Beranda INTERNASIONAL Jepang Diguncang Gempa Berkekuatan 7.1 M

Jepang Diguncang Gempa Berkekuatan 7.1 M

jepang gempa
Gempa dengan kekuatan 7,1 telah melanda lepas pantai timur Jepang pada Sabtu 23:13 JMT (21:13 WIB), kata Badan Meteorologi.

Pusat gempa berada di lepas pantai prefektur Fukushima pada kedalaman 60 km, kata badan tersebut, menambahkan bahwa peringatan tsunami belum dikeluarkan.

Belum ada korban jiwa akibat gempa tersebut. Perusahaan Tenaga Listrik Tokyo telah menyatakan bahwa listrik di lebih dari 800.000 rumah padam karena gempa.

jepang gempa

The Japan Times melaporkan bahwa orang-orang di dekat daerah pesisir didorong untuk pergi ke tempat yang lebih tinggi sebagai tindakan pencegahan keselamatan.

NHK TV mengatakan pembangkit nuklir Fukushima Dai-ichi masih diperiksa untuk mengetahui adanya masalah, dan belum ada laporan tentang ketidakberesan dari pembangkit nuklir lain di daerah tersebut.

Gempa tersebut terjadi menjelang peringatan 10 tahun gempa bumi Fukushima 2011 yang memicu bencana nuklir Fukushima.

jepang gempa

Gempa bumi tahun 2011 berlangsung selama enam menit dan mencapai magnitudo 9.0–9.1. Gempa tersebut memicu tsunami yang mencapai ketinggian hingga 40,5 meter.

Gempa tersebut, dianggap yang terbesar dalam sejarah Jepang dan terbesar keempat di dunia, mengakibatkan 15.899 kematian dan 6157 luka tambahan.

Badan Kepolisian Nasional Jepang pada 10 September menyatakan gempa tersebut menghancurkan total 121.778 bangunan.