Iklan
Iklan

Nikita Mirzani Akui Alami Gangguan Mental OCD

- Advertisement -
Image seksi melekat pada artis Nikita Mirzani dan sering dekat dengan beberapa pria. Bahkan, Nikita terkenal dengan mulut pedasnya ketika berseteru dengan beberapa artis seperti Dewi Perssik hingga Najwa Shihab.

Nikita Mirzani sendiri mengaku bahwa dirinya sudah tak suka dengan seseorang maka ia tak akan segan-segan mengkritik pedas orang tersebut.

Sementara, tak sedikit juga orang yang mengidolakan sosok janda 3 anak ini karena sukses menjadi single parent.

Perjalanan panjang sudah dilewati Nikita Mirzani di panggung hiburan, namun tak banyak yang tau jika ternyata sosok yang akrab di sapa Nyai ini mengidap kelainan mental.

Ya, Nikita Mirzani mengaku mengidap mengidap gangguan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD).

Untuk diketahui, gangguan OCD membuat pengidapnya mempunyai pemikiran dan dorongan yang tidak bisa dikontrol yang sifatnya berulang (obsesi) serta munculnya perilaku (paksaan) kompulsif.

Hal itu terungkap, ketika Nikita Mirzani sedang berbincang mengenai OCD yang dialami oleh Chef Vindy Lee di kanal YouTubenya.

Awalnya, Vindy Lee bercerita kepada Nikita bahwa dirinya sangat menjaga kebersihan tubunya,hingga bisa mansi setiap 3 jam sekali. Nikita Mirzani kemudian menceritakan apa yang dia alami.

“Berarti nggak bisa melihat sedikit berantakan atau di rumah ada yang berubah bentuk. Kayak aku, aku kan OCD juga,” ujar Nikita Mirzani.

Nikita Mirzani mengaku tak bisa melihat sesuatu yang berantakan. Bahkan jika pajangan dinding sedikit bergeser, dia dengan mudah mengetahuinya.

“Aku ini kalau ada yang berantakan atau pajangan ada yang beda itu pasti aku tahu. Ya betul aku OCD juga,” ujar Nikita Mirzani.

Nikita Mirzani

Apa itu Gangguan Mental OCD?

Dikutip dari alodokter.com, Obsessive compulsive disorder (OCD) adalah gangguan mental yang mendorong penderitanya untuk melakukan tindakan tertentu secara berulang-ulang. Tindakan tersebut ia lakukan untuk mengurangi kecemasan dalam pikirannya.

Gangguan obsesif kompulsif dapat dialami oleh siapa saja dari semua kelompok usia, tetapi paling sering muncul di usia 7–17 tahun. Penderita OCD biasanya menyadari bahwa pikiran dan tindakannya berlebihan, tetapi mereka tidak bisa melawannya.

Meski namanya hampir sama, obsessive compulsive disorder berbeda dengan obsessive-compulsive personality disorder (OCPD). OCD termasuk gangguan mental yang gejalanya bisa hilang timbul.

Gejala OCD terdorong oleh pikiran obsesif untuk menghindari rasa takut dan cemas. Selain itu, penderita OCD biasanya sadar akan kondisi yang dialaminya.

Berbeda dengan OCD, OCPD tergolong gangguan kepribadian yang gejalanya dialami secara konsisten oleh penderitanya. Penderita OCPD cenderung bersifat sangat perfeksionis dalam segala hal. Namun, penderita OCPD sering tidak menyadari kondisinya.

Penyebab dan Gejala OCD

Ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko terjadinya OCD, antara lain faktor genetik, perubahan pada senyawa kimia otak, dan pengaruh lingkungan.

OCD ditandai dengan gangguan pikiran yang menimbulkan kecemasan dan perilaku yang dilakukan berulang kali guna menghilangkan kecemasan tersebut. Sebagai contoh, penderita OCD yang takut terkena penyakit cenderung akan mencuci tangan secara berlebihan atau terlalu sering membersihkan rumah.

Pengobatan OCD dan Pencegahan OCD

Pengobatan OCD bertujuan untuk mengendalikan gejala yang muncul, agar kualitas hidup penderitanya bisa membaik. Metode pengobatannya dapat berupa terapi perilaku kognitif dan pemberian obat antidepresan.

Belum ada cara pasti yang dapat dilakukan untuk mencegah OCD. Namun, pemeriksaan dan penanganan lebih awal dapat mencegah gejala OCD makin memburuk.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA