Beranda GAMES Peluncuran PS6, Berikut Bocoran Dokumen dari Sony

Peluncuran PS6, Berikut Bocoran Dokumen dari Sony

PS6
Foto: Suara.com
Sony Group Corporation, perusahaan produk elektronik, dikabarkan akan segera meluncurkan PlayStation 6 (PS6) pada beberapa tahun mendatang. Sony telah merilis PS4 pada 2013, dan PS5 yang dikenalkan ke publik pada 12 November lalu.

Banyak pecinta konsol game yang bertanya-tanya kapan peluncuran PS6. Setiap produk konsol game terbaru dari Sony selalu dinanti-nantikan oleh penggemarnya. Meski sudah memasuki era e-sport atau gim online, namun gim konsol masih diminati oleh banyak kalangan, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Kapan Peluncuran PS6?

Sony mengungkap rencana peluncuran PS6 melalui dokumen internal dari PlayStation Lifestyle. Dalam file berjudul Sony Interactive Entertainment Observations on the CMA’s issue statement, perusahaan asal Jepang ini mengungkap peluncuran PS6 bisa terjadi pada tahun 2027 mendatang.

Dokumen tersebut berisi pembahasan akuisisi Microsoft atas Activision Blizzard. Activision adalah produsen game Call of Duty, yang menjadi gim eksklusif di konsol PlayStation Sony. Namun informasi tersebut ditepis oleh Sony karena Microsoft Xbox merupakan pesaing dari PlayStation.

“Pada saat SIE (Sony Interactive Entertainment) meluncurkan generasi berikutnya dari konsol PlayStation, yang kemungkinan terjadi pada (tanggal disembunyikan), itu akan kehilangan akses ke Call of Duty dan judul Activision lainnya,” keterangan tertulis dalam dokumen tersebut, dikutip dari VOI.

Sony menyatakan bahwa hal itu membahayakan konsumen dan membuat jarak persaingan dengan Microsoft menjadi jauh. Sony juga menyampaikan bahwa mereka mampu membuat gim COD sejenis. Proses produksi membutuhkan waktu selama bertahun-tahun dan memakan biaya hingga miliaran dolar.

Penjualan PS5 Sony Mengalami Kenaikan

Sony hingga saat Sony telah menghentikan produksi PS4. Sementara PS5 sudah terjual lebih dari 25 juta konsol. Pada tahun 2022, pendapatan Sony juga dilaporkan mengalami kenaikan hingga 12% dengan total penjualan PS 5 mencapai 727 miliar yen atau setara sekitar Rp77,1 triliun.

BACA JUGA  Donate Reza Arap Rp 1 Miliar, Siapakah Sosok Doni Salmanan?

Setelah diketahui minat permintaan PS5 cukup tinggi, sekarang sudah beredar kabar peluncuran konsol PS generasi selanjutnya untuk beberapa tahun ke depan. Namun Sony masih merahasiakan kapan tepatnya PS5 akan dirilis.

Siklus Peluncuran PS Generasi Terbaru dari Sony

Jika dilihat dari siklus atau periode peluncuran PS dari generasi ke generasi, Sony selalu merilis PS terbaru dalam kurun waktu 7 tahun sekali. Perhitungan ini dapat dilihat dari peluncuran PS3 pada tahun 2006, kemudian 7 tahun berikutnya merilis PS4 di tahun 2013.

Setelah itu, Sony meluncurkan pS4 pada tahun 2013. Selanjutnya pada tahun 2020, Sony merilis PS5 tepat pada 20 November. Dalam dokumen terbaru mengenai bocoran peluncuran konsol PS generasi selanjutnya, Sony tidak menjelaskan apakah konsol terbaru nanti akan bernama PS6 atau memakai nama lain.

Apabila benar periode peluncuran konsol PS terbaru dilakukan Sony setiap 7 tahun sekali, maka PS5 masih akan bertahan hingga lima tahun lagi. Meski penjualan PS5 dikatakan sukses hingga mencapai keuntungan 40% pada tahun 2021, namun Sony harus mengalami kenaikan harga akibat dampak ekonomi global dan kelangkaan konsol.

Demikianlah informasi kapan peluncuran PS6 yang ditunggu-tunggu oleh pecinta gim konsol. Diperkirakan PS6 akan dirilis pada tahun 2027 mengingat periode peluncuran generasi PS terbaru dari Sony selalu dilakukan setiap 7 tahun sekali.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.

Facebook Comments

Artikulli paraprakIni Motif Pria Banting Balita 2 Tahun di Apartemen Kalibata
Artikulli tjetërHakim Marahi Ricky Rizal: Kamu Korbankan Masa Depan Anak Demi Tutupi Ini Semua!