Kecelakaan Kapal Terjadi di Mentawai, 9 Orang Dilaporkan Hilang!

kecelakaan kapal mentawai
Ilustrasi
Kecelakaan kapal terjadi di Mentawai, Tiga kecelakaan kapal di daerah itu akibat cuaca buruk yang melanda dalam dua hari terakhir. Hingga hari ini, tim masih mencari 9 orang, termasuk seorang WNA berkebangsaan Spanyol bernama Laura (32 tahun)

“Ada tiga kejadian (kecelakaan) kapal. Secara total, ada 15 penumpang. Saat ini masih kita cari 9 orang lagi, karena yang enam sudah berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat,” kata Kepala Kantor SAR Mentawai, Akmal Sabtu (25/3).

Menurut Akmal, ketiga peristiwa kecelakaan tersebut dialami oleh kapal nelayan dan kapal kargo.

Kecelakaan pertama dialami kapal barang yang hendak menuju Pei-pei dengan penumpang 7 orang. Namun di antara pulau Sipora dan pulau Siberut, yakni di selat Bunga Laut, boat dihantam badai dan terombang ambing. Kejadian itu dilaporkan ke Kantor Sar Mentawai, pada Jumat (24/03) pukul 16.30 WIB.

“Setelah dilakukan pencarian hingga Jumat malam, tiga dari tujuh awak kapal tersebut berhasil ditemukan petugas SAR gabungan dalam kondisi terombang ambing di tengah laut. Empat lainnya masih belum ditemukan,” jelas Akmal.

Mereka yang dicari tersebut adalah Inpa (22), Jandi (23), Delfira (20), dan Andira (21) yang semuanya berjenis kelamin laki-laki.
Proses evakuasi korban kecelakaan kapal di Kepulauan Mentawai, Sumbar.

“Disaat tim gabungan masih mencari penumpang kapal kargo tersebut, masuk lagi laporan bahwa sebuah kapal nelayan juga karam pukul 7 kurang 15 menit. Kapal nelayan asal Tuapejat tersebut mencari ikan di kepulauan Sipora.

Namun, ketika mau kembali kapal tersebut karam di perairan Berimanua. Beruntung ketiganya selamat meski ditemukan dalam kondisi juga terombang ambing ditengah lautan,” ujar Akmal.

Sedangkan kecelakaan kapal yang ketiga dialami sebuah kapal nelayan yang memiliki awak lima orang. Berdasarkan laporan masuk Jumat malam pukul 21.30 WIB, kapal tersebut hilang kontak antara pulau Sipora dengan Siberut, Kecamatan Sipora Utara Mentawai sejak pukul 7 malam.

Kapal yang dilaporkan hilang kontak tersebut berangkat dari Tuapejat menuju Malilimok Pulau Shadow dengan penumpang lima orang. Namun sampai pukul 19.00 WIB belum juga sampai di tujuan dan kapal dihubungi tidak tersambung lagi.

Lima penumpang kapal jenis Longboat dengan merek lambung ‘Shadow Mentawai’ yang memiliki panjang 10 meter itu, adalah Rahmat (36) tahun, Ade (32) tahun, Ario (21) tahun, Aria (21) tahun dan WN Spanyol Bernama Laura (32) tahun.

Sejak kejadian hingga saat ini, kondisi laut di Mentawai masih sangat tinggi. Gelombang laut mencapai ketinggian tiga meter lebih dengan kecepatan angin antara 2 hingga 15 knot. (kay)

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments