Beranda GAYA HIDUP Membasmi Jerawat dengan Pasta Gigi, Amankah?

Membasmi Jerawat dengan Pasta Gigi, Amankah?

Membasmi Jerawat
Banyak cara dipercayai untuk membasmi jerawat yang membandel, beragam cara alternatif yang dilakukan menghilangkan jerawat. Salah satu yang sempat ramai diperbincangkan adalah dengan menggunakan pasta gigi.

Namun, secara medis, apakah penggunaan pasta gigi benar-benar efektif dan aman untuk membasmi jerawat membandel?

Sebagai acne fighter, mungkin kamu sudah melakukan berbagai macam cara untuk membasmi jerawat. Mulai dari menggunakan obat oles, menjalani perawatan kulit rutin, atau mungkin kamu pernah juga mencoba cara alternatif, seperti mengoleskan pasta gigi?

Mengoleskan pasta gigi ke jerawat sempat menjadi tren di masyarakat, lho. Hal ini karena kandungan dalam pasta gigi dipercaya dapat membuat jerawat cepat kering.

Keamanan Penggunaan Pasta Gigi untuk Jerawat

Tren mengoleskan pasta gigi ke jerawat ini sebenarnya banyak dilakukan karena bahan aktif yang terkandung di dalam pasta gigi dipercaya dapat mengempiskan jerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Salah satu kandungan tersebut adalah triclosan. Triclosan memiliki efek antiseptik yang mampu membunuh bakteri atau kuman. Namun, jika digunakan pada jerawat, ternyata kandungan ini tidak efektif membunuh bakteri penyebab jerawat, lho.

Selain triclosan, pasta gigi juga mengandung baking soda, alkohol, dan hidrogen peroksida. Kombinasi bahan ini dipercaya mampu mengeringkan jerawat. Padahal, ketika dioleskan ke kulit wajah, terutama yang sedang berjerawat, bahan-bahan tersebut justru bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan memicu iritasi.

Satu lagi bahan yang terkandung di dalam pasta gigi dan bisa memicu masalah baru di kulit adalah sodium lauryl sulfate (SLS). Pada beberapa orang dengan kulit yang sensitif, penggunaan pasta gigi pada kulit bahkan bisa menimbulkan luka bakar hingga memicu dermatitis kontak, lho.

Jadi, apakah penggunaan pasta gigi aman dan efektif untuk mengatasi jerawat? Berdasarkan informasi di atas, maka jawabannya adalah tidak. Oleh karena itu, sebaiknya hindari, ya, mengoleskan pasta gigi pada kulit wajah.

BACA JUGA  Inilah 10 Klinik Kecantikan Terbaik di Indonesia, Anda Pilih Mana

Bukan Pasta Gigi, Ini lho Cara Mengatasi Jerawat yang Benar

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mengoleskan pasta gigi bukanlah solusi yang tepat untuk membasmi jerawat. Jadi, daripada menggunakan pasta gigi, lebih baik gunakanlah produk perawatan kulit yang memang sudah terbukti efektif dan aman untuk menghilangkan jerawat.

Kamu bisa mengoleskan gel atau krim yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam laktat ke jerawat guna membunuh bakteri penyebab jerawat, mengurangi pembengkakan, serta mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Menjalani pola hidup yang sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, selalu menjaga kebersihan kulit, istirahat yang cukup, dan mengelola stres dengan baik, juga dapat mencegah munculnya jerawat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu, ya, kalau penggunaan pasta gigi untuk membasmi jerawat tidaklah efektif bahkan justru berisiko menimbulkan masalah baru pada kulit. Jadi, jika kamu masih menggunakannya, segera hentikan kebiasaan tersebut dan beralihlah ke cara-cara yang lebih aman.

Bila kamu telah menerapkan cara-cara yang aman tapi jerawat masih membandel, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter, ya, agar kamu mendapatkan penanganan yang tepat.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaShin Tae-yong Panggil 26 Pemain Timnas, Termasuk Elkan Baggott
Artikel berikutnyaNovel Baswedan: Ada Aktor Intelektual di Balik Kasus Bansos Selain Juliari