Beranda INTERNASIONAL Pemakzulan Donald Trump Didukung Anggota Partai Republik

Pemakzulan Donald Trump Didukung Anggota Partai Republik

iran interpol donald trump
Upaya partai Demokrat untuk mencopot Presiden Donald Trump dari jabatannya menunjukan tanda positif ketika beberapa rekan Republiknya mulai menentangnya.

Anggota Partai Republik paling senior ketiga di DPR, Liz Cheney, mengatakan dia akan memilih untuk mendakwa Trump atas kerusuhan Capitol pekan lalu.

Sebelumnya pada hari itu presiden menolak bertanggung jawab atas penyerbuan gedung Kongres oleh para pendukungnya.

donald trump

Dia akan digantikan oleh Joe Biden, dari partai Demokrat, pada 20 Januari.

DPR berencana memberikan suara pada hari Rabu untuk menuduh Presiden menghasut pemberontakan, yang akan menjadikannya presiden AS pertama yang pernah dimakzulkan dua kali.

Liz Cheney, putri mantan Wakil Presiden Dick Cheney, bersumpah untuk mendukung pemakzulan, pertama kalinya seorang pemimpin partai presiden melakukannya sejak masa Richard Nixon menjabat. Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Tidak pernah ada pengkhianatan yang lebih besar dari jabatannya oleh Presiden Amerika Serikat dan sumpahnya pada Konstitusi.”

donald trump

Dua anggota DPR Republik lainnya, John Katko dan Adam Kinzinger, mengatakan mereka juga akan memilih pemakzulan.

Pemimpin Partai Republik Kevin McCarthy, sekutu Trump yang mengatakan dia menentang pemakzulan, dilaporkan telah memutuskan untuk tidak meminta anggota dari partai untuk memberikan suara menentang tindakan tersebut.

Menurut New York Times, pemimpin Senat Republik Mitch McConnell telah mengatakan kepada orang kepercayaannya bahwa dia senang Demokrat ingin mendakwa presiden karena dia yakin itu akan membantu menyingkirkan Trump dari partai Republik.

donald trump

McConnell juga mengatakan kepada rekan-rekannya bahwa dia yakin presiden melakukan pelanggaran yang tidak dapat didakwa, lapor Washington Post.

Pada Selasa malam, anggota DPR dari Partai Republik Brian Fitzpatrick dari Pennsylvania mengeluarkan resolusi untuk mengecam Trump – teguran kongres yang tidak separah pemakzulan.

BACA JUGA  Inilah Sosok Pemicu Perceraian Bill Gates dan Melinda

Tindakan itu menuduh Trump “mencoba membatalkan secara tidak sah” hasil pemilihan presiden November dan telah “membahayakan cabang Pemerintah yang setara”.

Facebook Comments

Artikel sebelumyaProduk TV Mini LED Ditampilkan di Ajang CES 2021
Artikel berikutnyaRaffi Ahmad Disuntik Vaksin Covid-19 Bersama Jokowi