Iklan
Iklan

Pemenang K3TAB 2022 disabet SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Padang

- Advertisement -
K3TAB 2022 atau Kompetisi Kompetensi Keahlian Teknik Alat Berat 2022 yang diselenggarakan oleh PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Cat® di Indonesia dimenangkan oleh SMKN 1 Balikpapan dan Politeknik Negeri Padang berhasil membawa pulang gelar Juara Umum

Kompetisi K3TAB 2022 yang digelar selama seminggu penuh sejak 3 Oktober ini diikuti 8 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) dan 6 Politeknik dari Program Studi Teknik Alat Berat.

Berbicara di Penutupan dan Penghargaan K3TAB 2022, Bari Hamami, President Director Trakindo menyatakan penyelenggaraan K3TAB adalah usaha Trakindo berkolaborasi dengan institusi-institusi Pendidikan untuk berpartisipasi meningkatkan pengetahuan dan kemampuan praktik teknik alat berat, serta Pendidikan karakter, sehingga tercipta siswa dan mahasiswa yang adaptif.

K3TAB 2022

“Program K3TAB 2022 yang kami lakukan sejak tahun 1996 adalah salah satu bentuk aplikasi nilai inti Trakindo, perkembangan berkelanjutan. Ini adalah gambaran keseriusan kami berkontribusi tanpa pamrih dalam memajukan pendidikan vokasi alat berat tanah air. Kami berharap semua pemangku kepentingan yang terlibat dapat terus memiliki semangat untuk Bersama melanjutkan sinergi yang sudah berjalan baik ini demi kemajuan kualitas generasi penerus bangsa,” ungkap Bari Hamami.

K3TAB 2022 yang mengangkat tema “Bangkit Lebih Tangguh, Bersama Lebih Unggul” merupakan penyelenggaraan ke-14 untuk tingkat Politeknik dan ke-13 untuk tingkat SMKN. Harapannya, Trakindo bisa berkontribusi bagi dunia pendidikan untuk melahirkan generasi yang tangguh dan unggul menghadapi tantangan masa depan.

Lewat kegiatan K3TAB 2022 ini, Trakindo ingin melengkapi pengetahuan dan skill para siswa dan mahasiswa, agar sesuai tuntutan dunia kerja, serta memiliki juga karakter yang baik, agar setelah menjalani pendidikan, mereka menjadi tenaga kerja siap pakai yang mampu memenuhi kebutuhan dan ekspektasi masyarakat.

K3TAB 2022

Program yang bekerja sama dengan institusi pendidikan di berbagai daerah di Indonesia ini merupakan bagian dari program Kerja Sama Pendidikan (CO-OP) Trakindo. Sejak pertama diselenggarakan pada 2008, K3TAB menjadi ajang bagi institusi pendidikan yang berpartisipasi untuk meningkatkan kapasitas ilmu dan keahlian praktik para peserta didik, sehingga diperoleh keseragaman dalam penerimaan proses belajar mengajar dan peningkatan kualitas lulusan jurusan Teknik Alat Berat dari setiap institusi pendidikan.

Pada penyelenggaraan tahun ini, K3TAB kembali berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Pendidikan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Kolaborasi ini adalah implementasi dari Nota Kesepahaman antara Trakindo dan Kemendikbudristek RI mengenai kesinergisan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dan tata kelola di bidang pendidikan yang ditandatangani sejak Januari 2021.

Kopetisi ini diikuti 14 institusi pendidikan teknik alat berat, lebih banyak dari tahun sebelumnya. Peserta di tingkat SMK yaitu SMKN 1 Lubuk Pakam, SMKN 2 Dumai, SMKN 1 Singosari, SMKN 2 Sumbawa Besar, SMKN 1 Balikpapan, SMKN 6 Samarinda, SMKN 1 Mimika dan SMKN 3 Sorong.

K3TAB 2022

Sedangkan di tingkat Politeknik yaitu Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik TEDC Bandung, Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Samarinda, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Sejalan dengan perkembangan situasi kesehatan terkini di Indonesia, kompetisi tahun ini dilakukan kombinasi antara daring dan luring, setelah dua tahun terakhir dilakukan secara daring. Aspek penilaian meliputi Presentasi Inovasi, Uji Pengetahuan, Uji Praktik, Kerja Sama Tim dan Etika. Untuk kegiatan luring, peserta menjalankan Uji Praktik di fasilitas Trakindo, yaitu Training Center Cileungsi, Satellite Training Center (STC) Balikpapan, STC Banjarmasin, STC Makassar, dan STC Tembagapura.

Sementara itu, uji pengetahuan dan presentasi inovasi dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi temu virtual (virtual meeting app).

Daftar pemenang adalah:

Tingkat SMK Tingkat Politeknik

Juara Umum SMK Negeri 1 Balikpapan Politeknik Negeri Padang

Runner-up SMK Negeri 1 Singosari Politeknik Negeri Banjarmasin

Kategori Presentasi Inovasi SMK Negeri 2 Dumai Politeknik Negeri Banjarmasin

Kategori Pengetahuan Teknik SMK Negeri 1 Balikpapan Politeknik Negeri Banjarmasin

Kategori Keterampilan Teknik SMK Negeri 1 Balikpapan Politeknik Negeri Padang

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA