Iklan
Iklan

Mentan Syahrul Yasin Limpo Tiba di Indonesia Malam Ini, Sebelumnya Dikabarkan Hilang

- Advertisement -

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo y tiba di Indonesia pada malam ini usai menjalani kunjungan kerja ke sejumlah negara di Eropa.

Syahrul Yasin Limpo dipastikan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada malam ini sekitar pukul 18.18 WIB. Syahrul tiba mengunakan pesawat Singapore Airlines rute Singapura-Cengkareng dengan nomor penerbangan SQ964.

Politikus Partai NasDem itu sempat dikabarkan hilang setelah tak pulang dari kunjungan kerja ke Eropa sesuai jadwal. Awalnya, Syahrul dijadwalkan pulang pada 1 Oktober 2023.

Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni, membenarkan Syahrul sempat hilang kontak dengan para koleganya. Dia menyatakan Syahrul memang harus tinggal lebih lama di Eropa untuk mengatasi masalah prostat yang dia alami.

Sementara, Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri, menyatakan belum mengetahui soal jadwal pemeriksaan Syahrul Yasin Limpo.

“Jadwal pemanggilan Mentan akan disampaikan jika sudah dipanggil. Jadi ditunggu dulu jadwalnya. Sebagaimana hari ini terhadap tiga saksi pengacara, kami juga akan sampaikan di pagi hari siapa saja yang dipanggil di hari itu,” ujar Ali, Rabu, 4 Oktober 2023.

Sebelumnya penyidik KPK telah melakukan penggeledahan terhadap rumah pribadi Syahrul dan anaknya di Makassar, Sulawesi Selatan pada hari ini, Rabu, 4 Oktober 2023.

Penggeledahan tersebut dibenarkan oleh Ali Fikri. Penggeledahan itu dilakukan KPK guna keperluan pengumpulan barang bukti mengenai kasus perkara tindak pidaka korupsi di lingkungan Kementan RI.

“Kegiatannya masih berlangsung dan segera setelah selesai akan kami sampaikan hasilnya,” kata dia.

Sedangkan, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md, menyatakan telah mendapatkan informasi bahwa Syahrul telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Bahkan, menurut dia, penetapan tersangka itu sudah dilakukan cukup lama.

“Bahwa dia (Syahrul) sudah ditetapkan tersangka saya sudah dapat informasi malah sejak kalau eksposenya itu kan sudah lama, tapi resminya ketersangkaannya itu sudah digelarkan lah,” kata Mahfud, Rabu, 4 Oktober 2023.

Pernyataan Mahfud itu mengonfirmasi informasi yang didapatkan Tempo sebelumnya. Menurut sumber Tempo, KPK telah menetapkan 3 orang tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Sekretaris Jenderal Kementan Kasdi Subagyo, dan Direktur Alat Mesin Pertanian Muhammad Hatta.

Ali Fikri sempat membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan penetapan tersangka dalam kasus ini. Akan tetapi dia tak mau mendetailkan siapa saja para tersangka itu.

“Seluruh proses penanganan akan disampaikan utuh pada saatnya,” kata Ali di Jakarta, Kamis, 28 September 2023.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, pun telah mengumpulkan sejumlah petinggi partainya di NasDem Tower pada malam ini. Surya disebut akan bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo untuk meminta penjelasan soal kasus yang menimpanya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA