Iklan
Iklan

Penggunaan Bantuan Kuota Internet dari Kemendikbud Dibatasi

- Advertisement -
Bantuan kuota internet dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan disalurkan pada September, Oktober, dan November. Namun kementerian membatasi akses ke beberapa aplikasi seperti Free Fire dan TikTok.

Ada 13 media sosial yang dibatasi aksesnya oleh Kemendikbud saat menggunakan bantuan kuota internet. Aplikasi ini di antaranya Badoo, Bigolive, Facebook, Instagram, Periscope, Pinterest, SnackVideo, Snapchat, Tinder, Tumblr, Twitter, Vive, Vkontakte

“Berbeda dengan YouTube. Banyak orang mencari sumber bahan belajar dari situ, di luar website yang memang khusus pembelajaran,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud Ristek Hasan Chabibie dikutip dari Antara, Jumat (6/8/2021).

Kuota internet dari pemerintah itu juga terbatas aksesnya untuk beberapa game online. Gim yang dimaksud yakni 8 Ball Pool, Candy Crush, Clash of Clans, Clash of Kings, Clash Royale, Crisis Action, Fifa Mobile Football, Garena, Garena AOV, Garena Free Fire, Growtopia, Lineage Revolution, Lords Mobile: Battle of the Empires, Mobile Legends, PUBG, Roblox, dan Steam.

“Pada prinsipnya, substansi dari bantuan pendidikan ini kan untuk membantu proses belajar-mengajar. Secara umum, bisa dilihat anak belajar dari game itu berapa persen?” kata dia.

Bantuan kuota internet itu juga terbatas untuk delapan aplikasi. Platform ini di antaranya Dailymotion, JWPlayer, Likee, Netflix, QQVideo, TikTok, TVUNetworks, dan VIU.

Hasan menambahkan, Kemendikbud Ristek akan selalu mengevaluasi penggunaan subsidi kuota internet. Ini merujuk pada data operator seluler dan saran dari masyarakat.

Maka, tidak menutup kemungkinan sejumlah aplikasi atau situs yang dibatasi aksesnya bisa bertambah. “Kami bakal berkoordinasi dengan operator seluler atau Kominfo untuk membatasi game atau situs tertentu. Saat ini, patokannya situs yang memang selama ini diblokir oleh Kominf,” katanya.

Sebelumnya, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengumumkan bahwa pemerintah akan menyalurkan Rp 2,3 triliun untuk program bantuan kuota internet. Ini diberikan kepada 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen.

Bantuan kuota internet itu disalurkan setiap bulan. Rinciannya sebagai berikut:

  • Peserta didik jenjang PAUD 7 GB
  • Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah 10 GB
  • Peserta didik jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA 12 GB
  • Dosen dan mahasiswa 15 GB

Kuota tersebut berlaku selama 30 hari dan akan disalurkan setiap tanggal 11 pada September Oktober, dan November.

“Kami berharap bantuan ini dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kegiatan belajar mengajar. Misalnya, untuk komunikasi, virtual lerarning, mengerjakan tugas, atau mengakses konten-konten positif,” kata Hasan.

Trending Topic

1 KOMENTAR

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

[…] CompTIA Network+ certification is a good place to start for those IT professionals who are new to networking. It is important to understand that its difficulty depends […]

Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA