Iklan
Iklan

Mayoritas Konsumen di Asia Tenggara Mencari Produk Melalui eCommerce

Lazada merilis laporan thought leadership, Lazada Sponsored Solutions (LSS), "Transforming Southeast Asia: From Discovery to Delivery", di LazMall Brands Future Forum (BFF) 2022 yang diadakan di Resorts World Sentosa.

- Advertisement -
Konsumen di Asia Tenggara ternyata lebih tertarik mencari produk langsung melalui eCommerce, hal itu terungkap dalam acara LazMall Brands Future Forum (BFF).

Sekarang dalam edisi ketiganya, LazMall Brands Future Forum (BFF) adalah acara perdagangan yang menyatukan para pemimpin industri di kawasan Asia Tenggara dan juga mitra Lazada untuk bertukar ide dan inovasi yang bertujuan untuk memungkinkan merek dan penjual berkembang dan menawarkan pengalaman ritel yang berbeda di Asia Tenggara.

Acara ini menampilkan presentasi dari para eksekutif Lazada, diskusi panel dengan merek-merek ternama LazMall, serta booth interaktif yang menampilkan beberapa teknologi pengalaman berbelanja di Lazada.

Dengan penetrasi konsumen yang merupakan pengguna eCommerce yang diperkirakan akan mencapai 413 juta pengguna pada tahun 2025, perjalanan belanja yang lebih dinamis melihat 57% pembeli di kawasan ini mencari produk langsung di pasar eCommerce.

Pergeseran dari mesin pencari yang umum digunakan ini menyoroti pentingnya solusi pemasaran eCommerce dan digitalisasi bisnis untuk tetap tangguh dan relevan di tengah kenaikan suku bunga global dan tekanan inflasi.

“Pasar eCommerce seperti Lazada telah melampaui media sosial dan mesin pencarian untuk menjadi saluran penemuan pilihan. Perubahan perilaku dan pola pikir selama dua tahun terakhir telah mendorong lebih banyak konsumen berkualitas tinggi yang mencari produk otentik berkualitas tinggi, dan pengalaman yang berkualitas, untuk datang ke LazMall. Brand sekarang memiliki kesempatan untuk membangun mindshare dan terhubung dengan konsumen menggunakan alat dari Lazada, untuk mempercepat pertumbuhan mereka di ruang eCommerce dan melibatkan audiens yang tepat,” kata James Dong, Chief Executive Officer, Lazada Group yang memberikan keynote speech pada acara tersebut.

Di waktu yang bersamaan melalui pidatonya, James Chang, Chief Business Officer Lazada Group dan Brigitte Daubry, Chief Customer Officer Lazada Group menyampaikan bahwa LazMall tetap menjadi penawaran utama yang akan terus dikembangkan dan diinvestasikan untuk dapat meningkatkan pengalaman, keterlibatan, dan retensi pelanggan.

Industri eCommerce di Asia Tenggara mengalami pertumbuhan luar biasa dari 2019 hingga 2021, didorong oleh pemakaian pembeli yang belum pernah terjadi sebelumnya selama pandemi.

Bahkan ketika konsumen melanjutkan gaya hidup pasca-pandemi mereka, Chang mengungkapkan bahwa Lazada tetap percaya diri karena pembeli terus membeli, dengan 8 dari 10 konsumen terus berbelanja online untuk kemudahan dan kenyamanan, meskipun pengeluaran rata-rata per pengguna lebih rendah dibandingkan dua tahun terakhir.

LazMall juga melihat lonjakan pertumbuhan pembeli yang tak terduga, dan terus bergerak maju serta memusatkan upayanya dengan menarik dan mempertahankan pelanggan di luar harga dan promosi.

Memperkuat sentimen Chang, Daubry berbicara tentang pentingnya pemahaman dan wawasan pelanggan yang mendalam dalam menciptakan nilai lebih bagi pembeli, dan untuk memberi mereka pengalaman ritel yang berbeda dari toko offline dan pemain industri lainnya.

Survei Lazada menemukan bahwa kelekatan dan retensi pelanggan kemungkinan besar terjadi dengan pilihan produk yang lebih luas, harga yang kompetitif, peningkatan kenyamanan dan pilihan yang bervariasi, serta pengalaman berbelanja yang sangat dipersonalisasi.

Laporan LSS menunjukkan bahwa penemuan yang dipimpin oleh pencarian dan rekomendasi produk membantu pembeli dalam proses pengambilan keputusan, dengan 94% pembeli menggunakan fungsi pencarian untuk menemukan produk di Lazada, dan 94% benar-benar membeli produk yang mereka temukan melalui pencarian. Selain itu, 71% pembeli membeli produk dari hasil fitur ‘Rekomendasi’ Lazada yang disesuaikan untuk pengguna.

Teknologi canggih Lazada, yang didukung oleh infrastruktur cloud Alibaba, adalah pendorong di balik penawaran yang ada di platform, mulai dari keterlibatan konsumen, pemberdayaan penjual, dan integrasi mitra. Howard Wang, Chief Technology Officer Lazada Group menjelaskan bagaimana kecerdasan data perusahaan membantu merek dan penjual menargetkan audiens dengan lebih akurat, dan meningkatkan konversi.

Wang berbagi bahwa ini semakin diperkuat dengan penggunaan augmented reality (AR), yang meningkatkan hasil bisnis dan meningkatkan pengalaman akan sebuah brand bagi pembeli.

DIa juga berbicara tentang teknologi AR Lazada yang memungkinkan pengguna untuk mencoba produk kecantikan secara real-time dengan hasil yang nyata, memungkinkan merek untuk memberikan pengalaman belanja virtual yang disesuaikan dan ultra-realistis. Virtual Try On (VTO) memiliki fitur kaya fungsi yang memungkinkan konsumen untuk memilih dan mencoba produk seperti eye shadow, eyeliner, foundation, dan blush dari manapun mereka berada.

VTO telah melihat kesuksesan yang signifikan dengan mitra merek LazMall di bidang kecantikan, berkontribusi pada peningkatan konversi yang signifikan hingga 3,1X dan peningkatan hingga 11% dalam nilai pesanan rata-rata.

Untuk merayakan kemitraan dan pertumbuhan LazMall bersama mitra merek yang berharga, para pemenang BFF 2022 Awards juga diresmikan di acara hybrid. Penghargaan tahunan berfungsi untuk mengakui dan menghormati merek global dan Asia Tenggara dengan kinerja terbaik dan inovatif di LazMall, untuk mempromosikan keunggulan yang ditunjukkan dalam lanskap ritel online dan kelincahan dalam mengadaptasi strategi bisnis dalam lingkungan yang menuntut untuk terus berkembang.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA