Beranda INTERNASIONAL Prancis Laksanakan Latihan Militer Luar Angkasa Pertama

Prancis Laksanakan Latihan Militer Luar Angkasa Pertama

prancis militer luar angkasa
Prancis telah meluncurkan latihan militer pertamanya di luar angkasa untuk menguji sistem pertahanannya terhadap musuh potensial.

Dengan nama kode AsterX, ini adalah latihan luar angkasa militer pertama di Eropa dan merupakan bagian dari ambisi Prancis untuk menjadi kekuatan luar angkasa terbesar ketiga di dunia.

Latihan tersebut akan melibatkan 18 simulasi dari 8 hingga 12 Maret, yang dilakukan di ruang operasi Komando Antariksa Prancis di Toulouse.

Perkembangan satelit mata-mata canggih dan infrastruktur telekomunikasi rahasia telah menambah kepentingan strategis ke luar angkasa dalam beberapa tahun terakhir. Space Command dibentuk pada 2019 sebagai tanggapan atas tren kekuatan global yang mengerahkan peralatan militer ke orbit Bumi.

prancis militer luar angkasa

“Sekutu dan musuh kami sedang memiliterisasi ruang angkasa … Kami perlu bertindak,” kata Menteri Pertahanan Florence Parly saat itu.

“Jika satelit kami terancam, kami bermaksud untuk membutakan satelit musuh kami. Kami memiliki hak dan cara untuk dapat merespons: itu dapat berarti penggunaan laser yang kuat yang disebarkan dari satelit kami atau dari satelit nano yang berpatroli.”

Baik Angkatan Luar Angkasa AS dan badan antariksa Jerman juga akan mengambil bagian dalam latihan tersebut.

Musuh dan sekutu yang ditampilkan dalam video promosi untuk latihan tersebut termasuk China, Iran, Rusia, Korea Utara, dan AS.

prancis militer luar angkasa

Michel Friedling, kepala Komando Luar Angkasa Prancis, mengatakan kepada wartawan bahwa latihan militer akan melibatkan “serangkaian peristiwa yang muncul dan menciptakan situasi krisis atau ancaman terhadap infrastruktur luar angkasa kita”.

Christophe Michel, direktur latihan AsterX, mengatakan bahwa krisis geopolitik fiktif antara dua wilayah akan disimulasikan dalam berbagai skenario sepanjang minggu.

“Tujuannya adalah untuk menguji setiap hasil akhir yang dapat terjadi di luar angkasa,” katanya.

BACA JUGA  Siapa Ebrahim Raisi, Presiden Iran Terpilih? Benarkah Ia Keturunan Nabi Muhammad?

“Misalnya, operator harus menghadapi tembakan dari senjata anti-satelit, melakukan pertemuan di luar angkasa, atau bahkan fenomena cuaca matahari.”

prancis militer luar angkasa

Facebook Comments

-
Artikel sebelumyaMantan Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno Terkonfirmasi Positif Covid-19
Artikel berikutnyaPolisi Ringkus 3 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba