Beranda HUKUM Nama Nur Afifah Balqis Trending Setelah Ditetapkan Sebagai Koruptor Termuda Ditangkap KPK

Nama Nur Afifah Balqis Trending Setelah Ditetapkan Sebagai Koruptor Termuda Ditangkap KPK

Nur Afifah Balqis
Nama Nur Afifah Balqis tiba-tiba menjadi trending topic setelah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa serta perizinan di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur.

Nur Afifah Balqis merupakan Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan ini kini menjadi sorotan, bukan karena prestasinya, melainkan dia menjadi satu-satunya koruptor termuda ditangkap KPK, karena masih berusia 24 tahun.

Usia Nur Afifah Balqis diketahui dari akun instagram pribadinya @nafgis_. Dalam highlights yang dia unggah, terlihat kue ulang tahun dengan tulisan ‘selamat ulang tahun Bendum DPC Demokrat ke-24,

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyatakan bahwa, Nur Afifah merupakan pihak penampung uang suap yang diduga diterima Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur.

“AGM (Abdul Gafur) diduga bersama NAB (Nur Afifah), menerima dan menyimpan serta mengelola uang-uang yang diterimanya dari para rekanan didalam rekening bank milik tersangka NAB yang berikutnya dipergunakan untuk keperluan tersangka AGM,” kata Alex.

Keduanya dijerat melalui operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu, 12 Januari 2022. Mereka pun ditetapkan tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa serta perizinan di Pemkab Penajam Paser Utara.

Nur Afifah Balqis

Dalam OTT tersebut, tim penindakan mengamankan uang dari rekening Bank milik Nur Afifah sebesar Rp447 juta. “Diduga (uang) milik tersangka AGM yang diterima dari para rekanan,” ujar Alex.

Kini, KPK menetapkan Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Masud dan Bendahara Umum DPC Partai Demokrat Balikpapan Nur Afifah Balqis (NAB) sebagai tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa serta perizinan di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara.

Selain Abdul Gafur dan Nur Afifah, KPK juga menjerat Plt Sekda Kabupaten Penajam Paser Utara Mulyadi (MI), Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara Edi Hasmoro (EH), Kepala Bidang Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara Jusman (JM), dan pihak swasta Achmad Zuhdi (AZ) alias Yudi.

Facebook Comments

Iklan
Artikulli paraprakPasar Karangawen Demak Ludes Terbakar
Artikulli tjetërHakim dan Panitera PN Surabaya Ditangkap KPK, 3 Orang Diamankan