Iklan
Iklan

Israel Menghantam Jalur Gaza, Korban Tewas Sudah Melewati 3.000 Jiwa

- Advertisement -

Israel menghantam Jalur Gaza pada hari Selasa (10/10/2023) melalui serangan udara paling sengit dalam 75 tahun sejarahnya. Jumlah korban tewas di kedua belah pihak dari serangan mendadak oleh Hamas sudah melewati 3.000 jiwa.

Lebih dari 1.000 warga Israel sekarang diketahui telah tewas ketika pejuang militan mengerumuni perbatasan dari Gaza, setidaknya 830 warga Palestina telah tewas dalam empat hari serangan udara pembalasan Israel, dan militer Israel mengklaim telah membunuh 1.500 penyerang Hamas.

Di seberang tembok penghalang yang memisahkan Israel dari Gaza, tentara Israel mengumpulkan korban tewas dan memulihkan kondisi di perbatasan.

Di langit Jalur Gaza, serangan udara Israel meningkat, mengguncang tanah dan dan menimbulkan gelombang asap dan api ke langit.

Sejak Israel menghantam Jalur Gaza, lebih dari 180.000 warga telah kehilangan tempat tinggal, banyak yang berkerumun di jalan-jalan atau di sekolah-sekolah. Serangan Israel sejak Sabtu telah menghancurkan lebih dari 22.600 rumah dan 10 fasilitas kesehatan, dan merusak 48 sekolah.

Di kamar mayat di rumah sakit Khan Younis di Gaza selatan, mayat-mayat diletakkan di tanah di atas tandu dengan nama tertulis di perut mereka. Dokter meminta kerabat untuk mengambil mayat dengan cepat karena tidak ada lagi ruang.

Sebuah bangunan kota ditabrak saat digunakan sebagai tempat penampungan darurat. Orang-orang yang selamat berbicara tentang banyak yang tewas.

“Tidak ada tempat yang aman di Gaza, seperti yang Anda lihat mereka menyerang di mana-mana,” kata Ala Abu Tair, 35, yang mencari perlindungan di sana bersama keluarganya setelah melarikan diri dari Abassan Al-Kabira dekat perbatasan.

Radwan Abu Al-Kass, ayah tiga anak, adalah salah satu orang terakhir yang meninggalkan gedung lima lantainya di distrik Al-Rimal setelah daerah itu diserang. Sebuah rudal menghantam gedung, yang dihancurkan oleh serangan yang lebih besar setelah dia keluar.

“Seluruh distrik baru saja dihapus,” katanya seperti dilansir Aljazeera.

Dua anggota kantor politik Hamas, Jawad Abu Shammala dan Zakaria Abu Maamar, tewas dalam serangan udara di Khan Younis, pejabat Hamas pertama yang tewas sejak serangan udara dimulai.

Israel menghantam Jalur Gaza tidak hanya melalui serangan udara namun diperkirakan militer Israel akan melakukan serangan darat ke Gaza. Atau wilayah yang ditinggalkannya pada tahun 2005 setelah 38 tahun pendudukan dan telah berada di bawah blokade sejak Hamas merebut kekuasaan di sana pada tahun 2007.

Namun, para pemimpin Israel harus memutuskan apakah akan mengendalikan pembalasan mereka untuk melindungi hingga 150 sandera yang diculik selama serangan Hamas dan sekarang disembunyikan di Gaza.

Usai Israel menghantam Jalur Gaza, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman berbicara melalui telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, dan mengatakan kepadanya bahwa Kerajaan sedang bekerja untuk memastikan konflik tidak menyebar ke seluruh wilayah.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA