Iklan
Iklan

Prabowo Gunakan Fasilitas Negara untuk Kampanye di Padang, Terbongkar Lewat Unggahan Andre Rosiade

- Advertisement -

Prabowo Subianto kini sedang ramai dibicarakan publik di media sosial X. Calon presiden (capres) nomor urut 2 terciduk terciduk menggunakan fasilitas negara untuk melakukan kampanye.

Prabowo Subanto menggunakan fasilitas negara ini terbongkar dari unggahan Andre Rosiade pada Sabtu (9/12/2023). Fasilitas negara yang digunakan oleh Prabowo adalah helikopter Airbus H225M yang dimiliki oleh TNI AU.

Andre menulis pada keterangan unggahannya, pada saat Prabowo tiba di Lanud Sutan Syahrir, Kota Padang, dan dilanjutkan perjalanan menuju Pasar Raya Kota Padang, Sumatera Barat.

Prabowo memang diketahui sedang melakukan kampanye di kawasan Pasar Raya Padang. Di sana ia pun sempat meminta maaf kepada masyarakat karena telah membuat macet.

Namun yang menjadi rancu, pada saat yang sama Prabowo juga sedang melakukan kunjungan kerja di Padang.

Dalam agendanya, Prabowo juga menyempatkan diri datang ke posko tanggap bencana erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, pada Sabtu (9/12).

Tak hanya meninjau korban erupsi, Prabowo juga menyerahkan bantuan 35 unit sepeda motor untuk prajurit TNI dan Polri.

Padahal sebelumnya, Prabowo Subianto berjanji dirinya tidak akan menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini disampaikannya, mengingat saat ini dirinya masih berstatus Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju.

“Tidak perlu kita pakai sarana dan prasarana pemerintah,” kata Prabowo pada 23 Oktober 2023 lalu.

Kepada wartawan ia juga mengaku tak menggunakan fasilitas negara selama bukan kepentingan dinas.

“Selama bukan kepentingan dinas, saya juga pakai sarana dan prasarana sendiri. Kita dewasa, kita memberikan contoh,” kata Prabowo.

Andre Rosiade Membantah

Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat, Andre Rosiade membantah narasi beredar di media sosial yang menyebut ketua umumnya, Prabowo Subianto menggunakan helikopter milik TNI untuk kampanye Pilpres 2024 saat berkunjung ke Padang, Sumatera Barat, Sabtu (9/12) lalu.

Andre menjelaskan dari Jakarta menuju Sumatera Barat, Prabowo menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Dari situ, Prabowo lalu menggunakan helikopter milik TNI untuk mengunjungi posko erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam.

Andre juga menjelaskan dalam kunjungan itu, Prabowo berkapasitas sebagai Menteri Pertahanan.

“Jadi dari Padang ke Bukit Tinggi naik heli, di Bukit Tinggi menuju lokasi itu (Kabupaten Agam) pakai plat dinas Kementerian Pertahanan, sampai ke Marapi. Heli itu digunakan beliau untuk dinas sebagai Menhan,” kata Andre dikutip dari CNNIndonesia.com, Minggu (10/12).

Di posko erupsi Gunung Marapi, Prabowo disebut memberikan santunan kepada keluarga korban, relawan hingga kepada aparat TNI-Polri.

“Beliau memberikan bantuan motor juga ke Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” ujarnya.

Ia mengatakan tidak ada atribut partai sama sekali dalam kunjungan Prabowo ke posko erupsi Gunung Marapi. Andre menjelaskan agenda itu merupakan acara resmi pemerintah.

“Ada Bupati Agam, Bupati Tanah Datar, Walikota Bukittinggi, Dandim Agam, dandim Tanah Datar, Danrem, Wakapolda, Kapolres Bukittinggi. Jelas dan terang benderang itu acara Kemenhan bukan kampanye,” katanya.

Setelah mengunjungi posko, ia mengatakan Prabowo lalu kembali ke Padang dengan helikopter yang sama.

Prabowo, kata dia, lalu menanggalkan atribut Menteri Pertahanan karena menghadiri agenda sebagai kapasitas calon presiden.

“Setelah di Padang, beliau turun, setelah itu copot pin menteri beliau, baru beliau tidak jadi Menhan, sebagai capres. Keluar dari Lanud kan mobilnya juga enggak plat dinas,” katanya.

Andre pun membantah Prabowo disebut menggunakan fasilitas negara untuk berkampanye.

“Kalau ada yang menggoreng, yang jelas Pak Prabowo tidak pakai fasilitas negara untuk kampanye, masyarakat yang hadir paham dan tahu persis,” jelasnya.

Sebelumnya, seorang pengguna X, mengunggah foto yang menunjukkan Prabowo baru keluar dari helikopter. Unggahan itu turut disertai narasi Prabowo menggunakan fasilitas negara untuk kampanye.

“Dilihat dari jenis pesawatnya adalah H225 M milik TNI AU dgn awak personil TNI AU juga, artinya ini fasilitas negara yg dipakai utk tujuan kampanye!Setujukah capres @prabowo mengundurkan diri dari menhan spy tdk ada komplik kepentingan?” tulis akun itu.

Trending Topic

Subscribe
Notify of

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Iklan

Iklan

Hot News

Game

PENTING UNTUK DIBACA