Iklan
Iklan

Kapal Perang Amerika Serikat Masuki Laut China Selatan

- Advertisement -
Angkatan Laut Amerika Serikat mengirim kapal perang melalui perairan di Laut China Selatan yang disengketakan di dekat Kepulauan Paracel dalam misi yang dikatakannya untuk “menegaskan” hak dan kebebasan navigasi, tetapi China mengatakan itu ilegal.

Komando Teater Selatan militer China mengatakan pada hari Kamis bahwa USS Curtis Wilbur telah memasuki perairan tanpa izin, dan bahwa kapal serta pesawatnya mengikuti kapal AS.

Juru bicara Tian Junli mengatakan PLA telah “mengusir” USS Curtis Wilbur, menggambarkan AS sebagai “pembuat onar sejati”, lapor penyiar pemerintah CGTN.

China mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan berada di bawah “sembilan garis putus” yang dianggap tidak berdasar oleh pengadilan internasional di Den Haag. Taiwan, serta negara pesisir Vietnam, Filipina, Brunei, dan Malaysia juga mengklaim seluruh atau sebagian laut itu.

kapal perang amerika serikat laut china selatan

Dalam sebuah pernyataan, armada ke-7 AS mengatakan USS Curtis Wilbur, sebuah kapal perang berpeluru kendali kelas Arleigh Burke, berlayar melalui Laut Cina Selatan di sekitar Kepulauan Paracel pada 20 Mei dalam sebuah operasi untuk menegakkan hak, kebebasan, dan penggunaan yang sah atas laut yang diakui menurut hukum internasional.

“Klaim maritim yang melanggar hukum dan luas di Laut China Selatan menimbulkan ancaman serius bagi kebebasan laut, termasuk kebebasan navigasi dan penerbangan, perdagangan bebas dan perdagangan tanpa hambatan, dan kebebasan peluang ekonomi bagi negara-negara pesisir Laut China Selatan,”

Laut China Selatan telah menjadi titik nyala utama dalam memburuknya hubungan antara AS dan China, dengan Washington menolak klaim Beijing di jalur air strategis tempat mereka meningkatkan pembangunan pulau-pulau buatan dan memperluas pulau-pulau berbatu untuk membangun pangkalan militer.

China, Taiwan, dan Vietnam semuanya mengklaim kedaulatan atas Kepulauan Paracel, yang dikenal sebagai Xisha di China dan Hoang Sa di Vietnam. Rantai pulau itu terletak sekitar 400 kilometer timur Vietnam dan 350 kilometer selatan Cina.

kapal perang amerika serikat laut china selatan

Angkatan Laut AS mengatakan ketiganya memerlukan izin atau pemberitahuan sebelumnya sebelum kapal militer atau kapal perang melewati melalui laut teritorial. Di bawah Konvensi Hukum Laut 1982, kapal-kapal dari semua negara – termasuk kapal perang mereka – menikmati hak lintas damai melalui laut teritorial, tambahnya, dengan mengatakan bahwa mereka tidak meminta pemberitahuan atau izin sebelumnya dari salah satu penggugat.

AS telah meningkatkan operasi “kebebasan navigasi” dalam beberapa tahun terakhir, tidak hanya di Laut China Selatan tetapi juga di Selat Taiwan tempat USS Curtis Wilbur berlayar pada hari Selasa. China mengatakan bahwa operasi tersebut membahayakan “perdamaian dan stabilitas”.

“Amerika Serikat menjunjung tinggi kebebasan navigasi sebagai prinsip,” kata pernyataan Angkatan Laut AS, menekankan bahwa operasinya dilakukan sesuai dengan hukum internasional. Ini sebelumnya mengirim kapal perang – USS John S McCain – dekat ke Paracels pada bulan Februari.

“Selama beberapa negara terus menegaskan klaim maritim yang tidak sesuai dengan hukum internasional sebagaimana tercermin dalam Konvensi Hukum Laut 1982 dan yang dimaksudkan untuk membatasi secara tidak sah hak dan kebebasan yang dijamin untuk semua Negara, Amerika Serikat akan terus mempertahankan hak dan kebebasannya.”

kapal perang amerika serikat laut china selatan

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA