Iklan
Iklan

Politisi Demokrat Maura Healey Gubernur Lesbian Pertama di AS

- Advertisement -
Politisi Demokrat Amerika Serikat, Maura Healey (51) merupakan Gubernur lesbian pertama yang terpilih di Negara Bagian Masschusetts, AS, Selasa (8/11/2022).

Peristiwa bersejarah terpilihnya Maura Healey, karena untuk pertama kalinya jabatan Gubernur AS diduduki kelompok LGBT.

Kemenangan Healey disambut gembira oleh kelompok-kelompok pembela hak LGBT, salah satunya Human Rights Campaign.

“Massachusetts merangkul platform kesetaraan dan inklusi dengan memilih juara yang pro-kesetaraan,” bunyi pernyataan Presiden Human Rights Campaign, Joni Madison, dilansir AFP.

Media lokal NBC dan Fox News melaporkan, Healey berhasil mengalahkan pesaingnya dari Partai Republik, Geoff Diehl. Pria tersebut didukung penuh Donald Trump.

Kemenangan Healey sudah diprediksi luas. Sempat menjabat sebagai jaksa agung di Massachusetts, sejak jajak pendapat jelang pemilu Healey sering unggul jauh dari pesaingnya.

Selain mencetak sejarah sebagai gubernur lesbian pertama, Healey sekaligus menjadi gubernur wanita pertama yang pernah memerintah di Massachusetts.

Kemenangan Healey ini juga mengembalikan kekuasaan kepada Partai Demokrat. Sebelumnya Massachusetts diperintah oleh Gubernur dari Partai Republik Charlie Baker.

Pada pemilu sela 2022 ini Baker memutuskan untuk tidak lagi mencalonkan diri. Langkah itu memuluskan jalan Healey menuju kursi orang nomor satu di Massachusetts

Pada pemilu paruh waktu di AS 2022 ini, kelompok LGBT mencalonkan diri sebagai gubernur hingga anggota senat di 50 Negara Bagian dan ibu kota Washington.

Sebanyak 90 persen calon dari kelompok LGBT merupakan anggota Partai Demokrat

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA