Iklan
Iklan

Penyebab Ledakan di PT Semen Padang, 5 Karyawan Alami Luka Bakar

- Advertisement -

Ledakan di PT Semen Padang yang terjadi, Selasa (20/2/2024) yang mengakibatkan lima karyawannya mengalami luka bakar. Mereka di larikan ke RS Dr Muhammad Djamil Padang.

Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RS, Bestari Jaka Budiman menyebutkan empat korban ledakan di PT Semen Padang ini diantaranya dirawat, 2 orang mengalami luka bakar serius di atas 20 persen.

“Iya, ada ledakan tadi kami terima info. Empat orang pasien datang ke sini dengan kondisi luka bakar,” ujar Bestari, Selasa (20/2/2024).

Dia mengatakan, dari empat pasien dua di antaranya mengalami luka bakar serius di atas 20 persen.

“Pasien luka bakar, di atas 20 persen itu ada 2 orang. Sekarang sedang diresuisitas. Tadinya ada lima katanya, tapi yang satu tidak sampai dirawat. Benar, pasien ini dari pabrik, bukan dari rumah sakit (yang dulu juga sempat meledak),” ujarnya.

Terkait ledakan di PT Semen Padang, ini pihak manajemen buka suara dan menyampaikan yang terjadi di pabrik di kawasan Indarung, Kota Padang tersebut.

Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati menjelaskan kecelakaan kerja itu terjadi di Rawmill Indarung V.

“Terjadi kecelakaan kerja di Rawmill (Pabrik) Indarung V. Tidak ada korban meninggal, 1 orang luka memar ringan, 4 orang pekerja yang mengalami luka bakar saat ini sudah mendapatkan penanganan medis,” kata Anita, Selasa (20/2/2024).

Rawmill merupakan peralatan yang digunakan untuk menggiling bahan mentah menjadi rawmix selama pembuatan semen. Campuran mentah itu kemudian diumpankan ke tanur semen, yang mengubahnya menjadi klinker, yang kemudian digiling untuk membuat semen.

Ledakan di PT Semen Padang ini terjadi saat pengisian gas nitrogen ke tabung akumulator yang menimbulkan percikan api.

“Diduga ada over-pressure pada tabung akumulator, sehingga menimbulkan percikan api. Sesaat,” ungkapnya.

Pasca ledakan, operasional pabrik berjalan normal. Pihaknya pun kini tengah menginvestigasi penyebab ledakan tersebut.

“Operasional pabrik saat ini berjalan normal. Saat ini fokus kami adalah investigasi penyebab kejadian dan juga penanganan korban,” jelas Anita.

“PT Semen Padang menjunjung tinggi integritas dan tanggung jawab sosial. Kejadian akan kami jadikan pelajaran berharga untuk meningkatkan kinerja di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA