Iklan
Iklan

Jadwal Misa Natal Gereja Katedral Jakarta 2022

- Advertisement -
Jadwal Misa Natal Gereja Katedral Jakarta 2022 telah dirilis. Tahun ini, perayaan Misa Natal akan digelar secara offline dan online.

Sebelumnya, pemerintah menetapkan bahwa tidak ada pembatasan kapasitas saat pelaksanaan ibadah misa Natal 2022, sesuai dengan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa kapasitas rumah ibadah/gereja boleh 100 persen. Namun dengan catatan, pihak gereja tidak boleh melebihi kapasitas lewat penambahan tenda-tenda yang biasa dilakukan saat ibadah Natal.

Pengurus Gereja Katedral Jakarta sudah menyataakan siap mengikuti aturan terbaru soal kapasitas gereja saat penyelenggaraan ibadah Natal 2022.

“Kami akan mengikuti aturan yang diterapkan,” ujar Humas Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwadie saat dihubungi dari Jakarta, Jumat 16 Desember dilansir Antara.

Jadwal Misa Natal Gereja Katedral Jakarta 2022

Sekedar informasi, pada Natal tahun lalu, Katedral Jakarta hanya membatasi untuk 650 umat atau sebanyak 40 persen dari kapasitas gereja. Hal ini sebabkan oleh tingginya angka penularan COVID-19.

Kini, setelah penyebaran virus corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 sudah terkendali, pembatasan tersebut dicabut.

Pada pelaksanaan ibadah Natal 2022, Gereja Katedral Jakarta—Paroki Santa Maria Diangkat ke Surga akan menggelar 6 kali Misa, yang dimulai pada Sabtu petang, 24 Desember 2022 dan berakhir pada Minggu, 25 Desember 2022.

Dikutip dari VOI, berikut jadwal lengkap Misa Natal Katedral Jakarta, pada Sabtu, 24 Desember 2022.

  • Pukul 16.30 WIB: digelar secara luring (luar jaringan/offline) dan daring (dalam jaringan/online). Misa ini diprioritaskan untuk umat Kristiani lanjut usia (lansia).
  • Pukul 19.00 WIB: diselenggarakan secara luring dan daring
  • Pukul 21.30 WIB: diselenggarakan secara luring

Sementara, Jadwal Misa Natal Katedral Jakarta pada Minggu, 25 Desember 2022 yakni:

  • Pukul 08.30 WIB: diselenggarakan secara luring dan daring. Misa pontifikal yang dipimpin oleh Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo.
  • Pukul 11.00 WIB: diselenggarakan secara luring dan merupakan Misa Natal khusus untuk anak-anak.
  • Pukul 17.00 WIB: Diselenggarakan secara luring dan daring.

Untuk mengikuti Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta, umat kristiani harus mendaftarkan diri lewat situs belarasa.id atau bisa juga dengan mengisi form di pintu masuk.

Untuk umat Paroki Santa Maria Diangkat ke Surga, pendaftaran dimulai 12 Desember 2022. Sedangkan bagi umat di luar Paroki tersebut, pendaftaran mulai 19 Desember 2022.

Seluruh umat Kristiani yang mengikuti perayaan Natal 2022 di Gereka Katedral Jakarta wajib mematuhi protokol kesehatan.

Tema Natal 2022

Dilansir dari resmi Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia, Senin, 12 Desember 2022,  tema Natal 2022 diambil dari kitab Matius 2:12 yang bunyinya:

“…Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain”

Tema tersebut mengandung makna kebhinekaan merupakan anugerah Allah yang harus disyukuri, dirawat, dan dikembangkan. Kebhinekaan yang kita sadari sebagai anugerah Tuhan itu seharusnya mendorong kita untuk saling bergandengan tangan dalam mewujudkan tata kehidupan bersama yang lebih bermartabat.

Dengan berjalan bersama kita dimampukan untuk “pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”:

  • Membangun kembali kehidupan dari keterpurukan dalam berbagai bidang akibat pandemi COVID19
  • Membangun peradaban kasih di tengah menguatnya tindak kekerasan
  • Merajut kerukunan di tengah merebaknya intoleransi
  • Mempopulerkan budaya jujur di tengah mengguritanya tindak kejahatan korupsi
  • Menggemakan pertobatan ekologis di tengah maraknya kerusakan lingkungan hidup, dan mengembangkan hidup berpolitik yang beretika menjelang pesta demokrasi tahun 2024.

Demikian informasi seputar jadwal Misa Natal Gereja Katedral Jakarta 2022. Semoga bermanfaat!

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA