Iklan
Iklan

Muna al-Kurd Aktivis Wanita Palestina Yang Gigih, Kembali Dilepas Israel Usai Ditangkap

- Advertisement -
Aktivis Muna al-Kurd dan saudara kembarnya Mohammed al-Kurd, yang selalu berada di garis depan kampanye untuk menghentikan pengusiran warga Palestina dari lingkungan Sheikh Jarrah Yerusalem Timur yang diduduki, telah dibebaskan dari tahanan beberapa jam setelah mereka ditangkap oleh polisi Israel.

“Tidak peduli apa yang mereka lakukan untuk meneror dan menakut-nakuti kami, tidak ada penangkapan yang akan membuat kami takut,” ujar Muna al-Kurd kepada wartawan setelah dibebaskan pada hari Minggu.

“Kami akan tetap di rumah kami dan kami akan terus mempertahankan tanah kami tempat kami dilahirkan dan dibesarkan,” ujarnya.

Muna al-Kurd
Aktivis Muna al-Kurd dan saudara kembarnya Mohammed al-Kurd

Sedangkan, Mohammed mengatakan kepada wartawan: “Kami tidak takut, kami tidak terintimidasi, kami akan terus berbicara menentang semua ketidakadilan ini, dan kami akan terus melindungi rumah kami.”

Sebelumnya, Nabil al-Kurd, ayah dari anak kembar berusia 23 tahun, mengatakan Muna al-Kurd ditangkap setelah polisi menggerebek rumah mereka di Sheikh Jarrah, sementara Mohammed menyerahkan diri di kantor polisi setelah menerima panggilan.

“Mereka ingin menyingkirkan kami [dari Yerusalem] … tapi kami di sini,” kata Nabil al-Kurd kepada wartawan.

“Senjata orang Palestina adalah kamera, dan kata-kata – sedangkan tentara Israel bersenjata lengkap.”

Muna al-Kurd
Aktivis Muna al-Kurd

Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan 10 orang terluka ketika pasukan Israel menembakkan peluru karet dan granat kejut ke arah pengunjuk rasa di luar kantor polisi yang menyerukan pembebasan para aktivis.

Penangkapan para aktivis itu terjadi sehari setelah jurnalis Arab Al Jazeera Givara Budeiri ditangkap saat meliput demonstrasi di Sheikh Jarrah. Budeiri dibebaskan beberapa jam kemudian setelah penangkapannya menuai kecaman global.

Pengacara Nasser Odeh, berbicara di luar kantor polisi sebelumnya pada hari Minggu, mengatakan saudara kandung menghadapi “melakukan tindakan yang mengganggu keamanan publik” dan “mengambil bagian dalam kerusuhan”.

“Alasan penangkapan adalah karena kami mengatakan bahwa kami tidak akan meninggalkan rumah kami, dan mereka tidak ingin ada yang mengungkapkan pendapatnya, mereka tidak ingin ada yang mengatakan yang sebenarnya,” kata Nabil al-Kurd kepada Associated Press melalui telepon. “Mereka ingin membungkam kita.”

Muna al-Kurd
Aktivis Muna al-Kurd

Sebuah video yang diposting di media sosial menunjukkan Muna al-Kurd dibawa dari rumah dengan tangan diborgol. “Jangan takut,” dia terlihat memberi tahu keluarganya, saat dia dibawa keluar rumah oleh polisi Israel.

Hoda Abdel-Hamid dari Al Jazeera, melaporkan dari Yerusalem Timur yang diduduki, mengatakan: “Muna al-Kurd mengatakan dia secara khusus dipilih untuk ditahan karena dia telah menjadi sedikit simbol dari apa yang terjadi di Sheikh Jarrah, suara keluarga yang menghadapi pengusiran paksa ini.”

Polisi telah mengkonfirmasi penangkapan wanita berusia 23 tahun karena diduga berpartisipasi dalam “gangguan publik” di Sheikh Jarrah.

Muna al-Kurd
Aktivis Muna al-Kurd

Mohammad al-Kurd, bersama saudara perempuannya, berada di belakang kampanye media sosial #SaveSheikhJarrah yang berusia tiga bulan melawan pengusiran warga Palestina dari rumah mereka.

Sebagian berkat saudara kandung, kisah Sheikh Jarrah – sebuah lingkungan di Yerusalem Timur yang dicaplok Israel – telah menjadi tagar global sejak bulan lalu.

‘Menyiksa kami, melecehkan kami’

Setengah dari rumah keluarga al-Kurd diambil alih oleh pemukim Israel pada tahun 2009. Mohammed sebelumnya mengatakan kepada Al Jazeera bahwa berbagi rumah mereka dengan “penghuni liar dengan aksen Brooklyn” adalah “tidak tertahankan, tidak dapat ditoleransi [dan] mengerikan”.

“Mereka hanya duduk di rumah kami, menyiksa kami, melecehkan kami, melakukan segala yang mereka bisa untuk tidak hanya memaksa kami meninggalkan bagian kedua dari rumah kami, tetapi juga melecehkan tetangga kami untuk meninggalkan rumah mereka sebagai bagian dari upaya untuk sepenuhnya memusnahkan kehadiran orang-orang Palestina dari Yerusalem,” Mohammed, yang, bersama dengan Muna al-Kurd, berusia 11 tahun ketika para pemukim memaksa masuk, mengatakan.

Dalam beberapa bulan terakhir, lingkungan Sheikh Jarrah telah menyaksikan serangkaian aksi duduk oleh warga Palestina untuk memprotes perintah Israel agar mereka mengosongkan rumah mereka, yang mereka gambarkan sebagai kelanjutan dari pembersihan etnis yang dimulai dengan Nakba pada tahun 1948. keluarga juga menghadapi pengusiran dari daerah Silwan di Yerusalem Timur.

Kelompok-kelompok hak asasi mengatakan hingga 1.000 warga Palestina di Sheikh Jarrah dan distrik Silwan di dekatnya akan dipindahkan secara paksa.

Israel menduduki Yerusalem Timur pada tahun 1967 dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional.

Di bawah hukum Israel, kelompok-kelompok Yahudi dapat mengklaim tanah milik orang Yahudi sebelum berdirinya Israel pada tahun 1948, bahkan jika keluarga Palestina telah tinggal di sana selama beberapa dekade.

Orang-orang Palestina yang nenek moyangnya menjadi pengungsi dalam perang 1948 tidak memiliki sarana untuk mendapatkan kembali rumah atau tanah mereka di Israel modern. Lebih dari 700.000 warga Palestina diusir dari rumah mereka pada tahun 1948 ketika Israel dinyatakan sebagai negara merdeka.

Pemukulan, gas air mata dan bom suara

Pada Senin malam, puluhan pasukan Israel menyerbu lingkungan Sheikh Jarrah dan menyerang keluarga Palestina dengan memukul dan menembakkan gas air mata dan bom suara ke arah mereka.

Menurut media lokal Palestina, 20 orang terluka, dan setidaknya empat pria Palestina dan satu gadis ditangkap, dengan dua dibebaskan pada hari Selasa.

Maret lalu, pengadilan distrik Israel di Yerusalem Timur yang diduduki meratifikasi perintah untuk enam keluarga Palestina – termasuk al-Kurdi – di Sheikh Jarrah untuk mengosongkan rumah mereka untuk memberi jalan bagi pemukim. Pengadilan yang sama juga memutuskan bahwa tujuh keluarga lainnya harus meninggalkan rumah mereka pada 1 Agustus.

Pengadilan Israel akan mengumumkan putusannya dalam kasus tersebut.

Protes di Sheikh Jarrah menyebar awal bulan lalu ke kompleks Masjid Al-Aqsa, situs tersuci ketiga dalam Islam, memicu tindakan keras oleh pasukan keamanan Israel terhadap jamaah Palestina. Penyerbuan Al-Aqsa oleh pasukan Israel menyebabkan kemarahan global.

Tindakan keras Israel di Yerusalem Timur yang diduduki dan serangan di Al-Aqsa mendorong Hamas, kelompok yang memerintah Gaza, untuk menembakkan roket ke Israel, setelah pasukan keamanan Israel mengabaikan tenggat waktu untuk mengosongkan masjid.

Israel melancarkan serangan militer 11 hari di Gaza yang menewaskan lebih dari 250 warga Palestina, termasuk 66 anak-anak.

SUMBER: AL JAZEERA DAN KANTOR BERITA

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA