Beranda Uncategorized Kendala-Kendala dalam Hosting yang Wajib Diketahui

Kendala-Kendala dalam Hosting yang Wajib Diketahui

kendala hosting

Dalam menggunakan website, tidak jarang Anda akan menghadapi kendala-kendala dalam hosting. Hosting itu sendiri ibarat wadah untuk menyimpan data-data website Anda. Hosting didapatkan dari penyedia layanan web , dimana Anda menyewa ruang di dalam server mereka untuk membuat website selalu online.

Hosting yang mengalami kendala biasanya ditandai dengan website yang lambat ketika diakses, website mengalami error hingga tidak bisa diakses sama sekali. Kondisi-kondisi tersebut tentunya dipicu oleh suatu penyebab. Setiap website tentu pernah mengalami kendala dalam hosting yang digunakan. Bedanya hanya terletak pada seberapa sering kendala itu terjadi.

Apa Saja Kendala-kendala dalam Hosting yang Sering Ditemui?

Ketika menemui kendala saat menggunakan website, jangan dulu panik. Sebaiknya cari tau penyebab dari masalah tersebut. Biasanya hosting mengalami kendala hingga membuat website error dikarenakan hal-hal berikut:

1. Trafik Tinggi dalam Satu Waktu

Ada saatnya website Anda mengalami lonjakan trafik secara tiba-tiba. Bisa jadi disebabkan karena adanya promo di situs website Anda, atau juga karena memposting artikel yang mengusung topik yang sedang viral. Hal ini tentu membuat server hosting jadi kewalahan untuk menangani permintaan data atau informasi dari para pengunjung web. Hasilnya, website Anda akan lambat bahkan tidak bisa diakses sama sekali.

Server juga memiliki kapasitas masing-masing. Bila menggunakan shared hosting, mau tidak mau Anda harus berbagi ruang server bersama penyewa hosting yang lain. Shared hosting memang lebih murah, akan tetapi di saat trafik website membludak dan membuat server bekerja lebih keras, maka imbasnya juga akan dirasakan penyewa hosting yang lain. Sehingga sebelum memilih layanan hosting, pastikan Anda sudah mempertimbangkan seberapa besar website Anda supaya hosting tidak mengalami kendala.

BACA JUGA  Mie Lemonilo Hadirkan Sensasi Rasa Baru Pedas Korea #PedasDaebak

Daripada shared hosting, akan lebih menguntungkan bila Anda menggunakan hosting VPS. Jenis hosting ini menyediakan server virtual untuk setiap penggunanya dari satu server fisik. Meskipun masih sama-sama shared hosting, akan tetapi setiap akun hosting yang tergabung masing-masing mendapatkan sumber daya pribadi sehingga cocok digunakan untuk situs web yang membutuhkan resource besar. VPS hosting ini termasuk salah satu layanan hosting Niagahoster yang merupakan penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia.

2. Masalah pada DNS

Website yang mengalami error saat diakses bisa jadi terdapat masalah pada DNS-nya. DNS itu sendiri adalah suatu sistem dimana segala bentuk informasi terkait nama host atau domain tersimpan ke dalam bentuk database yang tersebar dalam sebuah jaringan internet. Disinilah IP address untuk setiap nama domain disediakan sekaligus mencatat setiap server transmisi mail yang menerima email untuk setiap nama domain.

Situs web mengalami error hingga down dapat disebabkan karena DNS mengalami gangguan atau mati. Untuk menghindarinya, lakukan pengecekan DNS website secara berkala. Jika sudah terjadi, untuk mengatasinya Anda bisa cek di cPanel atau menghubungi CS untuk meminta bantuan.

3. IP Terblokir

Terblokirnya IP address disebabkan karena alamat IP koneksi komputer yang Anda gunakan dicurigai melanggar S&K yang berlaku pada penyedia layanan web hosting. Firewall server memblokir alamat IP sebagai bentuk perlindungan terhadap server dari DOS. Serangan oleh DOS ini ditujukan kepada server atau komputer melalui jaringan internet.

Ini adalah serangan yang berbahaya karena dapat menghabiskan resource dari komputer sehingga website Anda pun tidak bisa diakses secara leluasa. Cara mengatasinya IP terblokir adalah dengan menghubungi penyedia layanan hosting Anda. Setelah IP address Anda sudah dibuka kembali, segera lakukan pembenahan pada website untuk mencegah masalah yang sama terulang kembali.

BACA JUGA  Laporan Putri Candrawathi Sulut Kemarahan Ferdy Sambo dan Rencanakan Pembunuhan Brigadir Yosua

4. Menginstal Aplikasi Bajakan

Di saat website mengalami masalah, coba diingat-ingat lagi apakah Anda menggunakan plugin atau aplikasi bajakan atau tidak. Jika iya, maka bisa jadi itu penyebabnya. Sebenarnya boleh-boleh saja menambahkan plugin atau aplikasi yang banyak ke situs website supaya terlihat lebih cantik dan estetik. Namun terlalu banyak akan membuat website jadi lambat diakses. Apalagi ketika Anda menggunakan aplikasi bajakan. Selain membuat website bermasalah, website Anda juga dapat di-suspend oleh penyedia layanan hosting akibat terdeteksi melakukan aktivitas mencurigakan.

Demikian penjelasan mengenai kendala-kendala dalam hosting. Kendala-Kendala tersebut wajar terjadi sehingga Anda tidak perlu panik dan khawatir. Anda bisa menghubungi layanan hosting yang Anda gunakan supaya bisa memperbaiki berbagai permasalahan tersebut.

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakThe Panturas Gelar Wahana Ombak Banyu Asmara di 3 Kota
Artikulli tjetërRazman Nasution Kian Terpuruk, Tak Hanya Dihujani Cibiran Netizen Hotmanpun Membuat Somasi Terbuka