Iklan
Iklan

Mantan Gubernur Sumbar Azwar Anas Meninggal Dunia di Usia 90 Tahun

- Advertisement -
Mantan Gubernur Sumatera Barat, Azwar Anas Datuak Rajo Suleman dikabarkan meninggal dunia, Minggu (5/3/2023) sekitar Pukul 11.40 WIB usai di RSPAD Gatot Subroto. Politikus dan tokoh Minang ini mengalami gangguan pernapasan dan harus dirawat intensif di rumah sakit.

Azwar Anas yang merupakan mantan Gubernur Provinsi Sumatera Barat periode 1077 hingga 1987 Seusai menjabat gubernur, pada 1988 Presiden Soeharto mengangkatnya menjadi Menteri Perhubungan dalam Kabinet Pembangunan V.

Pada 1991, ia dipercaya menjadi Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) hingga 1999. Masa itu PSSI berhasil mengadakan kompetisi Ligina, gabungan perserikatan, dan Galatama.

Pada 1993, Azwar Anas diangkat menjadi Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dalam Kabinet Pembangunan VI. Tak lama kemudian ia bersama Soesilo Soedarman menerima kenaikan pangkat kehormatan menjadi purnawirawan letnan jenderal TNI.

Azwar merupakan tokoh nasional yang lahir pada 2 Agustus 1933 di Padang, Sumatera Barat. Ia juga dikenal sebagai politikus dan tokoh minang yang berkontribusi untuk pembangunan di provinsi Sumbar dan nasional.

Kehidupan Keluarga

Azwar Anas menikah dengan Djusmeini, dan memiliki lima orang anak. Anak pertamanya Ria Prima Pusparini meninggal pada 10 November 1971 dalam kecelakaan pesawat Merpati yang juga ditumpangi oleh seniman Huriah Adam.

Anak-anak berikutnya bernama Ary Irsyad Riadi, Roy Irza Farabi, Ronny Pahlawan, dan Maya Devita. Keempat anak itu lulusan Amerika Serikat.

Djusmeini meninggal dunia di Bandung pada 16 Desember 2009. Ronny Pahlawan menikahi calon istrinya di depan jenazah ibunya sebelum dimakamkan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA