Iklan
Iklan

Kota Paris Mencekam Akibat Kerusuhan Usai Seorang Remaja Usia 17 Tahun Ditembak Polisi

- Advertisement -
Kota Paris mencekam akibat kerusuhan yang dilakukan sejumlah pemuda di ibu kota Prancis tersebut. Menyusul terjadinya penembakan terhadap seorang remaja berusia 17 tahun di Kota berpenduduk 2 juta lebih ini.

Sebagian besar kota Paris mencekam seperti di medan pertempuran, Selasa malam. Diawali ketika sorang remaja berusia 17 tahun, Nahel, dihentikan oleh polisi sekitar pukul 8.30 waktu setempat, karena mengemudi yang tidak menentu.

Menurut laporan, Nahel tidak berhenti di pos pemeriksaan karena mengemudi tanpa SIM. Pada saat dua petugas menanyai remaja itu melalui jendela, kendaraannya tiba-tiba melaju kencang dan petugaspun melepaskan tembakan.

Satu peluru bersarang di dada Nahel dan diatewas di tempat kejadian.

Alasan polisi melepaskan tembakan untuk membela diri karena takut akan nyawa mereka. Namun tak lama setelah pernyataan itu, rekaman penembakan yang diambil oleh seorang penduduk setempat beredar di media sosial.

Rekaman video tersebut bertolak belakang dengan keterangan polisi dan menunjukkan dua polisi tersebut tidak dalam bahaya ditabrak.

Petugas yang melepaskan tembakan tersebut telah ditangkap dan penyelidikan pun dilakukan ke ‘kemungkinan pembunuhan yang disengaja oleh seseorang yang memegang posisi otoritas publik’. Penyelidikan terpisah juga dilakukan terhadap tindakan korban.

Kepala polisi Paris, Laurent Nunez, mengakui bahwa tindakan polisi itu ‘menimbulkan pertanyaan’ dan Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin mengakui di parlemen rekaman insiden itu ‘sangat mengejutkan’.

Darmanin juga mendesak masyarakat untuk menghormati ‘praduga tak bersalah polisi’ dan kesedihan pihak keluarga korban.

Kemarahan keluarga Nahel terjadi pada Selasa malam. “Cucu saya sudah meninggal, mereka membunuh cucu saya,” ujar neneknya kepada wartawan.

“Saya menentang pemerintah. Mereka telah membunuh cucuku … Saya tidak akan pernah memaafkan mereka untuk ini dalam hidup saya, tidak pernah.”

Kerusuhan pun akhirnya pecah di Nanterre pada sore hari dan berlanjut hingga malam. Polisi anti huru hara direkrut dan setidaknya 20 penangkapan dilakukan. Di antara bangunan yang terbakar adalah sekolah dasar dan pusat rekreasi.

Roket buatan sendiri ditembakkan ke polisi dan mobil serta skuter dibakar.

Sementara di pinggiran kota Paris lainnya, termasuk Mantes-la-Jolie, di sebelah barat ibukota, di mana balai kota dibom. Orang-orang juga turun ke jalan dalam kemarahan di Colmar, Bordeaux dan Marseille.

Presiden Macron saat ini sedang dalam kunjungan tiga hari ke Marseille, sebuah kota yang telah menjadi tempat perang narkoba brutal tahun ini, dan ketakutannya adalah bahwa gangguan tersebut menyebar dan meningkat seperti yang terjadi pada tahun 2005.

Yaitu ketika itu terjadi kematian remaja Zyed Benna dan Bouna Traore, tersengat listrik setelah mereka memasuki gardu listrik di pinggiran Paris Clichy-sous-Bois, diduga untuk menghindari polisi. Kerusuhan pecah pada malam tragedi itu dan, dalam upaya untuk mengatasi masalah, sebuah granat gas air mata polisi menghantam sebuah masjid.

Dalam beberapa hari saat itu Prancis dilanda kekerasan massa dan presiden Jacques Chirac terpaksa mengumumkan keadaan darurat, memberlakukan jam malam di beberapa kota dan pembatasan pergerakan orang.

Kaum kiri bereaksi dengan kemarahan atas kematian Nahel. “Ya, menolak untuk mematuhi hukum adalah melanggar hukum, tetapi kematian bukanlah salah satu hukuman yang ditetapkan dalam KUHP,” tweet Manuel Bompard, seorang anggota parlemen di La France Insoumise.

Anggota parlemen Hijau Sandrine Rousseau mengatakan bahwa “penolakan untuk mematuhi tidak bisa menjadi hukuman mati.”

Jean-Luc Melenchon, tokoh veteran sayap kiri Prancis, memiliki kebencian lama terhadap polisi dan tahun lalu menuduh mereka membunuh tanpa pandang bulu. Menanggapi insiden terakhir dia menyatakan: “Tidak ada petugas polisi yang memiliki hak untuk membunuh kecuali untuk membela diri … kepolisian ini, yang tidak dikendalikan oleh pihak berwenang, mendiskreditkan otoritas Negara. Itu harus dirombak total.’

Tahun lalu 13 orang tewas oleh polisi setelah menolak berhenti untuk kontrol lalu lintas dan lima petugas menghadapi dakwaan sehubungan dengan kematian tersebut. Polisi mengatakan itu adalah hasil dari masyarakat yang semakin keras tetapi kritikus mereka, seperti Melenchon, percaya bahwa mereka di luar kendali.

Diduga bahwa salah satu polisi terdengar memberi tahu Naël bahwa dia ‘akan mendapatkan peluru di kepala’ sesaat sebelum tembakan dilepaskan. Itu adalah salah satu klaim yang akan diselidiki dalam beberapa hari dan minggu mendatang; sementara itu, Prancis yang cemas harus menunggu dan melihat apakah kerusuhan tadi malam adalah satu kali atau awal dari sesuatu yang lebih serius.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA