Iklan
Iklan

Link Pendaftaran CPNS 2023 untuk Tamatan SMA dan SMK

- Advertisement -
Pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan SMA dan SMK di sscasn.bkn.go.id. akan segera dibuka. Mereka yang berminat mendaftar rekrutmen besar-besaran pegawai negeri ini pun mulai mempersiapkannya.

Salah satunya dengan mengetahui cara pendaftaran CPNS 2023. Diketahui, pendaftaran CPNS akan dibuka pada bulan September 2023 mendatang. Sebab, rekrutmen ini tidak hanya dibuka untuk kalangan sarjana saja.

Sebagai informasi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan 572.496 formasi ASN akan dibuka.

Dari jumlah tersebut, 78.862 formasi akan dialokasikan untuk instansi pemerintah pusat. Sementara 493.634 formasi akan tersedia di berbagai pemerintah daerah.

Secara rinci, alokasi formasi CASN di pemerintah pusat mencakup 28.903 formasi untuk CPNS dan 49.959 formasi untuk PPPK.

Di tingkat pemerintah daerah, alokasi PPPK akan berfokus pada guru 296.084 formasi, tenaga kesehatan 154.724 formasi, dan teknis 42.826 formasi.

Dari jumlah formasi tersebut, belum ada formasi secara rinci tiap masing-masing instansi. Pelamar bisa cek formasi di SSCASN apabila rekrutmen CPNS 2023 telah dibuka.

Namun, jika dilihat pada rekrutmen tahun-tahun sebelumnya, ada sejumlah instansi yang membuka pendaftaran CPNS 2023 untuk lulusan SMA sederajat, yaitu sebagai berikut.

1. Basarnas

Badan SAR Nasional yang disingkat Basarnas membuka lowongan kerja untuk lulusan SMA/SMK. Mereka yang lolos akan ditempatkan di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

2. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung (Kejagung) juga membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA/SMK. Total ada 990 formasi, terdiri atas tenaga administrasi penanganan perkara dan pengawal tahanan.

3. Kementerian Pertanian

Lowongan CPNS untuk lulusan SMA/SMK juga tersedia di Kementerian Pertanian juga dibuka. Namun masih belum ada informasi resmi mengenai bidang yang membutuhkan tenaga kerja lulusan SMA/SMK.

4. BIN

Badan Intelijen Negara (BIN) menyediakan formasi CPNS untuk lulusan SMA/SMK. Bidang yang membutuhkan tenaga lulusan SMA/SMK antara lain administrasi rekam medis dan informasi serta pramu laboratorium.

5. Kemenkumham

Kementerian Hukum dan HAM juga membuka lowongan untuk lulusan SMA/SMK. Posisi yang membutuhkan tenaga tambahan adalah sebagai penjaga tahanan.

6. Kementerian Pertahanan

Posisi yang membutuhkan tenaga lulusan SMA/SMK di Kementerian Pertahanan adalah pengemudi ambulan dan kataloger pemula.

7. Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA/SMK untuk mengisi posisi perekayasa, petugas pertolongan kecelakaan penerbangan, dan pemadam kebakaran.

Total kebutuhan Kemenhub untuk tenaga kerja baru adalah 684 formasi.

8. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH)

Kementerian lingkungan hidup membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA/SMK yang bisa menjadi polisi hutan.

Link Pendaftaran CPNS 2023 Lulusan SMA dan SMK

Pendaftaran CPNS 2023 dilakukan di laman SSACSN atau situs masing-masing instansi. Jika melalui SSCASN, caranya sebagai berikut:

  1. Masuk ke situs daftar-sscasn.bkn.go.id/akun.
  2. Isilah kolom bertuliskan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP, Nomor Kartu Keluarga, nama lengkap, tempat tanggal lahir, nomor handphone yang aktif, dan email pribadi yang aktif.
  3. Setelah mengisi itu semua, ketik kode Captcha yang muncul di laman tersebut.
  4. Lalu, klik “Lanjutkan”.
  5. Lengkapi data yang diperlukan selanjutnya unggah foto scan KTP dan swafoto sesuai ketentuan, klik “lanjutkan”.
  6. Jika sudah benar klik “Proses Pendaftaran Akun” untuk memproses pendaftaran akun.
  7. Sebelum mengakhiri proses pendaftaran akun akan muncul konfirmasi dan klik “Iya”.
  8. Nanti akan muncul tampilan bahwa pendaftaran selesai dan keluar pilihan cetak informasi pendaftaaran (untuk mencetak) dan lanjutkan login pendaftaran (untuk ke tahap selanjutnya).
  9. Setelah selesai semuanya, maka pelamar ASN akan masuk ke halaman utama portal SSCASN untuk melakukan login dengan akun yang didaftarkan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA