Iklan
Iklan

Jakarta Film Week 2023, Sukses Bangun Jejaring Festival di Kawasan Asia Tenggara

- Advertisement -
Jakarta Film Week 2023 sukses dihelat pada Oktober 2023, diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, tahun ini, Jakarta Film Week dihelat di empat lokasi berbeda, mulai dari CGV Grand Indonesia, Kineforum Taman Ismail Marzuki (TIM), Galeri Kaya Indonesia, dan Hotel Ashley Wahid Hasyim, Jakarta. Selain luring, film-film Jakarta Film Week juga bisa dinikmati di Vidio.

Acara closing ceremony Jakarta Film Week 2023 diadakan dengan meriah, dan dihadiri oleh Bapak Chaidir selaku Wakil Walikota Jakarta Pusat. Beliau menyampaikan apresiasi luar biasa untuk semua pihak yang terlibat dalam perhelatan ini, dan berharap JFW dapat menjadi wadah bagi festival-festival lainnya di skala internasional, khususnya festival yang ada di kawasan Asia Tenggara.

“Kami yakin Jakarta Film Week 2023 ini akan menjadi pintu yang menghubungkan pelaku-pelaku industri di mana pun berada dan ini adalah kesempatan untuk menemukan bakat-bakat baru yang akan mengangkat industri perfilman ke tingkat yang lebih tinggi. Kami berharap bukan hanya untuk maju, tetapi juga melompat jauh dengan pemikiran-pemikiran baru dan inovasi yang mengagumkan.” kata Chaidir selaku Wakil Walikota Jakarta Pusat.

Jakarta Film Week 2023

“Semoga Jakarta Film Week 2023 tidak hanya menjadi wahana untuk memajukan industri film di Indonesia, tetapi juga menjadi sorotan internasional. Semoga festival ini mampu menguatkan rasa percaya diri bahwa kita dapat lebih kuat di kancah internasional, khususnya di kawasan Asia Tenggara,” ungkapnya

Sejalan dengan hal tersebut, Rina Damayanti selaku Festival Director menyampaikan bahwa ia pun berharap Jakarta Film Week bisa lebih berkembang di tahun-tahun berikutnya. Mengingat tahun ini program-program yang hadir sudah mewakili visi dan misi untuk membawa industri film Indonesia lebih berkembang di sirkuit internasional, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Dari sisi jumlah penonton pun terus bertambah dari tahun ke tahun, yang membuatnya yakin bahwa Jakarta Film Week dapat terus bertumbuh dan menjadi sebuah festival yang merefleksikan pesan-pesan kemanusiaan yang baik.

Jakarta Film Week 2023

“Perjalanan panjang acara malam ini berawal dari bulan Agustus melalui program Road to Jakarta Film Week: Celebration of Asean Cinema, Kemudian dilanjutkan ke South East Asia Festival Meeting dan Festival Talks Program. Rangkaian acara ini bertujuan untuk mempererat komunikasi dan pemahaman antar wilayah demi ekosistem film yang lebih baik. ”ungkap Rina Damayanti

“Dalam 5 hari ini digelaran Jakarta Film Week 2023, kami mencatat ada 5,002 orang menghadiri sesi pemutaran film dan sesi diskusi maupun workshop, serta ada 170,000 orang yang menonton film secara online melalui platform Vidio. Kami merasa sangat senang dan berterima kasih, karena film-film yang sudah ditampilkan mampu menyampaikan pesan-pesan kemanusian yang baik, serta mampu menjadi refleksi kita bersosialisasi di kehidupan bermasyarakat,”ujarnya.

Tak hanya menyoroti berkembangnya Jakarta Film Week 2023, di closing ceremony juga menjadi momen yang membanggakan untuk film-film yang berhasil membawa pulang penghargaan.

Penghargaan untuk film-film Indonesia antara lain Direction Award atau (penghargaan film panjang Indonesia terbaik) yang dimenangkan Women from Rote Island yang merupakan debut film panjang dari sutradara Jeremias Nyangoen. Kemudian Series of the Year dimenangkan oleh Teluh Darah yang disutradarai Kimo Stamboel. Series ini dipilih sebagai pemenang berkat narasi hook yang kuat, serta cerita yang menarik karena mengangkat nilai-nilai budaya asli Indonesia. Serta Jakarta Film Fund Award yang dimenangkan oleh Rabu yang Bahagia karya sutradara Candra Aditya.

“Film ini hangat dan menggambarkan bagaimana kota Jakarta dengan segala kemungkinan-kemungkinan terbaik dalam meraih mimpi. Bagaimana hal tersebut justru hadir dalam hubungan ayah dan anak, benturannya, dan bagaimana akhirnya mereka saling mengerti,” ungkap Lorna Tee, Yandy Laurens dan Restuning Dyah Widyanti, yang menjadi juri untuk kategori ini.” kata Candra

Sementara itu, daftar pemenang penghargaan untuk film-film internasional di antaranya; Global Feature pada Jakarta Film Week 2023 dimenangkan film Tótem yang disutradarai oleh Lila Avilés. Global Short Award (penghargaan film pendek internasional terbaik) dimenangkan Things Unheard Of yang disutradarai oleh Ramazan Kılıç .

Film ini dinilai telah menggambarkan percikan pembebasan yang tampak polos namun memberdayakan melalui perjalanannya di tengah konflik keluarga dan kemanusiaan. Terakhir, Global Animation Award dimenangkan oleh Mortelli, A Hopeless Case yang disutradarai oleh Ben Fernández.

Untuk melengkapi kemeriahan di malam terakhir Jakarta Film Week 2023, diumumkan juga para pemenang program Producers Lab tahun ini. Best Project tahun ini dimenangkan oleh Dewangkoro Rinugroho dengan judul film Partus . Di mana ia akan mendapatkan Development Grant alias dukungan dari Kemendikbudristek. Sementara itu, tiga peserta lainnya, yaitu Ellen Xie dengan judul film Chill Out, Girl! , Evi Cecilia dengan judul Curiosity dan Kevin Rahardjo dengan judul Parasomnia terpilih sebagai pemenang Producers Lab yang akan mengikuti Platform Busan 2024.

Seluruh rangkaian closing ceremony ini ditutup dengan pemutaran closing film berjudul Tiger Stripes. Sebuah film panjang bergengsi yang sebelumnya telah tayang di ajang Cannes Critics’ Week, sebuah bagian dari ajang Cannes Film Festival 2023. Film ini menceritakan tentang Zaffan, seorang gadis berusia 12 tahun yang mengalami pubertas dan menemukan bahwa tubuhnya berubah menjadi sesuatu yang menakutkan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA