Iklan
Iklan

Penting! Ternyata Me Time Sangat Perlu untuk Ibu Rumah Tangga

- Advertisement -
Me time menjadi aktivitas yang bisa dilakukan untuk melepas penat setelah seharian melakukan pekerjaan rumah. Beberapa rekomendasi kegiatannya, yakni membaca buku atau mendengarkan musik.

Me time adalah kegiatan yang dilakukan secara singkat untuk menghibur diri sendiri. Sesekali melakukan aktivitas ini bisa melepas penat dan mengembalikan mood menjadi lebih positif.

Me time menjadi salah satu kegiatan penting yang sesekali harus dilakukan oleh ibu rumah tangga. Sebab, meluangkan waktu untuk diri sendiri bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Ibu rumah tangga bisa terhindar dari depresi. Aktivitas ini juga dapat berujung pada meningkatnya kesejahteraan diri. Beberapa caranya, yakni membaca buku, menonton film atau pergi ke salon.

  1. Menurunkan Kadar Stres

Menjalani rutinitas dan aktivitas yang sama setiap hari membuat ibu rumah tangga rentan terkena stres. Ini ditandai dengan susah konsentrasi, lelah berlebihan, merasa tidak berdaya dan mudah marah.

Ibarat mengisi ulang baterai dalam tubuh guna mengembalikan suasana hati dan menurunkan kadar stres. Dengan diselingi me time, ibu rumah tangga tetap bisa menjalankan aktivitas dengan baik.

  1. Mengelola Emosi

Me time bisa membuat ibu rumah tangga menjadi lebih rileks. Dengan begitu, emosi negatif yang muncul menjadi lebih terkontrol. Ketika menghadapi masalah, pikiran menjadi lebih jernih dan lebih gampang memikirkan jalan keluarnya.

Me time bisa menghindari ibu dari tindakan impulsif tanpa pikir panjang. Contohnya, mengeluarkan kata-kata kasar pada anak saat kesal atau perbuatan yang tak pantas, seperti memukul.

  1. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Me time bukan berarti egois dan mementingkan diri sendiri ketimbang keluarga. Kesibukan mengurus rumah tangga, anak dan suami kerap membuat ibu rumah tangga lupa akan diri sendiri.

Me time adalah memanfaatkan waktu sejenak untuk rehat dari kesibukan rumah tangga, sehingga ibu bisa lebih mengenal diri sendiri. Dengan begitu, akan muncul perasaan lebih tenang dan nyaman.

  1. Mencegah Kebiasaan Tidak Sehat

Stres berkepanjangan pada ibu rumah tangga bisa berujung pada hal negatif. Contohnya mengonsumsi minuman beralkohol. Me time menjadi kegiatan yang dapat menyalurkan emosi negatif menjadi lebih positif.

Ide Me Time untuk Ibu Rumah Tangga

  1. Waktu 5 hingga 10 Menit

Jika hanya memiliki waktu yang singkat, adapun rekomendasi me time yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Duduk di teras dan minum secangkir kopi.
  • Telepon teman untuk sekadar berbincang.
  • Melakukan peregangan tubuh. Cara ini bisa dilakukan dengan naik turun tangga.
  • Tarik napas dalam dan buang napas. Lakukan ini selama 5 menit.
  • Main dengan hewan peliharaan.
  • Mendengarkan musik kesukaan.
  1. Waktu 15 hingga 30 Menit

Dalam waktu ini, ibu bisa meluangkan waktu untuk membaca buku. Adapun kegiatan positif yang bisa dilakukan, antara lain berendam air hangat, menonton drama korea, membaca buku atau sekadar bermain media sosial.

  1. Waktu 30 hingga 60 Menit

Ibu bisa melakukan aktivitas di luar rumah, di antaranya:

  • Massage di salon.
  • Mengikuti kelas senam atau gym.
  • Jalan-jalan ke pusat perbelanjaan.

Jika ibu mengalami stres atau rasa lelah berkepanjangan akibat pekerjaan rumah tangga, silakan rehat sejenak untuk mengisi energi. Setelah itu, ibu bisa melanjutkan kembali aktivitas yang sedang dilakukan.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA