Iklan
Iklan

Korban Tewas dalam Pembantaian Massal di Monterey Park Bertambah Jadi 11 Orang

- Advertisement -
Korban tewas dalam pembantaian massal di sebuah studio dansa ballroom di Monterey Park bertambah menjadi 11 orang. Satu orang yang sebelumnya terluka parah akhirnya meninggal dunia.

Satu orang korban meninggal akibat pembantaian massal tersebut merupakan manajer dari studio dansa ballroom tempat peristiwa penembakan terjadi.

Pembantaian massal itu terjadi hari Sabtu (21/1/2023) malam, dalam suasana perayaan tahun baru imlek di Monterey Park, yang dirayakan oleh komunitas mayoritas Asia-Amerika di daerah Los Angeles.

Korban bernama Ming Wei Ma, dikenal sebagai “Tuan Ma”, meninggal ketika pelaku berusia 72 tahun datang memasuki Star Ballroom dan melepaskan tembakan.

Saksi mata mengatakan kepada CBS News bahwa Ma “adalah orang pertama yang terburu-buru mencoba menghentikan pelaku penembakan massal tersebut”.

Kantor koroner county Los Angeles – yang yurisdiksinya mencakup Monterey Park – belum mengkonfirmasi nama Ma di antara yang tewas pada Senin pagi, pada saat agensi menyebut dua wanita, My Nhan, 65, dan Lilan Li, 63, sebagai satu-satunya korban yang diidentifikasi secara publik sejauh ini.

Namun, laporan kematian Ma dikuatkan oleh Dariusz Michalski, seorang instruktur dansa ballroom profesional di Star Ballroom, yang memposting ke Facebook foto keduanya bersama dengan penghormatan yang tulus kepada seorang pria yang dia sebut “temannya”.

Pihak berwenang masih belum mengkonfirmasi motif penembakan itu, yang juga menyebabkan setidaknya sembilan orang lainnya terluka, tetapi sumber penegak hukum mengatakan kepada outlet berita lokal bahwa mereka percaya penembak telah sering mengunjungi dua studio tari yang dia targetkan, sehingga memungkinkan bahwa penembakan itu dimotivasi oleh semacam perselisihan pribadi, termasuk kekerasan pasangan intim.

Penyelidik saat ini percaya bahwa penembak itu sengaja menargetkan beberapa korban, sementara yang lain terbunuh secara acak, kata seorang pejabat penegak hukum kepada New York Times.

Pihak berwenang mengatakan bahwa beberapa menit setelah melepaskan tembakan di Star Ballroom, penembak muncul di studio tari kedua di dekat Alhambra, di mana dia dilucuti oleh seorang pekerja yang sekarang dipuji karena menyelamatkan nyawa.

Keesokan paginya, pria bersenjata bernama Huu Can Tran, ditemukan tewas di sebuah van di kota Torrance karena luka tembak yang dilakukannya sendiri.

Henry Lo, Walikota Monterey Park, yang pernah digambarkan sebagai Chinatown pinggiran kota pertama, mengatakan kepada CNN pada hari Senin bahwa penembak itu adalah “peserta yang sering menghadiri ruang dansa”.

Beberapa orang yang mengenal penembak itu, termasuk mantan istrinya, mengatakan kepada outlet media bahwa dia memiliki “temperamen panas”, dan sensitif tentang bagaimana dia dipersepsikan.

Departemen kepolisian di kota California tempat dia tinggal mengatakan dia telah berulang kali mengunjungi kantor polisi pada awal Januari untuk mengeluh bahwa keluarganya telah mencoba meracuninya.

Mantan istri Tran mengatakan dia telah bertemu dengannya saat menari di Star Ballroom dua dekade lalu, dan bahwa dia telah menawarkan pelajaran menarinya.

Outlet berita mengatakan tidak menyebutkan nama mantan istrinya karena sensitivitas insiden itu, dan bahwa pasangan itu telah bercerai pada tahun 2005.

Mantan istrinya mengatakan dia tidak pernah melakukan kekerasan terhadapnya, tetapi bahwa dia “akan marah jika dia melewatkan langkah menari karena dia merasa itu membuatnya terlihat buruk”, seperti dilaporkan CNN.

Seseorang pelanggan lama studio tersebut mengungkapkan bahwa pelaku merupakan orang yang agresif dan mencurigakan yang memiliki sedikit teman, dan mengatakan bahwa dansa ballroom adalah satu-satunya aktivitas sosialnya.

Dia mengatakan kepada Reuters pelaku mengeluh bahwa orang-orang di studio Star Ballroom berbicara di belakangnya.

“Dia adalah penari yang baik menurut saya,” ujarnya.

Pihak berwenang masih menyelidiki terkait senjata yang digunakan pelaku, termasuk senjata yang menurut sheriff county Los Angeles tampaknya ilegal di California, serta menyelidiki tanda-tanda peringatan atau perubahan perilakunya pada minggu-minggu sebelum penembakan.

Pada awal Januari tahun ini, pelaku melakukan dua kunjungan ke lobi departemen kepolisian di Hemet, California, tempat dia tinggal, “menuduh tuduhan penipuan, pencurian, dan keracunan masa lalu yang melibatkan keluarganya di daerah Los Angeles 10 hingga 20 tahun yang lalu”, kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.

“Tran menyatakan dia akan kembali ke stasiun dengan dokumentasi mengenai tuduhannya tetapi tidak pernah kembali,” kata departemen itu.

Departemen sheriff county Los Angeles telah menggeledah kediaman penembak Hemet, kata polisi setempat.

Catatan publik dan bisnis menunjukkan bahwa pria berusia 72 tahun itu telah menjalankan perusahaan truk dengan alamat di Monterey Park, dan bahwa dia telah tinggal di daerah Los Angeles setidaknya sejak 1990-an. Mantan istrinya mengatakan kepada CNN bahwa dia telah beremigrasi ke AS dari China.

Kerabat My Nhan, salah satu wanita yang terbunuh di Star Ballroom, mengatakan di media sosial bahwa mereka “hancur” oleh kematiannya.

Para pejabat belum secara terbuka mengidentifikasi delapan korban lainnya sambil menunggu pemberitahuan kepada kerabat mereka. Pihak berwenang tidak mengungkapkan usia untuk kematian ke-11, yang diumumkan oleh departemen layanan kesehatan kabupaten LA.

Departemen tersebut mengatakan bahwa tiga korban tambahan dari penembakan itu masih dirawat di LAC+USC Medical Center. “Satu tetap dalam kondisi serius. Dua lainnya sudah pulih,” kata departemen itu.

Pembunuhan di Monterey Park termasuk di antara 36 penembakan massal di AS sejauh tahun ini, menurut Gun Violence Archive. Arsip tersebut mengklasifikasikan penembakan di mana setidaknya empat orang terluka dan terbunuh.

Pada usia 72, Tran merupakan pembunuh massal tertua kedua di AS selama hampir 20 tahun terakhir, Menurut database yang dikumpulkan oleh Associated Press, USA Today dan Northeastern University. Pada 2011, seorang pria berusia 73 tahun membunuh lima orang di Yuma County Arizona sebelum bunuh diri.

Source: theguardian.com

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA