Iklan
Iklan

Kompetisi Liga 1 Segera Bergulir 20 Agustus 2021

- Advertisement -
Kompetisi sepak bola nasional Liga 1 Indonesia segera bergulir dalam waktu dekat ini. Pemerintah mendukung pelaksanaan Liga 1 ini mulai tanggal 20 Agustus dan Liga 2 pada September mendatang. 

Dukungan Pemerintah ini langsung disampaikan Menpora Zainudin Amali usai menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Polri dan BNPB/Satgas Penanganan COVID-19 di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat (6/8/2021).

“Sepanjang persyaratan sudah oke dan apa yang dipaparkan dalam rapat koordinasi tadi bisa berjalan, saya rasa tidak ada masalah (liga berjalan),” ujar Zainudin.

Dia juga menyatakan, PSSI dan LIB sudah memaparkan dengan rinci bagaimana Liga 1 dan Liga 2 musim 2021–2022 dijalankan dalam situasi pandemi covid-19.

Pertama, soal tempat pertandingan, Menpora menyebut lokasi pertandingan Liga 1 tergantung kepada situasi covid-19 daerah tersebut. Menpora, PSSI, LIB, BNPB dan Polri sepakat bahwa Liga 1 diputar di wilayah berstatus covid-19 level dua ke bawah.

Level dua berarti kasus covid-19 di daerah tersebut berjumlah 20-50 orang per 100 ribu penduduk setiap pekan. Kemudian, kondisi rawat inap 5-10 orang per 100 ribu penduduk per pekan dan angka kematian kurang dari dua orang per 100 ribu penduduk.

“Nanti kalau tiba-tiba kasus covid-19 di sana naik, maka penyelenggara berjanji memindahkan tempat pertandingan ke lokasi yang berlevel di bawahnya. Jadi ini fleksibel,” papar Zainudin.

Kemudian tentang protokol kesehatan, Menpora menyebut PSSI dan LIB sudah memiliki pengalaman dari turnamen pramusim Piala Menpora 2021. PSSI dan LIB pun berjanji, prosedur kesehatan di liga akan lebih ketat yang salah satunya mewajibkan semua yang terlibat menjalani vaksinasi covid-19.

Menpora percaya penuh kepada PSSI dan LIB. Apalagi, para pemain dan klub sudah menyatakan siap dikenai sanksi jika melanggar protokol kesehatan (prokes).

“Jadi, kami yakin penyelenggara mampu melaksanakan liga dan menjaga protokol kesehatan dengan disiplin,” kata Zainudin.

Setelah mengalami penundaan akibat aturan PPKM, Liga 1 Indonesia akhirnya bisa dimulai pada 20 Agustus 2021 hingga Maret 2022. Untuk Liga 2 baru diketahui bakal bergulir September dengan kepastian waktu pelaksanaan dan teknisnya bakal diinformasikan lebih lanjut.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA