Beranda GAYA HIDUP Inilah Keuntungan Menjalankan Bisnis Online di Era Digital

Inilah Keuntungan Menjalankan Bisnis Online di Era Digital

bisnis online

Apakah saat ini kamu sedang berniat untuk membuka bisnis? Jika iya, sebaiknya kamu menyiapkan bisnis tersebut agar memiliki infrastruktur online sehingga lebih mudah untuk menjangkau oleh para calon pelanggan.

Bisnis online sendiri saat ini sedang banyak diminati karena jauh lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan bisnis konvensional. Penasaran apa saja poin kelebihan bisnis online yang membuatnya semakin populer? Berikut ulasan selengkapnya.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Online di Era Digital

1. Biaya yang Diperlukan Tidak Terlalu Besar

Hampir mayoritas bisnis konvensional butuh modal besar karena harus menyewa ruko atau tempat strategis. Akan tetapi, masalah ini sudah tidak perlu kamu khawatirkan lagi karena dengan memulai bisnis online kamu tidak perlu punya toko mewah di pinggir jalan yang ramai dilalui orang.

Agar bisnis online bisa berjalan, kamu cukup menyiapkan website dengan beli hosting dan nama domain TLD agar terlihat lebih profesional. Setelah itu, kamu bisa mulai upload produk dan melakukan promosi via media sosial.

2. Bisa Dimulai dari Mana Saja

Inilah salah satu keuntungan bisnis online yang menurut kami paling relevan dengan kebutuhan anak muda jaman sekarang. Bagaimana tidak, sejak puluhan tahun lalu para pemuda yang punya bakat dan potensi mau tidak mau harus pindah merantau ke kota besar agar bisa sukses dan mendapat pekerjaan. 

Sekarang, kamu bisa memulai bisnis dari mana saja asalkan sudah terjangkau akses internet. Hal ini sedikit banyak juga mampu melancarkan tujuan sosial sebagai bentuk pemerataan ekonomi agar tidak terjadi kesenjangan sosial.

3. Promosi Lebih Cepat Diterima Oleh Calon Pelanggan

Aktivitas promosi menjadi kunci utama dalam setiap bisnis yang sedang berjalan. Menariknya, para pelaku bisnis online sendiri punya potensi untuk melakukan distrupsi pasar berkat adanya berbagai pilihan media pemasaran yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh para pelaku bisnis konvensional. Apa itu?

BACA JUGA  Cara Menonaktifkan Aplikasi WhatsApp Sementara Tanpa Uninstal

Salah satu contohnya yakni pemanfaatan media sosial. Ya, media sosial saat ini sudah berkembang dari awalnya sekadar untuk bertukar sapa dengan keluarga atau teman, kini sudah menjadi platform baru untuk menarik calon pelanggan potensial.

Jika kamu punya banyak budget untuk pemasaran, memasang iklan promo di media sosial juga relatif lebih efektif untuk dilihat banyak pelanggan potensial jika dibandingkan dengan iklan di surat kabar atau baliho di pinggir jalan. Selain itu, sifat periklanan digital juga bisa diatur secara real time dengan pilihan metrik dan variabel yang sangat fleksibel sesuai kebutuhan. Sangat menarik, bukan? 

4. Skema Pembayaran yang Lebih Praktis

Saat ini ada banyak opsi yang bisa dijadikan sebagai alat pembayaran. Mulai dari transfer Bank, internet banking, emoney, kartu kredit, crypto, hingga skema pay latter. Berbagai jenis sistem pembayaran tersebut sangat memungkinkan untuk diintegrasikan kedalam website ecommerce atau platform jualan yang saat ini kamu gunakan.

Kecanggihan teknologi serta terobosan cara pembayaran yang lebih beragam tersebut tentu akan lebih sulit dikembangkan jika bisnis kamu masih belum memanfaatkan teknologi internet agar bisa diakses secara online.

5. Bisa Beroperasi Selama 24 Jam

Berbeda dari bisnis konvensional, bisnis online bisa beroperasi dan mendatangkan konsumen selama 24 jam non stop. Apalagi jika kamu merupakan pemilik aplikasi berbasis SaaS yang bisa digunakan kapanpun oleh para pelanggan ketika sudah membayar biaya berlangganan.

Dengan mengoptimalkan teknologi, website yang menjadi tempat kamu melakukan promosi produk bisa tetap beroperasi meskipun admin sedang liburan. Alhasil, kamu tidak perlu khawatir bakal kehilangan konsumen karena mereka tetap bisa melihat produk, memilih, kemudian melakukan pembelian meskipun sudah masuk jam tengah malam.

BACA JUGA  Tonton TV Online Streaming Secara Gratis di Sini

6. Tidak Perlu Toko Fisik / Lokasi Bisnis Strategis

Terakhir, dengan menjalankan bisnis online kamu tidak perlu memiliki toko fisik untuk kebutuhan promosi dan transaksi penjualan. Pasalnya, fungsi dan peran toko sudah sepenuhnya bisa digantikan dengan website ecommerce yang bisa dibuat menggunakan CMS berbasis WordPress ataupun custom code.

Selain itu, jika bisnis konvensional mengharuskan kamu untuk memiliki lokasi strategis sebagai pusat bisnis, maka hal ini sudah semakin tidak relevan di era digital. Kamu bisa menghemat lebih banyak pengeluaran untuk membayar biaya sewa ruko di lokasi strategis dengan memindahkan operasional di daerah yang lebih sepi atau sub-urban.

Sebagai contoh, untuk mulai jualan jam tangan mewah kamu tidak harus memiliki toko di Jakarta. Tapi kamu bisa mengatur gudang dan kantor untuk customer service dan pengemasan di daerah kota satelit jakarta seperti Bogor atau Tangerang.

Itulah beberapa keuntungan menjalankan bisnis online di era digital yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan. Memulai bisnis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, baik bisnis online maupun konvensional sama-sama tetap butuh niat yang kuat, modal, serta inovasi agar tetap bisa bertahan di tengah gempuran kompetitor.

Facebook Comments

Artikulli paraprakHeboh! Bendera Merah Putih di Kantor Camat Asahan Dipasang Menyentuh Tanah
Artikulli tjetërPesulap Merah Dilaporkan ke Polisi oleh Gus Samsudin Terkait Ujaran Kebencian