Iklan
Iklan

Lima Anggota KKB Tewas Diterjang Peluru Aparat TNI-Polri di Papua

- Advertisement -

Lima anggota KKB tewas diterjang peluru aparat TNI-Polri pada saat terjadinya aksi baku tembak antara Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan aparat TNI-Polri di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

Dua dari lima anggota KKB yang tewas tersebut adalah Komandan Batalion dan Wakil Kepala Intelijen kelompok separatis itu sendiri.

Identitas kelima anggota KKB itu telah diketahui. Hal itu dijelaskan Kasatgas Damai Cartenz Kombes Pol Faizal Ramadhani.

“Memang benar dari lima orang KKB yang tewas saat baku tembak di Serambakon, Sabtu (20/9/2023), teridentifikasi dua di antaranya memiliki jabatan yakni Otobius Bidana Mimin menjabat komandan batalion pemerasta,” ujar Kombes Faizal, Selasa (3/10/2023).

Sedangkan Neas Ati Mimin yang menjabat sebagai Wakil Kepala Bidang Intelijen.

Sedangkan tiga jenazah lainnya teridentifikasi yakni Alek Lepki, Tarkus Akmer, dan Okto Kasipka. “Mereka adalah anggota KKB Kodap XXXV Bintang Timur,” tambah Faizal.

Sementara, Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Muhammad Davi Bustomo mengungkapkan, lima jenazah anggota KKB telah diidentifikasi di RSUD Oksibil.

Jasad-jasad itu kemudian diserahterimakan pada Plt Sekda Pegunungan Bintang untuk dimakamkan.

Mereka kemudian dikuburkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Okpol, Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Selasa (3/10/2023).

“Anggota KKB itu tewas setelah kontak senjata yang terjadi Sabtu (30/9/2023),” kata Muhammad Davi.

Sebelumnya, KKB terus berulah di Pegunungan Bintang. Pada Senin (18/9/2023), satu anggota Brimob gugur setelah tertembak oleh KKB di Distrik Serambakon saat aparat berpatroli.

KKB juga melakukan penembakan terhadap warga sipil di sebuah rumah pada Senin (18/9/2023) malam. Keduanya pun mengalami luka.

Keesokan harinya atau pada Selasa (19/9/2023), KKB menembak seorang anggota Satpol PP Pegunungan Bintang hingga terluka.

Pada Sabtu (30/9/2023), aparat melakukan penyergapan sampai terjadi baku tembak dengan KKB di Distrik Serambakon, Oksibil.

Dalam peristiwa tersebut lima orang anggota KKB tewas. Aparat juga menyita tiga senjata api dari KKB.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA