Iklan
Iklan

Militer Israel Makin Brutal, 10 Warga Palestina Tewas Ribuan Orang Mengungsi

- Advertisement -
Serangan militer Israel makin brutal di Jenin Tepi Barat. Akibat insiden tersebut 10 warga Palestina tewas, Selasa (4/7/2023). Serangan itu sebagai operasi militer Israel terbesar selama bertahun-tahun.

Selain menewaskan warga sipil, serangan militer Israel juga memaksa ribuan orang meninggalkan rumah mereka. Bahkan, Israel membombardir perumahan warga Palestina dengan alasan menargetkan kamp militan.

Militer Israel menyerang Kota Jenin dengan kendaraan lapis baja, buldoser hingga drone tempur.

Pada Selasa (4/7/2023) pagi, toko-toko tutup di Jenin, dengan sangat sedikit orang di jalan yang berserakan dengan puing-puing dan penghalang jalan yang terbakar dari pertempuran hari sebelumnya.

Drone berdengung di atas kepala, kata seorang reporter Agence France-Presse (AFP).

Di kamp pengungsi kota – sebuah komunitas perkotaan yang menampung 18.000 orang – beberapa jalan robek meninggalkan kabel listrik, minyak, dan genangan air yang putus setelah buldoser anti-bom Israel lewat.

Militer Israel mengatakan serangannya di Jenin berlanjut semalam hingga Selasa, dengan pasukan bertindak untuk “menetralkan” terowongan bawah tanah yang diduga digunakan untuk menyimpan bahan peledak di kamp pengungsi.

Sebelum operasi ini, Israel telah meningkatkan serangan di Tepi Barat utara , yang telah menyaksikan serentetan serangan baru-baru ini terhadap Israel serta kekerasan pemukim Yahudi yang menargetkan warga Palestina.

Kekerasan Israel-Palestina telah memburuk sejak tahun lalu dan meningkat lebih jauh di bawah pemerintah koalisi Netanyahu yang mencakup sekutu ekstrem kanan.

“Dalam lima tahun terakhir, ini adalah serangan terburuk,” kata Qasem Benighader, seorang perawat di kamar mayat rumah sakit, mencatat banyak pasien dengan luka tembak dan luka akibat bahan peledak.

Juru bicara militer Daniel Hagari mengatakan kepada wartawan bahwa pasukan Israel “tidak berniat untuk tinggal di kamp,” tetapi “kami sedang bersiap untuk situasi yang lebih parah” dari pertempuran yang berkepanjangan.

Sebanyak 10 orang tewas dan 100 lainnya luka-luka, 20 di antaranya serius, kata Kementerian Kesehatan Palestina.

Seorang tentara Israel yang terluka dievakuasi dengan helikopter militer.

Sejak dimulainya operasi militer Israel, sekitar 3.000 orang telah meninggalkan rumah mereka di kamp pengungsi Jenin, kata wakil gubernur Jenin, Kamal Abu al-Roub kepada AFP, seraya menambahkan pengaturan sedang dilakukan untuk menempatkan mereka di sekolah dan tempat penampungan lain di kota Jenin.

Dalam kegelapan Senin malam, para wanita menggendong anak bungsu mereka sementara yang lebih tua menyeret barang-barang mereka di jalanan.

Warga Jenin Badr Shagoul mengatakan kepada AFP: “Saya melihat mereka membawa buldoser ke kamp, mereka menghancurkan bangunan. Ini adalah rumah orang.”

Militer Israel

Tentara mengatakan tentara dan pria bersenjata telah baku tembak di sebuah masjid di kamp tersebut, dan senjata serta bahan peledak kemudian ditemukan di gedung tersebut.

Penghuni kamp lainnya, Mahmoud Hawashin, meramalkan bahwa “jika ada lebih banyak pertumpahan darah Palestina, akan ada lebih banyak pertumpahan darah di pihak Israel.”

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan kamp Jenin memiliki “salah satu tingkat pengangguran dan kemiskinan tertinggi” di antara kamp-kamp Tepi Barat, dan operasi militer mengganggu air dan listrik ke “area yang luas” di sana.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen mengatakan kepada wartawan bahwa itu menyerang Jenin “dengan kekuatan besar”.

Kementerian Luar Negeri Palestina menyebut eskalasi itu sebagai “perang terbuka melawan rakyat Jenin.”

Wilayah Jenin secara nominal dikendalikan oleh Otoritas Palestina Presiden Mahmud Abbas, yang memiliki kontrol administratif parsial di Tepi Barat.

Partai Fatah yang berkuasa mengumumkan pemogokan umum yang mempengaruhi bisnis swasta dan sektor lain, dan membuat semua pegawai Otoritas Palestina tetap tinggal di rumah.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres “sangat prihatin” dengan kekerasan itu, dan menyerukan penghormatan terhadap hukum kemanusiaan internasional, kata seorang juru bicara dalam sebuah pernyataan.

Negara tetangga Yordania menyuarakan keprihatinan serupa dan Uni Emirat Arab (UEA) mendesak “segera menghentikan kampanye yang berulang dan meningkat terhadap rakyat Palestina.”

Turkiye. sementara itu, mengatakan sangat prihatin dengan gelombang baru kekerasan di wilayah tersebut dan mendesak otoritas Israel untuk bertindak dengan akal sehat dan menghentikan tindakan tersebut.

Amerika Serikat, bagaimanapun, membela sekutunya Israel dengan mengatakan bahwa mereka memiliki hak untuk membela rakyatnya dengan membunuh warga sipil Palestina.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA