Iklan
Iklan

Israel Blokade Total Jalur Gaza, Menhan Yoav Gallant: Tidak Ada Listrik, Makanan, dan Air

- Advertisement -

Israel blokade total Jalur Gaza usai kelompok pejuang Hamas melakukan serangan mematikan di dalam wilayah Israel yang menewaskan sedikitnya 800 orang dan berhasil menculik dan menahan puluhan tentara Israel.

Keputusan Israel blokade total Jalur Gaza diumumkan oleh Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant melalui sebuah video pada dikutip dari Aljazeera, Senin (9/10/2023).

“Kami mengepung Gaza sepenuhnya. … Tidak ada listrik, tidak ada makanan, tidak ada air, tidak ada gas – semuanya ditutup,” ujar Yoav Gallant.

Dia membenarkan langkah yang diambil pemerintah Israel tersebut dengan menggambarkan orang-orang Palestina sebagai “orang-orang kejam”.

Sementara dalam serangan balasan oleh tentara Israel 500 warga Palestina tewas dan hampir 3.000 orang terluka. Serangan balasan itu pun menargetkan bangunan tempat tinggal dan kantor di daerah kantong – rumah bagi 2,3 juta orang.

Keputusan untuk memutus pasokan listrik, air dan bahan bakar ke Gaza diambil Israel tersebut dikutuk oleh PBB sebagai hukuman kolektif.

Kekhawatiran invasi darat ke Gaza meningkat setelah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan negaranya “berperang” setelah serangan terburuk dalam beberapa dekade.

Jalur Gaza Menjadi Sasaran Pengeboman Militer Israel

Lebih dari 100.000 warga Palestina di Gaza telah mengungsi dan ribuan orang berlindung di sekolah-sekolah PBB ketika serangan Israel meningkat, memaksa warga Palestina meninggalkan rumah mereka.

Bangunan, masjid dan kantor telah menjadi sasaran karena Netanyahu telah menyatakan “pembalasan besar” atas serangan mematikan Hamas yang telah mengirimkan gelombang kejut ke seluruh Israel.

Gambar-gambar mengerikan dari Jalur Gaza telah muncul dengan 19 anggota keluarga tewas ketika serangan udara pada hari Minggu menghantam bangunan tempat tinggal mereka. Lebih dari 60 persen penduduk Gaza adalah pengungsi yang secara etnis dibersihkan dari rumah mereka.

Sebenarnya, Israel telah melakukan blokade darat, laut dan udara di Gaza sejak 2007, setahun setelah Hamas terpilih secara demokratis ke tampuk kekuasaan. Pemungutan suara dilakukan hampir dua tahun setelah pasukan Israel dan pemukim menarik diri dari daerah kantong itu.

Israel blokade total Jalur Gaza agar begara Yahudi itu bisa mengendalikan perbatasan Gaza, dan Mesir.

Israel menyatakan telah memblokir perbatasan untuk melindungi warganya dari Hamas, tetapi tindakan hukuman kolektif yang diterapkan Israel telah melanggar Konvensi Jenewa dan telah lama dianggap ilegal oleh kelompok-kelompok termasuk Komite Palang Merah Internasional.

“Hukuman kolektif telah jelas dilarang di bawah hukum humaniter internasional melalui Pasal 33 Konvensi Jenewa Keempat. Tidak ada pengecualian yang diizinkan,” ungkap Michael Lynk, anggota khusus PBB tentang hak asasi manusia di wilayah Palestina yang diduduki sejak 1967, dalam laporannya pada tahun 2020.

Laporan itu lebih lanjut mengatakan: “Kebijakan hukuman kolektif Israel” di Gaza telah menciptakan “ekonomi yang benar-benar runtuh, infrastruktur yang hancur dan sistem layanan sosial yang hampir tidak berfungsi”.

“Sementara pembenaran Israel untuk memaksakan penutupan di Gaza adalah untuk menahan Hamas dan memastikan keamanan Israel, dampak sebenarnya dari penutupan itu adalah penghancuran ekonomi Gaza, menyebabkan penderitaan yang tak terukur bagi dua juta penduduknya.”

Source: Aljazeera

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA