Iklan
Iklan

POCO di POCO Partners Southeast Asia Forum 2023 Ungkap Kebiasaan Generasi Z

- Advertisement -
POCO mengumpulkan para pakar industri dari seluruh kemitraan bisnis dengan media regional dan lokal di Bangkok bersama-sama memberikan wawasan tentang perkembangan kebiasaan dan preferensi pengguna ponsel Gen Z di Asia Tenggara pada 21 Agustus lalu.

POCO Partners Southeast Asia Forum 2023 dapat memberikan peluang yang signifikan untuk anggota forum dalam mengeksplorasi perubahan lingkungan konsumen yang berubah dengan cepat yang didorong oleh penggunaan dan preferensi yang berkembang dari generasi Gen Z yang memiliki kecenderungan “mobile first“.

Quanxin Wang, General Manager Xiaomi Southeast Asia, Anne Wang, Head of Marketing POCO Global dan Angus Ng, Head of Product Marketing POCO Global, bergabung dengan para petinggi dari Lazada, MediaTek, PUBG, Shopee dan TikTok Shop, untuk mendiskusikan tren perkembangan teknologi dan wawasan berbasis data di pasar e-commerce, game, chipset, dan smartphone di negara-negara Asia Tenggara.

POCO

Gen Z diyakini sebagai “game changer” dalam kebiasaan dan preferensi penggunaan ponsel pada konsumen, dengan adanya perubahan mencolok yang terjadi dalam lima tahun terakhir yang dibuktikan dengan hasil survei terbaru yang dirilis pada acara forum ini. Studi tentang kebiasaan penggunaan anak berusia 18-40 tahun di seluruh Asia Tenggara, yang dilakukan oleh opini publik global dan perusahaan data YouGov atas nama perusahaan teknologi konsumen POCO, telah menunjukkan bagaimana smartphone menjadi sangat penting dalam hidup mereka, dengan sekitar 50% responden mengalami peningkatan yang signifikan dalam jumlah waktu dan aktivitas yang dihabiskan dengan telepon genggamnya.

Ponsel sebagai “Pusat” Hiburan yang Baru

Survei yang dilakukan mencakup 2.500 konsumen yang menargetkan Gen Z dan Milenial di lima pasar Asia Tenggara, Malaysia, Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam yang bermain game di perangkat seluler mereka setidaknya sebulan sekali. Studi tersebut menunjukkan, bahwa dipicu oleh pandemi yang terjadi sebelumnya, ponsel telah menjadi pusat hiburan, dan aktivitas penggunaan telepon seluler anak muda Asia Tenggara telah meningkat secara drastis selama tiga tahun terakhir, dengan lonjakan game seluler (53%), belanja online (51%) dan aktivitas streaming video (48%).

POCO
Angus Ng – Head of Product Marketing Global

Hiburan seperti menonton video (81%) dan bermain game online (60%) menduduki peringkat tertinggi dalam aktivitas harian, dengan hanya lebih dari setengah (56%) yang menggunakan ponsel mereka untuk panggilan telepon setiap hari dan kurang dari setengahnya (47%) untuk mengambil foto dan video setiap hari. Menurut data ketika berfokus pada aktivitas mobile yang dilakukan sepanjang minggu, hampir sembilan dari sepuluh orang bermain game (87%) sementara aktivitas pengambilan foto dan video mengalami peningkatan (80%).

Angus Ng, Head of Product Marketing of POCO Global menyatakan antusiasmenya terhadap peluang yang diberikan POCO, khususnya dalam memposisikan brand POCO untuk fokus pada kebutuhan pasar tertentu dan bekerja sama dengan mitra untuk menyesuaikan penawaran produk mereka.

“Tujuan POCO adalah untuk mengarahkan ke arah yang baru”, ia menjelaskan, “perusahaan bertujuan untuk berkonsentrasi pada elemen-elemen penting dalam gaming, sebuah tren yang sedang naik daun di Asia Tenggara. Dengan berfokus pada akar dan dasar-dasar mobile gaming, POCO bertujuan untuk menyempurnakan setiap segmen antara harga dan produk, dengan menargetkan kebutuhan dan preferensi unik dari generasi muda di wilayah ini.”katanya

POCO

Gen-Z, Generasi yang Mengutamakan Ponsel

Sebagai generasi yang mengutamakan ponsel, Gen Z menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan aktivitas mobile. Mereka menghabiskan lebih banyak waktu per minggu dibandingkan dengan generasi milenial untuk semua aktivitas hiburan online, seperti berkirim pesan dan interaksi media sosial, dan mereka juga berencana untuk menghabiskan lebih banyak waktu pada ponsel mereka di masa depan.

Dalam waktu dekat, sekitar empat dari setiap sepuluh orang juga menyatakan kemungkinan untuk meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan setiap hari untuk aktivitas berbasis seluler, dengan media sosial (53%), menjelajahi internet (56%), dan yang menarik, tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan tercatat sebagai aktivitas dengan pertumbuhan penggunaan yang tinggi. Memang, dengan perubahan dalam kerja fleksibel pasca pandemi, penggunaan perangkat seluler untuk pekerjaan dan bisnis dipandang sebagai area signifikan dengan pertumbuhan tertinggi di masa depan (59%). Pertumbuhan aktivitas hiburan akan terus berlanjut, dengan sekitar empat dari sepuluh responden mengantisipasi untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain game, streaming video, dan berbelanja online.

Berbicara di forum tersebut, Liang Shuang, Head of Shopee Regional Electronic Cluster berkata, “Untuk smartphone yang dirancang untuk Gen Z, menurut saya, semuanya harus mulus. Gen Z terbiasa menggunakan perangkat mobile dan mereka menginginkan ponsel yang membuat segala sesuatu menjadi mudah secara online. Hal ini termasuk hal-hal seperti berinteraksi satu sama lain, berbagi momen menyenangkan atau bermain game menarik dalam komunitas mereka, atau melacak kesehatan mereka dan mengetahui cara-cara untuk meningkatkan gaya hidup mereka.”

Tony Yuan, Senior Vice President di mitra POCO, Lazada, salah satu operator e-commerce terbesar di Asia Tenggara, mencatat bahwa kebiasaan berselancar di dunia maya dari generasi muda, termasuk peningkatan interaksi dan ketergantungan pada ulasan dan komentar online, memberikan peluang yang menarik dan tantangan yang rumit. “Meskipun perilaku ini menawarkan jalan baru untuk keterlibatan konsumen , hal ini juga mempersulit penciptaan dan pengukuran pengalaman konsumen, jelasnya. “Lazada menyadari pentingnya untuk tetap menjadi yang terdepan dalam lingkungan yang dinamis ini, mengakui preferensi dan kebutuhan generasi muda, dan menggunakan teknologi untuk terhubung dengan mereka secara lebih efektif.”

Ponsel Kelas Menengah Tengah Naik Daun

Dengan adanya pergeseran tren penggunaan ini, konsumen juga mempertimbangkan kembali pilihan perangkat seluler mereka. Mayoritas besar setuju bahwa, dibandingkan dengan lima tahun yang lalu, mereka sekarang lebih memilih ponsel merek kelas menengah daripada merek-merek yang lebih besar dan lebih mapan. Lebih dari tiga perempat (76% sangat/agak setuju) setuju, dan lebih dari sepertiga (37%) sangat setuju, bahwa mereka sekarang lebih memilih ponsel kelas menengah. Preferensi ini didorong oleh meningkatnya kepercayaan diri pada merek-merek kelas menengah, dengan 79% menyatakan bahwa mereka lebih atau agak lebih percaya diri dengan ponsel kelas menengah dibandingkan dengan lima tahun yang lalu.

Kepercayaan diri yang meningkat ini berpusat pada faktor pendorong preferensi setiap konsumen, termasuk biaya yang mudah mereka jangkau (57%), keseimbangan antara harga dan kinerja (57%), serta memenuhi kebutuhan mereka akan telepon seluler tanpa perlu fitur yang berlebihan (50%). Dengan hampir setengah (46%) responden di Asia Tenggara berniat untuk mengganti ponsel mereka saat ini sebelum akhir tahun 2024, keterjangkauan harga merupakan faktor utama yang mendorong anak muda untuk beralih ke brand kelas menengah bagi hampir setengah dari responden (42%), dengan kinerja yang ditingkatkan dari prosesor yang lebih cepat, daya tahan baterai yang lebih lama, dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar menjadi pertimbangan utama bagi konsumen Gen Z dan Milenial, semua faktor tersebut merupakan atribut yang kuat untuk perangkat seluler kelas menengah.

Chunyan See, Country Sales Manager, Thailand, MediaTek, menjelaskan bahwa mendesain, mempelajari, membuat, dan mengintegrasikan sebuah chip membutuhkan waktu tiga tahun, yang melibatkan penelitian, pengembangan, dan kolaborasi yang ekstensif. “Perusahaan memastikan efisiensi daya dan kinerja desain sesuai dengan keinginan pelanggan dan komitmen berkelanjutan terhadap inovasi, berarti MediaTek terlibat dalam proses berkelanjutan yang mengharuskan mereka merilis chip baru setiap tahun, yang mencerminkan kebutuhan dan ekspektasi konsumen modern yang terus berkembang,” katanya.

Kemampuan dan kinerja gaming merupakan faktor kunci dalam keputusan pembelian ponsel baru berikutnya, dengan 44% dari mereka yang disurvei menyatakan bahwa hal tersebut merupakan faktor yang “sangat penting” dan 36% lainnya menyatakan “cukup penting” dengan penekanan pada daya tahan baterai yang tahan lama, prosesor berkinerja tinggi, dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, yang sebagian besar didorong oleh pertimbangan gaming.

“Kesimpulan keseluruhan dari forum hari ini adalah bahwa jelas kemampuan gaming ponsel, diimbangi dengan harga yang terjangkau menjadi agenda utama, yang dipimpin oleh generasi konsumen muda berikutnya untuk mengubah permainan konsumen dalam memperluas lapangan permainan brand,” jelas Angus dari POCO Global.

“Hal ini menghadirkan peluang baru yang menarik bagi POCO tentunya dan brand ponsel kelas menengah dunia,” tutupnya.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA