Iklan
Iklan

Korban Gempa Turki dan Suriah 1.800 Orang Dinyatakan Tewas

- Advertisement -
Korban gempa Turki dan Suriah terus bertambah hingga kini tercatat 1.800 orang lebih dinyatakan tewas di dua negara tersebut. Gempa berkekuatan 7,8 skala Richter berpusat di Turki Selatan atau di distrik Pazarcik, Provinsi Kahramanmaras yang berbatasan dengan Suriah.

Diperkirakan korban gempa Turki dan Suriah ini jumlahnya akan terus meningkat. Diduga ribuan orang masih tertimbun di reruntuhan bangunan di dua negara tersebut.

Gempa berkekuatan 7,5 SR menyusul gempa dahsyat 7,8 di Turki tenggara, juga menyebabkan kerusakan di Suriah utara. Setidaknya 1.014 kematian dilaporkan di Turki, sementara 783 orang tewas di Suriah.

Survei Geologi AS mengatakan gempa itu berpusat sekitar 33 km (20 mil) dari Gaziantep, kota besar dan ibu kota provinsi. Kedalamannya sekitar 18 km (11 mil), dengan gempa 7,5 melanda di wilayah yang sama beberapa jam kemudian di tengah beberapa gempa susulan.

Kementerian kesehatan Suriah mengatakan jumlah korban tewas naik menjadi “1.284 terluka dan 403 tewas di provinsi Aleppo, Latakia, Hama, Tartus” atau semua wilayah yang dikuasai pemerintah.

Kelompok penyelamat White Helmets yang beroperasi di daerah-daerah yang dikuasai pemberontak mengatakan “jumlah korban tewas akibat gempa bumi di barat laut Suriah telah meningkat menjadi lebih dari 380 dan lebih dari 1.000 terluka”.

Guncangan gempa berkekuatan 7,8 skala Richter di Turki dirasakan sejauh Greenland, kata Survei Geologi Denmark dan Greenland.

“Gempa bumi besar di Turki jelas terdaftar di seismograf di Denmark dan Greenland,” kata seismolog Tine Larsen kepada kantor berita AFP.

“Gelombang dari gempa mencapai seismograf di pulau Bornholm, Denmark, sekitar lima menit setelah guncangan dimulai,” kata Larsen tentang gempa, yang melanda pada pukul 4.17 (01.17 GMT).

“Delapan menit setelah gempa, guncangan mencapai pantai timur Greenland, merambat lebih jauh melalui seluruh Greenland,” tambahnya.

Selain kehancuran akibat gempa bumi, Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan pihak berwenang sedang berjuang dengan “kondisi cuaca yang sangat parah”.

“Kami berusaha menjangkau wilayah itu secepat mungkin,” kata Oktay kepada media.

Gambar-gambar TV dari operasi penyelamatan di kota Diyarbakir, Turki tenggara, menunjukkan lusinan penyelamat dan sukarelawan mencari melalui puing-puing dengan jaket musim dingin mereka dan syal wajah dengan salju di tanah saat mereka mati-matian mencari yang selamat.

“Ini dingin, dan banyak orang telah kehilangan rumah – mereka berada di tempat terbuka, dan sudah di utara Suriah adalah rumah bagi jutaan orang yang tinggal di tenda,” katanya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA