Beranda NASIONAL Nama Komjen Listyo Sigit Prabowo Makin Menguat Sebagai Calon Kapolri

Nama Komjen Listyo Sigit Prabowo Makin Menguat Sebagai Calon Kapolri

Komjen Listyo Sigit
Nama calon Kapolri mengerucut pada dua nama, yaitu Kabareskrim Listyo Sigit Prabowo dan Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono.

Hal itu diakui oleh Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan ( PDI-P) Trimedya Panjaitan. Ia mengatakan, nama calon Kapolri yang akan diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR sudah banyak dibahas publik.

“Tapi kan enggak tahu, satu hari dua hari kan masih bisa manuver masing-masing. Dan konon menguat ke Listyo Sigit Prabowo, tapi kan namanya politik, Kapolri itu jabatan politik,” ujar Trimedya, Senin (11/1/2021).

Trimedya juga mengatakan, sosok calon Kapolri yang paling utama adalah dapat dipercaya, loyal dan taat kepada presiden.

Kemudian, sosok calon Kapolri harus memiliki rekam jejak yang bagus dan berkomitmen mengembalikan jati diri institusi Polri sesuai Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Dan Kapolri nantinya tidak mementingkan angkatannya dalam proses promosi, mutasi dan demosi,” jelas Trimedya.

Trimedya juga memprediksi Presiden Joko Widodo akan mengirimkan surat presiden (Surpres) terkait nama calon Kapolri ke DPR RI pada hari Rabu.

“Dan sampai ini setengah 4 ya saya cek ke sekretariat DPR belum ada surat presiden terkait calon Kapolri. Tapi rumornya Rabu, kan pak Jokowi senang hari rabu, kita tunggu saja,” katanya.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sebelumnya diberitakan telah merekomendasikan lima nama calon Kapolri kepada Presiden Joko Widodo.

Kelimanya adalah Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafly Amar.

Kemudian Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo; Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol, Arief Sulistyanto; dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

BACA JUGA  Hibah untuk Museum SBY-Ani Rp 9 Miliar dari APBD Pacitan Ditarik Kembali

Sementara, Ketua Kompolnas Mahfud MD menyebut nama-nama yang sudah dikirimkan ke Istana memenuhi syarat sebagai Kapolri selanjutnya.

“Kelima orang itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang,” kata Mahfud melalui akun twitternya, @mohmahfudmd, Jumat (8/1/2021).

Facebook Comments

Artikel sebelumyaKenali Efek Samping Vaksin Sinovac yang Dinilai Manjur 65,3 Persen
Artikel berikutnyaWhatsApp Kian Mencemaskan, Kantor Media Erdogan Hentikan Gunakan Aplikasi Ini