Beranda INTERNASIONAL Penceramah Turki, Harun Yahya Divonis 1.075 Tahun Penjara

Penceramah Turki, Harun Yahya Divonis 1.075 Tahun Penjara

penceramah turki
Penceramah Turki, Adnan Oktar alias Harun Yahya ditangkap oleh kepolisian. (AFP/DOGAN NEWS AGENCY)
Penceramah Turki, Harun Yahya dijatuhi hukuman 1.075 tahun karena terbukti melakukan kekerasan seksual, pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, penipuan dan percobaan spionase politik dan militer.

Pengadilan Turki menghukum penceramah Turki bernama asli Adnan Oktar itu 1.000 tahun penjara. Harun Yahya dituduh melakukan kejahatan seks terhadap perempuan yang menjadi pengikutnya atau ‘kittens.’

Selain itu, Harun Yahya juga dinyatakan bersalah karena membantu kelompok yang dipimpin oleh pengkhotbah Muslim yang berbasis di Amerika Serikat (AS) Fethullah Gulen yang disalahkan Turki karena melakukan upaya kudeta yang gagal pada tahun 2016.

Penulis asal Turki itu dilaporkan oleh sebanyak 45 orang atas tuduhan kejahatan seksual. Mereka yang melapor ke polisi, mengaku telah dicabuli dan diperkosa Oktar dan kelompoknya. Hingga saat ini, Harun Yahya alias Oktar masih ditahan oleh Kepolisian Turki.

Dari 45 pelapor yang sebagian besar merupakan korban pencabulan Oktar, sekitar 17 orang di antaranya masih anak-anak. Sedangkan 15 orang lainnya mengaku dicabuli ketika masih berusia 11-17 tahun.