Beranda HUKUM KPK Akan Dalami Hubungan Samin Tan dengan Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan

KPK Akan Dalami Hubungan Samin Tan dengan Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan

Samin tan
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera mendalami hubungan tersangka Samin Tan dengan mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan dan politikus Partai Golkar Melchias Markus Mekeng.

Hal itu dilakukan setelah KPK berhasil menangkap Samin Tan yang buron sejak Mei 2020 lalu “Tentunya nanti kita akan kembangkan. Pak Mekeng, Pak Jonan, nanti kita lihat sejauh mana perannya,” ujar Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto, Selasa (6/4/2021).

Karyoto juga mengungkapkan, dengan tertangkapnya bos PT Borneo Lumbung Energi dan Metal Tbk (PT BORN) ini diharapkan akan membawa bukti baru terkait perkara yang menjeratnya itu. Dia mengatakan, keterangannya diharapkan semakin membuat konstruksi perkara semakin jelas.

“Bagi-bagiannya berapa kan nanti kita lihat. Bukan hanya pengakuan saja, kira kira terhadap apa dia diberi dan berbuat untuk apanya jelas kalau itu dengan pasal suap,” jelasnya.

Samin Tan

Samin Tan merupakan penyuap mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eni Maulani Saragih dalam perkara pengurusan terminasi kontrak Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) PT Asmin Koalindo Tuhup di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Suap diberikan agar Eni membantu proses pengurusan terminasi kontrak PKP2B PT AKT di Kementerian ESDM. PT AKT telah diakuisisi PT BORN. Eni Maulana kemudian menyanggupi permintaan Samin dan selanjutnya, menggunakan forum rapat dengar pendapat untuk mempengaruhi Kementerian ESDM.

Atas perbuatannya, Samin disangkakan melanggar Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Facebook Comments