Iklan
Iklan

Keramas Tanpa Sampo, Inilah Manfaatnya

- Advertisement -

Sebagian orang memilih keramas tanpa sampo karena dinilai lebih minim paparan bahan kimia dan katanya bagus untuk kesehatan rambut serta kulit kepala.

Metode keramas tanpa sampo atau lebih dikenal dengan no poo cukup dikenal di masyarakat. Soalnya, mulai banyak orang yang mengkhawatirkan dampak buruk paparan bahan kimia pada sampo untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Apalagi, kebanyakan sampo konvensional mengandung surfaktan, sulfat, dan silikon yang tujuannya adalah membuat rambut bersih dan tampak berkilau. Namun, di sisi lain, bahan-bahan kimia tersebut ternyata bisa membuat rambut menjadi kering karena menghilangkan minyak alami kulit kepala.

Fakta di Balik Metode Keramas Tanpa Sampo

Rambut tampak lepek atau kulit kepala jadi gatal mungkin terlintas di benakmu saat mendengar metode keramas tanpa sampo. Pasalnya, mungkin ada anggapan kalau keramas tanpa sampo berarti hanya menggunakan air saja.

Nah, sebenarnya keramas tanpa sampo bukan berarti kamu benar-benar tidak menggunakan bahan yang memiliki efek membersihkan kulit kepala dan rambut. Namun, pada metode ini, sampo konvensional akan diganti dengan bahan alami, seperti cuka apel, baking soda, atau minyak kelapa.

Pertanyaannya, apakah metode keramas tanpa sampo ini benar-benar lebih baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala?

Karena terbebas dari paparan bahan kimia dan detergen, keramas tanpa sampo bisa membuat kulit kepala mempertahankan minyak alaminya. Hal ini tentu baik untuk menjaga kelembapan alami kulit kepala, sehingga kondisi kulit kepala kering dan gatal bisa dicegah.

Selain mencegah rambut dan kulit kepala kering, metode keramas tanpa sampo ini juga diyakini memiliki beberapa manfaat lain, seperti:

  • Membuat rambut lebih bervolume
  • Menghaluskan rambut
  • Mengatasi ketombe
  • Mengatasi rambut kusut yang disebabkan oleh rambut kering

Namun, perlu diingat, manfaat ini bisa berbeda-beda tergantung kondisi kulit kepala dan bahan yang digunakan. Misalnya, kalau kulit kepalamu cenderung berminyak, kamu disarankan untuk keramas menggunakan cuka apel dan baking soda agar kulit kepala bersih dan tidak gatal. Kedua bahan ini mampu membersihkan kulit kepala dan rambut secara menyeluruh.

Berbeda halnya jika kulit kepalamu termasuk kering, kamu dianjurkan untuk keramas dengan minyak kelapa. Ini karena minyak kelapa bisa mempertahankan kelembapan alami kulit kepala, sehingga rambut tidak semakin kering.

Sementara itu, bila kulit kepalamu tergolong normal, keramas hanya dengan air dinilai sudah cukup membersihkan kulit kepala dan rambut.

Intinya, keramas tidak menggunakan sampo memberikan manfaat untuk kesehatan rambut, asalkan bahan dan metode yang digunakan sesuai dengan kondisi kulit kepalamu.

Meski baik untuk rambut dan kulit kepala, tidak semua orang cocok dengan metode ini, ya. Orang yang memiliki masalah kulit harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba keramas tanpa sampo.

Cara Melakukan Keramas Tidak Menggunakan Sampo

Cara keramas tanpa sampo bisa dikatakan lebih praktis daripada keramas dengan sampo. Jika ingin menggunakan cuka apel dan baking soda, cukup larutkan sedikit baking soda dengan 2–3 sdm cuka apel. Campurkan bahan tersebut dengan air, lalu ratakan ke atas kulit kepala. Diamkan selama 2–3 menit sebelum dibilas.

Untuk penggunaan minyak kelapa, oleskan sedikit minyak kelapa ke bagian ujung dan tengah rambut, lalu diamkan sekitar 15–30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga sisa minyaknya tak lagi menempel di rambut.

Kalau ingin keramas hanya dengan air, kamu bisa gunakan waslap basah untuk membersihkan kulit kepala sebelum membilas semua bagian rambut dengan air. Bagaimana, cukup mudah dan praktis, kan?

Sebagai catatan, rambutmu mungkin akan terasa lebih berminyak pada 2–3 minggu pertama keramas tanpa sampo. Hal ini normal terjadi dan minyak di kulit kepalamu perlahan akan seimbang di minggu-minggu selanjutnya.

Akan tetapi, jika sudah lebih dari 3 minggu minyak di kulit kepalamu tidak berkurang atau justru malah semakin berminyak, hentikan metode keramas tanpa sampo, ya. Lebih baik konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran metode keramas yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit kepalamu.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA