Iklan
Iklan

Italia Hentikan Penjualan Senjata ke Arab Saudi

- Advertisement -
Italia telah menghentikan penjualan ribuan rudal ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) karena keterlibatan mereka dalam konflik Yaman, membuat penangguhan sementara selama 18 bulan menjadi permanen.

“Hari ini saya mengumumkan bahwa pemerintah telah mencabut otorisasi yang sedang berjalan untuk ekspor rudal dan bom pesawat ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab,” kata Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio pada hari Jumat.

“[Ini] tindakan yang kami pertimbangkan karena, pesan perdamaian yang jelas datang dari negara kami. Bagi kami, penghormatan terhadap hak asasi manusia adalah komitmen yang tidak bisa dipatahkan,” kata Di Maio, yang tidak menyebut Yaman tetapi merujuk pada konflik di sana ketika memerintahkan penangguhan awal pada Juli 2019.

italia arab saudi

Jaringan Perdamaian dan Perlucutan Senjata Italia, sebuah kelompok kampanye, memuji langkah tersebut sebagai “bersejarah” dan memperkirakan bahwa mereka akan melihat pesanan untuk lebih dari 12.700 persenjataan dibatalkan.

Penjualan yang diblokir adalah bagian dari total penjatahan 20.000 rudal senilai lebih dari 400 juta euro yang disepakati pada tahun 2016 di bawah pemerintahan yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Matteo Renzi, kata kelompok pelucutan senjata itu.

” Ini mengakhiri, sekali dan untuk semua, kemungkinan bahwa ribuan persenjataan yang diproduksi di Italia dapat menyerang fasilitas sipil, menyebabkan korban di antara penduduk atau berkontribusi untuk memperburuk situasi kemanusiaan yang sudah serius”, kata kelompok itu.

Belum ada reaksi publik dari Arab Saudi atau UEA pada saat publikasi.

italia arab saudi

Pada 2019, beberapa negara Uni Eropa membekukan penjualan senjata ke Arab Saudi, yang memimpin koalisi militer yang memerangi pemberontak Houthi yang didukung Iran di Yaman dalam konflik yang telah menewaskan puluhan ribu orang.

Perserikatan Bangsa-Bangsa menggambarkan Yaman sebagai krisis kemanusiaan terbesar di dunia, dengan 80 persen rakyatnya membutuhkan bantuan.

Angka terbaru Italia – mulai tahun 2019 – menunjukkan Arab Saudi dan UEA berada di peringkat 10 dan 11 dalam daftar pasar terbesar untuk ekspor senjata Italia.

Ekspor ke Arab Saudi bernilai 105,4 juta euro, sedangkan ke UEA bernilai 89,9 juta euro.

italia arab saudi

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA