Pelatih Vietnam Nguyen Quoc Tuan Salahkan Wasit Usai Tumbang dari Timnas U-16 Indonesia

- Advertisement -
Pelatih Vietnam U-16 Nguyen Quoc Tuan mengkambing hitamkan wasit atas kekalahan timnya. Vietnam U-16 ditumbangkan oleh timnas Indonesia 1-2 pada laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022) malam WIB.

Nguyen Quoc Tuan menilai keputusan wasit asal Thailand Warintorn Sassadee kurang adil sehingga menjadi penyebab kekalahan timnya. Gol Vietnam di babak kedua yang dianulir Warintorn Sassadee menjadi sorotan pelatih Vietnam.

The Golden Star –julukan Vietnam– sejatinya cukup kerepotan menghadapi serangan-serangan Tim Merah-Putih pada babak pertama. Namun, mereka berhasil unggul lebih dulu lewat gol penalti Nguyen Cong Phuong pada menit ke-41′.

Namun, pada babak kedua Pasukan Garuda Muda berhasil bangkit. Bahkan, mereka mampu membalikkan kedudukan menjadi 2-1 dalam waktu tiga menit saja lewat gol yang masing-masing ditorehkan Arkhan Kaka Putra dan Muhammad Nabil Asyura pada menit 51′ dan 54′.

Sebenarnya, empat menit jelang waktu normal usai, Vietnam mampu menyamakan skor menjadi 2-2 lewat gol bunuh diri Andrika Fathir. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena pemain Vietnam dianggap melakukan pelanggaran karena mendorong Andrika yang sedang menangkap bola liar.

Akhirnya mereka tetap kalah 1-2. Usai pertandingan, Nguyen Quoc Tuan mengatakan bahwa timnya kalah karena bermain dalam tekanan dari supporter dan juga wasit. Menurutnya, banyak sekali keputusan wasit yang kurang menguntungkan timnya sehingga mereka menelan kekalahan.

“Pertama-tama kami mengucapkan selamat kepada tim Indonesia atas kemenangan hari ini. Dan untuk tim kami, kami berjuang, kami bersaing, kami memainkan permainan ini di bawah banyak tekanan dari para penonton dan juga dari wasit,” kata Nguyen Quoc Tuan dalam konferensi pers pasca laga, Sabtu (6/8/2022).

Nguyen Quoc Tuan
Nguyen Quoc Tuan

“Keputusan wasit hari ini tidak baik, mereka telah membuat keputusan yang buruk dan kami memiliki banyak kerugian dari keputusan mereka dan terutama kami memiliki gol di babak kedua, namun wasit menganulirnya. Jadi kami banyak dirugikan dalam pertandingan ini,” imbuhnya.

Nguyen Quoc Tuan sendiri diganjar kartu kuning dari wasit di menit-menit akhir babak kedua. Pasalnya, dia terus melakukan protes keras kepada wasit ketika terjadi pelanggaran untuk Indonesia dan juga saat ada penggawa Tim Merah-Putih yang meringis kesakitan karena dianggapnya membuang-buang waktu.

Faktanya, Vietnam justru diuntungkan oleh keputusan wasit saat mendapatkan hadiah penalti di babak pertama. Padahal, dalam tayangan ulang Rizdjar Nurviat Subagja terlihat tak melakukan kontak dengan Le Dinh Long Vu di kotak terlarang sehingga seharusnya tak diberi hukuman penalti.

Kendati demikian, nampaknya Nguyen Quoc Tuan hanya tak terima karena kekalahan tersebut membuat Vietnam finis sebagai runner up Grup A di bawah Indonesia. Itu artinya timnya harus menunggu hasil pertandingan dari grup lain untuk bisa lolos ke semifinal lewat jalur runner up terbaik.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA