Iklan
Iklan

Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

- Advertisement -
Sebenarnya menjadi ibu rumah tangga adalah kesempatan yang bagus untuk menjadi seorang entrepreneur, sebagai jalan mendapatkan pemasukan di luar pemberian sang suami serta sarana untuk aktualisasi diri.

Apalagi, dengan manajemen waktu yang baik, menjadi pengusaha sangat cocok bagi ibu rumah tangga yang waktunya relatif bisa fleksibel menyesuaikan diri sendiri.

Mungkin salah satu hal yang ada di pikiranmu ketika ingin memulai usaha adalah modal besar. Jangan khawatir, banyak kok usaha khusus untuk ibu rumah tangga yang tak memerlukan banyak modal dan bahkan tak perlu modal sama sekali.

Penasaran apa saja usaha tersebut? Yuk simak rekomendasi usaha ibu rumah tangga berikut yang bisa kamu coba!

Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Terbaik

Jualan Pulsa

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil – Jualan Pulsa

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan pulsa dan paket data menjadi kebutuhan utama banyak orang di era digital ini. Dari fenomena tersebut kamu bisa memanfaatkan peluang untuk berjualan pulsa dan paket data.

Berjualan pulsa dan paket data juga sangat mudah, kamu hanya membutuhkan sebuah smartphone low end dan mendaftarkan diri ke agen pulsa atau bergabung kemitraan di e-commerce. Tawarkan pulsa dan paket data ke lingkungan sekitar, keluarga, dan teman-teman untuk mendapatkan keuntungan besar.

Jualan Tanaman Hias

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil – Jualan Tanaman Hias

Pada masa pandemi seperti ini, banyak orang menghabiskan banyak waktu di rumah, sehingga mereka mencari kegiatan untuk mengisi kekosongan waktu. Salah satunya dengan mendekorasi rumah dengan membeli tanaman-tanaman hias. Kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka bisnis tanaman hias.

Berjualan tanaman hias bisa dimulai dari membeli bibit tanaman dan merawatnya hingga besar.  Berbagai jenis tanaman hias yang laris saat ini adalah kaktus, aglonema, dan juga monstera.

Warung

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil – Warung

Bisnis warung mungkin terdengar sepele. Namun, pada zaman sekarang, bisnis warung bisa sangat menguntungkan berkat kehadiran layanan ojek online dan taksi online. Karena,  para driver ojek dan taksi membutuhkan tempat untuk beristirahat sejenak, sambil menikmati secangkir kopi dan makanan ringan.

Bahkan, jika warung milikmu berada di lokasi strategis, warungmu bisa dijadikan basecamp, sehingga selalu ramai pengunjung. Ada sebuah trik supaya warungmu dihampiri banyak orang, yaitu dengan menyediakan steker dan WiFi, yang sangat dibutuhkan para driver.

Jualan Kue Kering

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil – Jualan Kue Kering

Kamu memiliki hobi memasak aneka kue kering? Mengapa tidak mencoba untuk menjual hasil makananmu? Karena kue kering adalah salah satu cemilan paling disuka banyak orang. Jualan kue kering juga bisa disesuaikan dengan budget, kamu bisa menggunakan bahan standar atau bahan premium dalam pembuatannya.

Kamu bisa menjual kue kering mulai dari teman terdekat. Mintalah feedback dari soal kelebihan dan kekurangan kue buatanmu. Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan kualitas makanan dan siap untuk menawarkan kue kering di pasar yang lebih luas.

Mengajar Bimbel

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil -Mengajar Bimbel

Memiliki ambisi untuk menjadi seorang guru? Nah, ambisimu bisa kamu salurkan dengan menawarkan jasa bimbingan belajar atau bimbel. Jasa bimbel ini sangat dibutuhkan murid SD, SMP, dan SMA menjelang ujian sekolah atau ujian nasional.

Mengajar bimbel bisa dibilang usaha tanpa modal, karena mengandalkan kemampuanmu dalam mengajar materi kepada murid. Kamu bisa mengajar bimbel dengan sistem privat, alias datang langsung ke rumah atau dilakukan secara online melalui berbagai platform video call.

Laundry

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil – Laundry

Bisnis laundry bisa sangat menguntungkan jika kamu memiliki tempat tinggal atau kios yang dekat dengan wilayah kampus dan perkantoran. Karena, di sekitar wilayah tersebut banyak mahasiswa dan pekerja yang tinggal di kost dan membutuhkan jasa laundry. Investasi untuk memulai bisnis laundry bisa dimulai dari membeli mesin cuci second dan membeli sabun dan pewangi literan agar lebih hemat.

Berjualan Online

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil – Berjualan Online

Banyak metode berjualan online yang bisa dilakukan. Salah satu metode yang cocok untuk ibu rumah tangga adalah reseller. Reseller cocok dilakukan karena tidak perlu memikirkan produksi barang.

Sebagai reseller kamu hanya perlu menyetok barang dari supplier dan menawarkannya di toko online. Satu tips untuk ibu rumah tangga yang ingin berjualan online, yaitu dengan menggunakan layanan pengiriman dengan sistem pick up, supaya lebih hemat waktu dan tidak perlu keluar rumah.

Anteraja bisa jadi pilihan pengiriman untuk kamu yang membutuhkan sistem pick up. Jualanmu juga lebih mudah dilacak lewat fitur cek resi dan biayanya pun terjangkau. Cek ongkir untuk mengetahui biaya pengiriman paket jualanmu!

Menjadi Penulis

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil – Menjadi Penulis

Jasa penulis lepas atau freelance writer saat ini memiliki permintaan yang sangat tinggi, akibat digitalisasi brand. Sebab, dalam proses digitalisasi ini membutuhkan banyak konten yang akan diupload di website dan social media. Untuk menjadi penulis lepas, kamu perlu mendaftar akun di website marketplace freelance dan lengkapi portofolio tulisanmu. Disana, kamu juga akan menemukan banyak orang yang membutuhkan jasamu dalam menulis.

Menjual Makanan Beku

Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil – Menjual Makanan Beku

Di tengah pandemi seperti sekarang, penjualan makanan beku justru semakin meningkat lho! Karena banyak masyarakat yang membutuhkan makanan praktis yang hanya perlu dipanaskan atau digoreng dibanding repot-repot berbelanja bahan masakan. Beragam pilihan makanan beku terlaris saat ini diantaranya adalah chicken nugget, sosis, bakso, dan juga dimsum.

Itulah dia sejumlah rekomendasi usaha khusus ibu rumah tangga yang bisa kamu pertimbangkan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.  Sehingga kamu tetap produktif dan bisa menghasilkan meski banyak menghabiskan waktu di rumah.

Janganlah malu untuk mencoba memulai usahamu sendiri, karena kita tidak akan tahu sebelum kamu mencobanya. Siapa tahu kamu bisa menjadi pengusaha sukses dan besar yang tentunya membantu ekonomi rumah tanggamu.

Selamat mencoba!

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA