Beranda NASIONAL Polisi Izinkan Warga Mudik Sebelum 6 Mei Mendatang

Polisi Izinkan Warga Mudik Sebelum 6 Mei Mendatang

Warga Mudik
Sejak polisi mengizinkan warga mudik sebelum 6 Mei 2021 belum ada lonjakan penumpang PT Kereta Api Indonesia (Persero) KAI pada keberangkatan di wilayah Daop 1 Jakarta.

Kepala Humas PT KAI Daop I, Eva Chairunisa mengatakan bahwa sejak polisi mengizinkan warga mudik sebelum tanggal 6 Mei tersebut keberangkatan penumpang terpantau normal.

“Tidak ada lonjakan penumpang, jumlah KA yang dijalankan pun tetap sama seperti akhir pekan normal masa pandemi tetap dengan pembatasan maksimal 70 persen dari ketersediaan tempat duduk,” ujar Eva, Minggu (18/4/2021).

Eva juga menyebutkan, pada hari ini, Minggu (18/4) terdapat 13 kereta api yang beroperasi dari Stasiun Pasar Senen, dengan total penumpang sekitar 2.002. Jumlah tersebut sekitar 27 persen dari total ketersediaan tempat duduk.

Sementara itu, terdapat 15 Kereta yang beroperasi dari Stasiun Gambir, dengan total penumpang sekitar 1.689. “Jumlah Kereta api yang berangkat pada akhir pekan ini tidak mengalami penambahan dibanding pekan sebelumnya,” jelasnya.

Dia mengatakan, sebelum pandemi pada akhir pekan biasa secara total terdapat hingga 71 perjalanan kereta api per hari. Sejak awal pandemi jumlah perjalanan kereta dari area Daop 1 Jakarta mengalami penyesuaian lebih dari 50 persen.

Untuk menjaga jarak fisik antar penumpang setiap KA yang beroperasi kapasitas tempat duduk pada setiap rangkaian dibatasi maksimal hanya 70 persen. “PT KAI mendukung seluruh upaya pemerintah dalam hal penanganan Covid 19 khususnya di transportasi publik,” jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan resmi melarang warga mudik lebaran 2021 melalui menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idulfitri 1442 H/dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19. Permenhub itu berlaku pada 6-17 Mei 2021.

BACA JUGA  Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Terancam Berhenti

Sementara, Kakorlantas Polri Irjen Istiono menyatakan tidak akan menghalangi warga mudik Lebaran 2021 sebelum tanggal 6 Mei 2021. “Mudik sebelum tanggal 6 Mei ya silakan saja. Kita perlancar,” ujar Istiono pada 15 April lalu.

Facebook Comments