senyawa kurkumin telah digunakan di India selama ribuan tahun sebagai bahan ramuan antiperadangan. Selain itu, senyawa antioksidan tersebut juga konon dapat digunakan untuk melawan melanoma.

Melanoma adalah jenis kanker yang terjadi di sel pigmen kulit. Penyebab tersering dari kanker ini ialah terlalu lama terpapar sinar ultraviolet tanpa perlindungan.

Susan Blum, MD, dari Blum Center for Health, Amerika Serikat, menjelaskan kepada media soal manfaat kurkumin dalam kunyit.

Menurutnya, kurkumin dapat menghambat angiogenesis alias pertumbuhan pembuluh darah.

“Banyak penelitian berfokus pada sel kanker yang kelaparan. Kurkumin ternyata mampu menghambat aktivitas sel tersebut pada hewan percobaan,” jelasnya.

3. Bawang Putih

Bawang putih juga termasuk sebagai rempah yang bagus untuk kulit. Meski bukan untuk kulit wajah, bumbu dapur yang satu ini bermanfaat untuk kulit kepala.

Bagi Anda yang punya masalah rambut tipis dan rontok, bawang putih bisa menutrisi folikel. Bagian tersebut akan dirangsang untuk menghasilkan rambut yang lebih tebal dan sehat.

Profesor Klinis Dermatologi di University of Southern California, Amerika Serikat, Jessica Wu, MD, menjelaskan kandungan bawang putih yang bermanfaat untuk rambut.

“Asam amino yang ditemukan dalam bawang putih mampu memulihkan folikel yang bermasalah. Alhasil, rambut jadi lebih kuat,” ucapnya, dilansir dari Everyday Health.

4. Teh Hijau

Jessica Wu juga menerangkan, teh hijau memiliki konsentrasi antioksidan katekin yang tinggi. Teh tersebut bersifat antiperadangan dan antipenuaan dini.

“Teh hijau yang dioleskan ke kulit membantu memperbaiki epidermis, mempercepat penyembuhan luka, dan menghambat enzim penyebab warna kulit tidak merata,” kata Wu.

5. Jahe

Tak cuma memperbaiki tekstur kulit yang kasar, mencerahkan, dan mencegah jerawat, jahe juga berfungsi sebagai antiaging. Hal itu dibuktikan oleh studi yang dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Science.

Studi itu melaporkan, minyak esensial jahe merupakan sumber antioksidan yang berpotensi melawan berbagai tanda penuaan kulit.

Apabila minyak esensial tersebut dikombinasikan dengan krim tertentu, hasilnya akan semakin maksimal.

Tak menemukan minyak esensial jahe? Anda bisa memarut rempah tersebut. Hasil parutan lalu dicampur dengan minyak kelapa murni. Jika ingin teksturnya seperti scrub, Anda bisa menambahkan gula pasir secukupnya.

6. Lada Hitam

Lada hitam juga menjadi salah satu rempah untuk kulit. Sama seperti beberapa rempah sebelumnya, antioksidan pada lada hitam tidak main-main.

Lada hitam bisa Anda jadikan sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel kulit mati. Untuk mengaplikasikannya ke kulit, tumbuk kasar lada hitam, lalu campurkan ke dalam yoghurt tanpa rasa (plain).

Mau jadikan masker saja ketimbang eksfoliator? Bisa! Anda hanya perlu mencampurkan lada hitam yang sudah ditumbuk dengan madu, bubuk kunyit, dan sedikit air putih.

7. Serai

Buat Anda yang sedang terkena infeksi jamur, sereh bisa jadi solusinya. Studi diterbitkan dalam International Journal of Nanomedicine melaporkan, minyak esensial serai dapat bantu menghambat pertumbuhan Candida albicans di kulit.

Minyak esensial serai juga konon efektif melawan tinea versicolor, yaitu jamur penyebab bercak kecil bersisik pada kulit.

Karena membuat minyak serai di rumah cukup repot, Anda bisa membelinya di toko dengan harga yang relatif murah.

Tips Menggunakan Rempah untuk Kesehatan Kulit

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat rempah untuk kulit:

  • Dicampurkan dalam makanan atau minuman sehari-hari secara rutin.
  • Sebelum dioles ke kulit, rempah dihancurkan terlebih dulu menjadi bubuk. Lalu, campurkan dengan sedikit air putih atau minyak kelapa murni.
  • Membeli minyak rempah murni, lalu dioleskan ke kulit.
  • Membeli produk skincare yang menggunakan rempah tersebut sebagai bahan dasarnya.

Apa pun cara yang Anda pilih, dr. Sara Elise Wijono, M. Res, mengingatkan soal reaksi dan hasil dari berbagai rempah yang telah disebutkan sebelumnya.

“Kalau dari hasil, memang tidak bisa diprediksi, karena setiap orang bisa berbeda-beda,” kata dr. Sara.

“Tapi secara umum, perawatan alami seperti ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuahkan hasil. Jarang sekali ada yang instan,” tegasnya.

Oleh karena itu, dr. Sara menyarankan agar Anda melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum mencoba rempah untuk kulit.

“(Caranya) oleskan sedikit rempahnya di belakang telinga. Jika ada reaksi, setidaknya itu tidak mengganggu penampilan,” saran dr. Sara.

Apabila muncul reaksi negatif, seperti gatal, kemerahan, bengkak, dan perih, bersihkan kulit secepatnya dengan air mengalir.

Selama reaksi masih ada, hindari menggunakan produk skincare apa pun. Kunjungi dokter bila reaksi bertambah parah atau tidak ada perbaikan dalam beberapa hari.

Source: klikdokter/ Manfaat rempah

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA