Beranda NASIONAL Komjen Listyo Sigit Diprediksi Amien Rais Bakal Jadi Kapolri

Komjen Listyo Sigit Diprediksi Amien Rais Bakal Jadi Kapolri

Komjen Listyo Sigit
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo diprediksi oleh mantan Ketua MPR yang juga pendiri Partai Ummat, Amien Rais, akan dipilih Presiden Jokowi sebagai pengganti Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri.

Karena menurut Amien Rais dari beberapa nama yang beredar, ada satu Komjen Listyo Sigit yang dianggapnya cocok dengan Presiden Jokowi.

“Kalau saya tidak mendahului takdir, saya yakin yang akan dipilih Pak Jokowi itu Kabareskrim sekarang yaitu, Pak Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Kalau sampai tidak jadi, enggak apa-apa, saya malah senang,” kata Amien Rais melalui akun youtubenya Amien Rais official, Senin, 4 Januari 2020.

Dipilihnya Komjen Listyo Sigit, alasan Amien Rais karena Jenderal ini punya kedekatan dengan Jokowi karena pernah menjaga kampung halaman Jokowi di Solo saat Listyo menjadi Kapolres.

“Ini adalah logika saya sebagai pengamat, bahwa ini yang paling nyaman, yang paling aman, paling cocok dengan Pak Jokowi. Kalau saya keliru, alhamdulillah malahan, dan saya yakin ini yang dipilih,” jelas Amien.

Memang, tidak beberapa lagi Jenderal Idham Azis akan memasuki masa pension yaitu pada akhir Januari 2021. Sejumlah nama jenderal bintang tiga beredar akan menduduki kursi TB1.

Diketahui, Komjen Listyo Sigit saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri sejak 6 Desember 2019. Dia jadi Kabareskrim menggantikan Idham Azis karena dipilih Jokowi jadi Kapolri.

Listyo merupakan pria kelahiran Ambon, Maluku, 5 Mei 1969. Listyo tercatat sebagai Komjen termuda dengan usia 51 tahun. Listyo punya jabatan yang strategis, di antaranya:

Kepala Bagian Pengendalian Personel Biro Personel Polda Metro Jaya

Kepala Kepolisian Resor Pati (2009)

Kepala Kepolisian Resor Sukoharjo (2010)

Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Semarang

BACA JUGA  Amien Rais: Pemerintah Telah Habisi Demokrasi dengan Membubarkan FPI

Kepala Kepolisian Resor Kota Surakarta (2011)

Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri (2012)

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara (2013)

Ajudan Presiden RI (2014)

Kepala Kepolisian Daerah Banten (2016)

Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri (2018)

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (2019)

Facebook Comments

Artikel sebelumyaJack Ma Menghilang Secara Misterius Usai Kritik China
Artikel berikutnyaTingkat Kematian Korea Selatan Lampaui Tingkat Kelahiran