Iklan
Iklan

Link Cek Formasi CPNS 2023 di Kemenag dan Rilis Pengumuman dari 5 Kementerian

- Advertisement -
Inilah link cek formasi CPNS 2023 di Kemenag sekaligus link pendaftaran CPNS 2023. Baca juga lima kementerian yang sudah merilis pengumuman formasi CPNS 2023 dan dua di antaranya ada BRIN dan KPK.

Untuk pengumuman formasi CPNS 2023 di Kemenag dan kementerian lain akan dibuka pada 16-30 September 2023. Sementara pendaftaran CPNS 2023 akan dimulai pada 17 September 2023.

Inilah 5 Kementerian dan Lembaga yang sudah mengumumkan formasi CPNS 2023:

1. Kejaksaan RI

Kejaksaan RI telah mengumumkan bahwa pihaknya membutuhkan sebanyak 7.846 formasi untuk pendaftaran CPNS 2023. Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan bahwa pelamar bisa mendapatkan informasi lebih lanjut di media sosial Kejaksaan RI.

Formasi CPNS Kejaksaan 2023 yang dibuka meliputi jaksa, pengelola penanganan perkara, petugas barang bukti, hingga penjaga tahanan.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Kemenkumham selalu memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/SMK untuk mendaftar pada jabatan petugas barang bukti dan penjaga tahanan.

2. Kemenkumham

Sebanyak 1.015 formasi CPNS untuk tahun 2023 sudah diumumkan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Kemenkumham juga membuka 1.563 formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sayangnya, pengumuman formasi ini belum dilengkapi dengan persyaratan pendaftaran. Informasi tersebut akan disampaikan menjelang pembukaan pendaftaran.

3. Mahkamah Agung

Tahun ini, Mahkamah Agung membuka 1.669 formasi dalam pendaftaran CPNS 2023. Formasi ini meliputi 25 formasi untuk ahli pertama pranata peradilan dan 1.644 formasi untuk kleker analis perkara peradilan.

4. BRIN

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membuka sebanyak 500 formasi CPNS untuk peneliti ahli muda. Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengonfirmasi kabar tersebut.

Iya benar (ada pembukaan 500 formasi CPNS 2023), hanya untuk kualifikasi minimal S3, kata Laksana, Rabu (6/9/2023).

5. KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi juga telah mengumumkan formasi CPNS 2023. Ada 214 formasi CPNS yang dibuka oleh KPK, tetapi detail informasinya belum diumumkan.

Juru bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan agar pelamar menunggu pengumuman lebih lanjut pada 16 September.

Link Cek Formasi Kemenag 2023

Dalam rekrutmen CASN tahun-tahun sebelumnya, formasi CPNS dan PPPK Kemenag diumumkan melalui link https://casn.kemenag.go.id/.

Setelah klik link tersebut, Anda bisa mengetahui formasi CPNS Kemenag 2023 dengan cara mencari berdasarkan nama jabatan atau syarat jurusan.

Selain itu, cek formasi CPNS Kemenag 2023 juga bisa dilakukan melalui laman sscasn.bkn.go.id ketika pendaftaran telah dibuka.

Syarat Pendaftaran Seleksi CPNS Kemenag 2023

Secara umum, syarat pendaftaran CPNS Kemenag 2023 adalah sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.
  • Tak pernah terlibat dalam aktivitas kejahatan.
  • Tak pernah dipecat secara tak baik dari pekerjaan sebelumnya.
  • Tak menjadi pegawai negeri sipil (ASN), CPNS, anggota TNI, atau sejenisnya.
  • Tak memiliki afiliasi dengan partai politik dalam bentuk praktik aktif.
  • Memiliki pendidikan yang relevan dengan posisi yang dilamar.
  • Kondisi fisik dan mental yang sehat.
  • Siap ditempatkan di berbagai wilayah di Indonesia.
  • Dokumen Persyaratan CPNS Kemenag 2023

Dokumen persyaratan yang harus disiapkan untuk mendaftar CPNS Kemenag 2023, adalah:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah pendidikan terakhir
  • Transkrip Nilai.
  • Akta Kelahiran
  • Pasfoto terbaru

Demikian cara cek formasi CPNS Kemenag 2023. Pastikan Anda terus memantau perkembangan seleksi CASN di laman resmi Kemenag atau BKN di laman bkn.go.id.

Link dan Cara Daftar CPNS 2023

  1. Buka laman resmi pendaftaran SSCASN dengan mengakses daftar-sscasn.bkn.go.id/ akun atau klik di sini.
  2. Isilah kolom yang diminta dengan informasi pribadi Anda, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan KTP, Nomor Kartu Keluarga, nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor handphone yang aktif, dan alamat email pribadi yang masih aktif.
  3. Setelah mengisi semua informasi di atas, ketiklah kode Captcha yang muncul di halaman tersebut untuk memastikan bahwa Anda bukan robot.
  4. Klik “Lanjutkan” untuk melanjutkan proses pendaftaran.
  5. Lanjutkan dengan mengunggah foto scan KTP Anda dan swafoto sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ini adalah langkah penting, pastikan dokumen yang diunggah sesuai persyaratan.
  6. Jika semua informasi sudah benar dan dokumen sudah diunggah dengan baik, klik “Proses Pendaftaran Akun” untuk memproses pendaftaran akun Anda.
  7. Sebelum menyelesaikan proses pendaftaran akun, akan muncul konfirmasi.
  8. Pastikan Anda telah memeriksa kembali semua informasi yang Anda berikan.
  9. Jika semuanya sudah benar, klik “Iya” untuk melanjutkan.

 

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA